avatardisplay_general
DISITU
25 Aug 2018

Equestrian Park, Arena Dengan Fasilitas Kelas Dunia

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180825/Equestrian%20Park.jpg

Equestrian Park yang berlokasi di Pulogadung telah menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga berkuda perdana pada ajang Asian Games 2018 pada hari Senin (20/8/2018). Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) ini telah memiliki sejumlah sertifikasi internasional.

Material Import

Dalam pembuatan arena balap kuda ini, material-material yang digunakan adalah bahan-bahan terbaik yang diimport dari luar negeri. Untuk area pertandingan atau cross country, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut pasir yang digunakan dicampur dengan bahan baku yang diimpor langsung dari Jerman.

Sertifikat Bebas Penyakit Kuda

JIEPP ini sudah dapat menyelenggarakan pertandingan berkuda kelas internasional karena sudah mengantongi sertifikasi dari Dewan Uni Eropa (EU) di Brussels dan Dewan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) di Paris. Sertifikat ini memungkinkan kuda-kuda yang berasal dari Eropa untuk dapat turut berlaga di arena ini.

Fasilitas Keselamatan

Standar tinggi telah diterapkan untuk arena ini. Arena berkuda memiliki tekstur yang empuk, sehingga kuda-kuda dapat berlaga dengan aman dan diharapkan untuk tidak cidera walaupun terjatuh. Perlu diketahui, kuda-kuda yang digunakan dalam pertandingan pacuan kuda merupakan kuda yang berharga puluhan hingga ratusan miliar rupiah.

Tribune 4 Lantai

JIEPP ini memiliki tribune utama empat lantai yang memiliki kapasitas 1.000 penonton untuk outdoor dan 500 untuk ruangan VIP. Desain dari tribune yang menyerupai kuda yang sedang melompat menjadi ikon dari venue ini.

Kandang Kuda

Tersedia kandang kuda sebanyak dua lantai dengan jumlah 156 unit. Jumlah tersebut mampu menampung sekitar 100-120 kuda yang dipersiapkan untuk pertandingan. Selain itu, klinik dan karantina juga disediakan dalam menunjang kesehatan kuda-kuda di tempat itu.

Fasilitas Lengkap

JIEPP ini dibangun di atas lapangan luas 35,25 hektare, dengan 5 arena, yaitu Field of Play sebagai arena utama, Warm Up Arena, Training Arena, Collecting Arena, Covered Training Arena, dan Cross Country. Tidak hanya itu, kandang kuda, hotel, klinik kuda hingga ruangan multifungsi juga tersedia di Equestrian Park ini.