avatardisplay_general
DISITU
14 Mar 2019

Kenali Fungsi Asuransi dan Tujuan Asuransi

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190314/Banner/Tidak hanya bagi masyarakat.jpg

Tidak sedikit masyarakat yang masih kurang mengerti pentingnya mengikuti asuransi. Bahkan asuransi terkadang juga masih dipandang sebelah mata. Padahal asuransi sendiri memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di masa depan. Bahkan tidak hanya bagi masyarakat yang belum memiliki asuransi, masyarakat yang sudah memiliki asuransi pun terkadang masih awam dengan fungsi asuransi dan tujuan asuransi yang sebenarnya.

Nah, oleh karena itu untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai fungsi asuransi dan juga tujuan asuransi yang wajib Anda ketahui.

Fungsi Asuransi yang Utama

Fungsi-Asuransi

Sebelum membahas mengenai fungsi asuransi, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu asuransi. Jadi, asuransi merupakan suatu perjanjian yang dilakukan oleh nasabah sebagai pihak tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung. Adapun perjanjian yang dilakukan berisi pernyataan bahwa perusahaan asuransi bersedia membayar kerugian dengan jumlah uang tertentu jika terjadi suatu hal di masa depan setelah nasabah menyetujui pembayaran atas sejumlah uang atau yang disebut dengan premi asuransi.

Pada umumnya ada banyak produk asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi seperti asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran dan jenis asuransi yang lainya.  Berikut ini beberapa fungsi asuransi untuk lebih jelasnya.

1. Sebagai Pengalihan Risiko

Asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk menghindari risiko. Hal ini sesuai dengan fungsi asuransi sebagai pengalihan risiko yang berarti bahwa segala bentuk risiko dalam hal kerugian akan dialihkan kepada perusahaan asuransi selaku pihak penanggung.

Sehingga perusahaan asuransi bertanggung jawab mengeluarkan biaya ganti rugi sesuai jumlah ketidakpastian kerugian yang diderita oleh nasabah akibat kejadian yang tidak terduga atau biasa disebut dengan santunan klaim karena nasabah sudah membayarkan premi secara rutin.

2. Sebagai Penghimpunan Dana

Tugas dari perusahaan asuransi sendiri yakni berperan untuk mengatur semua dana yang dihimpun dari nasabah dengan cara mengelolanya sedemikian rupa agar dapat berkembang. Sehingga nantinya jika terjadi kerugian  tidak terduga yang diderita oleh nasabah, pihak asuransi akan bertanggung jawab untuk membayar ganti rugi sebesar kerugian yang diderita oleh nasabahnya.

3. Sebagai Penyeimbangan Premi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebagai pihak penanggung dan pihak penghimpun dana, perusahaan asuransi memiliki tugas untuk mengatur agar premi yang dibayarkan oleh nasabah seimbang dengan risiko yang nantinya akan ditanggung olehnya. Dengan begitu, pada akhirnya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan dengan adanya perjanjian tersebut.

Baca Juga : Berbagai Macam Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui

Tujuan Asuransi

Tujuan-Asuransi

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja fungsi asuransi, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai tujuan asuransi. Adapun tujuan utama dari asuransi adalah sebagai berikut.

  • Untuk memberikan jaminan kepada nasabah agar terlindung dari risiko-risiko yang mungkin akan di derita di masa depan secara tidak terduga.

  • Pemerataan biaya atas kerugian yang diderita nasabah karena nasabah hanya perlu mengeluarkan biaya tertentu dalam bentuk premi asuransi yang dibayarkan rutin dan tidak perlu membayar kerugian yang diderita.

  • Meningkatkan efisiensi terhadap suatu hal karena dengan adanya asuransi nasabah tidak perlu melakukan upaya pengamanan dan pengawasan.

  • Jenis asuransi jiwa juga memiliki tujuan asuransi yang sangat mulia yakni sebagai tabungan nasabah atau investasi nasabah karena jumlah uang yang akan diterima oleh nasabah sudah pasti akan jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah premi asuransi yang dibayarkan. Namun hal ini hanya berlaku untuk produk asuransi jiwa.

Baca Juga : Istilah yang Harus Ketahui Sebelum Memilih Asuransi

Itu dia fungsi dan tujuan asuransi yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk mengikuti asuransi mulai hari ini? Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.