avatardisplay_general
DISITU
14 Jul 2018

Fakta Dibalik Beragam Kasus Mobil Rental Digadai

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201807/180714/25 Fakta%20Dibalik%20Beragam%20Kasus%20Mobil%20Rental%20Digadai.jpg

Kasus mobil rental digadai seakan menjadi kasus yang tak kunjung usai. Hampir setiap bulan kasus ini menjadi kasus yang banyak menyita perhatian aparat keamanan. Memang tidak sekali dua kali kasus gadai mobil rental ini mencuat. Masyarakat diminta waspada ketika menggeluti usaha rental mobil. Memang kewaspadaan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Tapi, tahukah Anda beberapa fakta seputar kasus gadai rental mobil yang harus Anda ketahui.

1. Biasanya Karena Butuh Uang Mendesak

Gadai Mobil

Banyak yang mengatakan kejahatan datang dari kesempatan. Di lain sisi kejahatan datang dari kebutuhan biaya yang tidak tercukupi. Banyak kasus gadai mobil yang ternyata berlatar belakang ekonomi. Mulai dari untuk menutupi hutang yang dimiliki hingga kebutuhan pribadi seperti makan sampai pesta pora. Hal-hal inilah yang menjadi dasar pelaku untuk melakukan aksi nekat tersebut. Semua berputar di masalah uang. Sehingga selama uang masih menjadi dewa tak heran bahwa kasus ini akan terus berjalan.

2. Tidak Hanya Satu Mobil

Gadai Mobil

Ada banyak kasus yang menunjukkan bahwa biasanya komplotan gadai mobil rental ini tidak hanya mengincar satu mobil. Dalam sebuah kesempatan malah pelaku menggasak hingga 80 mobil untuk digadaikan. Rata-rata pelaku menggadaikan hingga belasan mobil. Semuanya didapat dari tempat rental mobil yang berbeda-beda. Modus mereka umumnya menyewa mobil dalam waktu yang lama sebelum kemudian membawanya kabur. Tak jarang mereka justru memiliki riwayat pembayaran sewa yang bagus di awal namun selanjutnya menghilang begitu saja.

3. Digadai Dengan Harga Kecil

Gadai Mobil

Jika mendapat permintaan gadai dengan harga kecil ini yang perlu diwaspadai. Karena umumnya pelaku menggadaikan mobil mereka dengan harga kecil. Bahkan ada satu kasus mobil rental digadai seorang ibu rumah tangga dengan harga 20 juta saja. Padahal mobil yang digadai termasuk mobil avanza yang harganya cukup mahal di pasaran. Mungkin pelaku merasa terburu-buru untuk menggadaikan mobil guna menghilangkan barang bukti. Sehingga meminta uang pencairan gadai dalam jumlah kecil. Mobil bagus dengan estimasi dana gadai cair yang kecil tentu banyak menggiurkan pihak penyedia gadai. Padahal dibalik modus gadai mobil dengan harga kecil ini banyak yang patut untuk diwaspadai. Tapi, adanya hal ini tidak serta merta membuat mobil yang digadai dengan harga normal atau mahal tidak perlu diwaspadai ya.

4. Seringkali Mengaku Pemilik

Gadai Mobil

Tidak jarang pelaku mengaku sebagai pemilik dari mobil yang digadaikan. Ketika ditanya perihal BPKB pihak pelaku akan memberikan 1001 alasan untuk mengecoh pihak gadai. Mulai dari alasan hilang hingga ribuan alasan lainnya. Selain itu semisal dari pihak penyedia gadai menanyai alasan terkait pencairan dana yang kecil. Kebutuhan uang yang mendesak biasanya menjadi salah satu alasan kenapa pelaku meminta pencairan dana yang kecil. Kewaspadaan perlu ditingkatkan terkait asal usul barang yang diajukan sebagai jaminan gadai. Bahkan kepemilikan barang juga harus dipastikan kebenarannya untuk menghindari hal tersebut.

5. Terancam Dituntut Dua Pasal

Gadai Mobil

Pelaku untuk kasus ini biasanya terancam dihukum dengan dua pasal. Pasal yang pertama adalah pasal penggelapan. Lalu pasal kedua adalah pasal penipuan. Jika pelaku mengaku kepada pihak gadai bahwa mobil tersebut miliknya bisa jadi pelaku dikenai pasal penipuan. Keputusan terkait hukuman yang diberikan pada pelaku diputuskan di pengadilan. Tetapi rata-rata pelaku kasus ini terkena hukuman hingga empat tahun penjara.

Fakta di balik beragam kasus mobil rental digadai tadi dapat menjadi pembelajaran untuk kita semua. Tujuannya adalah agar kita semakin waspada, karena kasus ini semakin marak terjadi. Tidak hanya mengincar pihak rental saja namun juga dapat merugikan pihak penyedia gadai. Untuk itu jika dirasa ada kecurigaan akan praktik kasus ini sebaiknya langsung saja dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan.