DISITU
12 Jul 2018

Faktor-Faktor Yang Membuat Kasus Gadai Mobil Rental Semakin Marak

https://images.disitu.com/A/Img/1807/180712/Faktor Faktor Yang Membuat Kasus Gadai Mobil Rental Semakin Marak.jpg

Kasus gadai mobil rental seakan semakin menjamur. Baru saja bulan lalu kita mendengar kasus ini terjadi, bulan ini kasus serupa kembali mencuat di permukaan. Ada banyak hal yang sebenarnya menjadikan kasus ini semakin marak. Faktor-faktor yang ada seakan mendukung untuk terulangnya kasus ini lagi dan lagi. Tidak hanya berasal dari pihak pelaku saja namun pihak gadai dan rental juga turut serta di dalamnya. Hal-hal inilah yang nantinya harus diperbaiki dan ditingkatkan kewaspadaannya. Berikut beberapa faktor-faktor yang harus diperhatikan agar kasus gadai terhadap mobil rental tidak semakin marak.

1. Prosedur Gadai Kurang Mengikat

Terkait dengan kasus gadai ini tentu berhubungan dengan pihak pegadaian. Di dalam beberapa kasus pihak pegadaian dianggap bertanggung jawab sebagai penadah barang hasil kejahatan. Dalam banyak kasus juga tempat gadai menerima mobil rental meskipun tanpa BPKB. Padahal prosedur gadai pada umumnya adalah meminta debitur menyertakan BPKB kendaraan. Khusus untuk mobil yang masih dalam tahap kredit biasanya lebih dahulu dilakukan take over kredit. Namun, kenapa masih banyak adanya kecolongan kasus gadai yang menerima mobil tanpa BPKB dan ternyata mobil hasil kejahatan?. Ternyata ini berkaitan dengan prosedur gadai yang kurang mengikat. Sehingga adanya celah-celah bagi pelaku kejahatan untuk menghilangkan barang bukti sekaligus mendapatkan uang. Ini seharusnya menjadi perhatian tersendiri bagi pihak gadai agar semakin memperketat prosedur yang ada. Kalau pun tanpa menggunakan STNK dengan alasan kredit sebaiknya mencantumkan keterangan dari pihak penyedia kredit.

2. Syarat Rental Belum Ketat

Tidak hanya terkait prosedur dari pihak gadai saja yang belum bagus. Namun, syarat-syarat rental mobil juga harus disoroti. Ada banyak rental yang menggunakan syarat sederhana, memang tujuannya untuk memudahkan peminjam. Tapi, di satu sisi juga membahayakan keamanan rental. Untuk itu sebaiknya diselipkan satu syarat yang mengikat penyewa sehingga dapat segera dilacak ketika terkena masalah. Jadi memang harus ada syarat-syarat sewa yang mengikat namun juga tidak terlalu memberatkan pihak penyewa.

3. Faktor Keamanan Mobil Kurang Maksimal

Salah satu faktor yang membuat kesulitan dalam melacak tempat mobil adalah tidak adanya komponen lokasi mobil seperti GPS. Sehingga pihak berwajib kesulitan untuk melacak posisinya. Walau di banyak kasus gadai rental mobil pelaku juga mencongkel GPS. Namun, ini dapat menjadi pelacak yang bagus untuk mengetahui posisi terakhir mobil. Semisal mobil sudah berada di luar jangkauan pemilik rental juga dapat langsung siaga untuk memperingatkan pihak penyewa. Dibutuhkan biaya yang cukup banyak memang untuk melengkapi keamanan mobil yang satu ini. Namun, ini bagus untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

4. Cek Identitas Diri Itu Penting

Selanjutnya adalah terkait dengan identitas diri. Ini mungkin berhubungan dengan poin satu dan dua. Biasanya pihak dari gadai maupun rental tidak mengecek terkait identitas diri yang diberikan kepada mereka. Padahal identitas diri ini dapat dicek terlebih dahulu untuk memastikan apakah benar sesuai dengan yang tertulis di identitas yang diberikan. Tidak sedikit pelaku yang menggunakan identitas palsu untuk menyewa mobil yang akan dibawanya kabur. Bahkan menyerahkan identitas yang berbeda pula di tempat gadai. Karena itu sebaiknya pengecekan terkait identitas lebih diperketat.

5. Kurangnya Kewaspadaan

Terakhir yang harus ditingkatkan adalah masalah kewaspadaan. Kadang kala kedekatan pribadi dapat mengurangi kewaspadaan. Selain itu faktor psikologis personal juga berpengaruh terhadap kewaspadaan. Sebenarnya ini hal yang manusiawi, namun harus dicermati lagi. Tidak sedikit kasus gadai mobil rental yang pelakunya adalah orang terdekat korban. Selain itu tidak sedikit pula kasus yang pelakunya merupakan orang yang terlihat tidak mungkin membawa kabur mobil tersebut. Ini menjadi bukti bahwa semua orang dapat berpotensi menjadi pelaku. Untuk itu kewaspadaan perlu sekali ditingkatkan dalam kasus ini.

Itu tadi adalah beberapa faktor-faktor yang berpotensi meningkatkan kasus gadai mobil rental. Sebenarnya pencegahan terhadap kasus serupa tidak hanya membutuhkan kerjasama dari pihak gadai dan pihak rental mobil namun juga seluruh masyarakat. Sehingga kasus serupa dapat diminimalisir bahkan dicegah agar tidak terjadi lagi.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu