avatardisplay_general
DISITU
23 May 2018

Dana Nikah, Gini Tips Cerdas Untuk Diterapkan!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180523/859 Dana Nikah 10 Juta Gini Tips Cerdas yang Bisa Anda Terapkan.jpg

Bagaimana perasaanmu, saat kamu sudah ingin menikah, tapi pasanganmu berkata dananya belum cukup? Sedih, tentunya. Saat kita punya etikad baik untuk mengesahkan cinta, tapi terkendala secara finansial. Banyak pasangan muda-mudi yang menunda pernikahan. Dengan alasan ingin cari uang dulu. Akhirnya? Putus, deh. Berdasarkan hasil studi, sepasang kekasih hanya dapat mempertahankan cinta selama 4 tahun. Lebih dari itu, cinta akan mulai berkurang. Maka dari itu, sebelum hubungan mulai renggang, segera bawa pasanganmu ke pelaminan. Tidak perlu biaya sampai beratus juta kok. Dengan dana nikah 10 juta saja, kamu bisa menikah. Mengadakan resepsi juga. Tidak percaya?

6 Tips Yang Harus Dilakukan Agar Sah Dengan Dana Nikah 10 Juta

Gaya-Hidup

Sebenarnya, biaya nikah tidak mahal-mahal amat kok. 10 juta saja cukup untuk mengesahkan hubunganmu dengannya. Dijamin, tetap sakinah, mawaddah, warohmah. Asal kamu mau mengikuti cara berikut :

1. Mas Kawinnya Cukup “Cinta” Saja

Apakah kamu pikir, mas kawin harus punya nominal besar? Apa mas kawin terbatas pada bergram-gram perhiasan? Kendaraan? Sertifikat rumah? Kalau kalian memang saling mencintai, mas kawin tidak perlu semewah itu. Dalam aturan agama, tidak ada batasan minimal nilai mas kawin. Selama barang yang dijadikan mas kawin masih bernilai dan pantas digunakan. Kalau kamu cewek, benar-benar cinta pada pasanganmu, tetapkan mas kawin sesuai kemampuannya. Misalkan dia hanya punya dana nikah 10 juta, minta mas kawin 500 ribu saja.

2. Adakan Resepsi Di Rumah Sendiri

Untuk merayakan pernikahan, kamu tidak perlu mengadakan resepsi di gedung mewah, atau menyewa lapangan terbuka. Adakan resepsi di rumahmu sendiri. Manfaatkan halaman depan yang kosong untuk mendirikan tenda tamu. Gunakan ruang tamu-mu untuk menerima tamu khusus. Hias kamarmu untuk jadi kamar ganti pengantin. Gunakan dapur untuk tempat masak. Really, kamu sudah bisa mengadakan resepsi yang pantas hanya dengan memanfaatkan space yang telah kamu miliki. Gratis, kan?

3. Siapkan Jamuan Tanpa Katering

Memang simpel menggunakan katering. Kamu tidak perlu repot-repot memasak jamuan sendiri. Cukup pesan dan katering akan mengantarkan jamuan ke tempat resepsi. Tapi tahukah, ada banyak biaya tambahan yang akan kamu tanggung. Saat kita memasak jamuan tamu melalui katering, kita harus membayar biaya jasa memasak. Belum lagi biaya garnish dan transportasi. Akan lebih hemat jika kamu memasak sendiri. Minta saja semua saudara dan keluargamu untuk membantu. Dana nikah 10 juta yang kamu miliki jadi bisa lebih dihemat.

4. Hanya Undang Kerabat Dan Teman Dekat

Ini bukan berarti pelit, ya. Tapi kamu perlu mengalokasikan biaya untuk menjamu tamu. Semakin banyak tamu, maka pengeluaranmu untuk jamuan semakin banyak. Belum lagi biaya sewa tenda untuk menampung tamu. Maka dari itu, batasi undangan sesuai kemampuanmu. Jika kamu menetapkan biaya jamuan adalah 30 ribu per tamu, cukup undang 200-300 orang. Prioritaskan jumlah itu untuk mengundang kerabat dan teman-teman dekatmu.

5. Bawa Hantaran Lamaran Sesuai Kebutuhan

Budaya umum masyarakat Indonesia, semakin banyak hantaran lamaran mempelai, maka semakin baik. Padahal kita tidak tahu, apakah sang mempelai akan menggunakan semua itu atau tidak. Jadi, bawa hantaran lamaran sesuai kebutuhan jangka pendek rumah tangga. Jangan berusaha mencukupi semua kebutuhan rumah tangga melalui hantaran lamaran. Bisa-bisa kamu bangkrut sebelum memulai rumah tangga.

6. Jadilah “Raja Dan Ratu” Yang Sederhana

Kalau sudah cinta, bagaimanapun rupa pasanganmu, dia akan terlihat rupawan. Jadi tidak perlu memberinya make up terlalu mewah. Tidak perlu berdandan seperti raja dan ratu yang super glamour. Bagi keluarga dan semua tamu, kalian adalah raja dan ratu dari pesta pernikahan kalian.

Wirausaha-Sukses