DISITU
11 Jun 2018

Dear Gen-Z, Ini Dia Tips Mencari Peluang Usaha Sesuai Keinginanmu

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Sebagai kids zaman now, kamu lahir dan tumbuh di lingkungan yang kemajuannya pesat. Hal tersebut pun memengaruhi karaktermu. Ini bukan sok tahu, lho! Berdasarkan riset ilmiah, generasi yang lahir antara 1995-2012 karakternya akan dipengaruhi kemajuan teknologi-informasi. Karakter generasi yang disebut “Gen-Z” ini cenderung fleksibel dan memiliki kepercayaan diri tinggi. Selain itu, kita juga dikenal lebih mandiri, kreatif, dan cerdas. Menurut prediksi beberapa pengamat, lingkungan kerja dengan disiplin ketat tidak akan cocok untukmu. Pekerjaan yang paling cocok adalah self-working. Dan berikut ini kami paparkan tips mencari peluang usaha yang bisa kamu coba!

5 Kunci Mencari Peluang Usaha Buat Gen-Z

Gen-Z adalah generasi yang lebih suka bekerja sesuai passion. Dibandingkan bekerja di tempat membosankan, kita bakal lebih memilih membuka usaha sendiri. Biar jumlah penghasilan yang didapat tidak dapat diprediksi, asal kepuasan batin terpenuhi.  Supaya tetap sukses, lima hal di bawah ini perlu kamu pertimbangkan dalam mencari celah peluang usaha.

1. Fleksibilitas

Saat mencari peluang untuk berusaha, pastikan usaha yang akan kamu lakukan sesuai karakter utamamu. Kamu mencintai fleksibilitas bukan? Jadi kamu perlu memikirkan usaha yang simpel namun tetap menghasilkan uang. Selain itu, pastikan usahamu tidak memakan terlalu banyak waktu. Sehingga kamu lupa untuk mengeksplor diri dan bersenang-senang. Contoh usaha yang dapat kamu lakukan seperti menjadi social media influencer. Cukup dengan mem-viralkan foto atau video, kamu berpeluang mendapat penghasilan melalui endorsing atau dibayar situs.

2. Kesesuaian Dengan Passion

Seperti yang kamu sadari, passion benar-benar penting. Maka dari itu, carilah usaha sesuai passion yang kamu miliki. Kalau ada yang berpandangan bekerja sesuai passion nggak menghasilkan, jangan didengar! Buktinya, banyak pekerja passionate yang sukses. Sebut saja para penulis di Wattpad. Awalnya mereka menulis karena mengikuti passion. Tapi akhirnya saat tulisan mereka viral, mereka pun dikontrak penerbit. Contoh lainnya di Indonesia adalah creators in pack, kumpulan animator yang punya passion di seni visual. Meskipun hanya bekerja mengikuti passion, mereka bisa sampai dikontrak perusahaan animasi Jepang lho!

3. Kejelasan Jumlah Reward

Meskipun kebanyakan usaha cocok untuk Gen-Z cenderung sulit diprediksi hasilnya, bukan berarti kamu bisa mengabaikan poin reward ini. Oke, tujuan utamamu memenuhi kepuasan batin. Tapi kalau bisa sambil memaksimalkan penghasilan, kenapa nggak? Jadi meskipun orientasinya passion, insting bisnismu juga harus berjalan. Apalagi jika mayoritas usahamu berkecimpung di dunia internet. Ada banyak lho, teman-teman Gen-Z yang mengalami penipuan karena transaksi online. Mereka menjual karya yang telah dibuat sepenuh hati. Tapi karena tidak memastikan bagaimana reward akan mereka peroleh, mereka akhirnya rugi. Pastikan kamu bukan salah satunya, ya,

4. Sentuhan Teknologi

Untuk mencari peluang usaha yang dapat diandalkan, Gen-Z perlu mempertimbangkan aspek teknologi yang digunakan. Semakin canggih kemampuan teknologimu, potensimu untuk sukses juga akan semakin tinggi. Maka dari itu, usaha yang kamu ciptakan harus menawarkan keunggulan teknologi. Misalnya kamu ingin membuka usaha developer. Supaya usahamu lebih sukses, jangan hanya menawarkan programming dengan satu bahasa pemograman saja.

5. Menambah Citra Keren

As kids zaman now, kalau ada kesempatan keren dan populer, tidak boleh disia-siakan dong! Saat mencari peluang untuk usaha, kamu boleh mencari usaha yang bisa meningkatkan popularitas juga. Contoh usaha yang memungkinkan peningkatan popularitas adalah usaha desain grafis. Dalam setiap karya desain, kamu bisa mencantumkan nama usahamu di dalamnya. Semakin sering karyamu digunakan, kamu akan semakin populer juga, kan?

cari-kredit-DISITU-pilihanmu