avatardisplay_general
DISITU
25 Jun 2018

Gadai BPKB Mobil Resmi, Apakah Selalu Aman? baca ini

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180625/Gadai BPKB Mobil Resmi Apakah Selalu Aman.jpg

Anda sedang ingin gadai BPKB mobil resmi? Ada banyak mitra gadai yang mengumbar kata “resmi”. Menggiur banyak orang yang sedang terhimpit untuk memilihnya. Tapi akhirnya sama. Ada saja mitra gadai yang mengaku “resmi”, namun mengecewakan nasabahnya. Ini diakibatkan sang nasabah sendiri tidak tahu, apa sebenarnya maksud kata “resmi”. Sebenarnya, apa sih artinya? Seberapa jauh pengaruhnya terhadap keamanan transaksi? Berikut ini jawabannya.

Memahami Tingkat Keamanan Gadai BPKB Mobil Resmi

Kata “resmi” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya ditetapkan pemerintah atau instansi berwajib. Dalam penetapan resmi ini, sebuah gadai diharuskan mengurus Badan Hukum. Dalam proses pengurusan Badan Hukum, syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain alamat sekretariat, AD/ART, struktur kepengurusan, dan bukti kemampuan membayar pajak.

Lalu, bagaimana dengan proses manajemennya? Tata caranya mungkin tercantum dalam AD/ART, tapi implementasinya tidak selalu demikian. Anda tentu tahu, banyak perusahaan berbadan hukum, telah menerima gelar “resmi” dari pemerintah, tapi tetap melakukan penyelewengan. Sebenarnya hal seperti ini yang lebih berbahaya. Anda sudah melakukan penggadaian BPKB mobil resmi, tapi mitra gadai yang dipercaya malah menipu Anda.

Jadi kesimpulannya, kata “resmi” tidak menjamin keamanan transaksi gadai. Status badan hukum hanya memberi kejelasan pada siapa Anda menuntut saat terjadi pelanggaran hak. Bukan mencegah Anda dari perilaku mitra gadai yang merugikan. Sehingga sudah menjadi tugas Anda menjaga keamanan pribadi.

Tips Menjaga Keamanan Pribadi Saat Melakukan Gadai BPKB Mobil Resmi

 Mau tidak mau, Anda harus mampu melakukan tindakan antisipasi. Cara melakukannya, sebenarnya tidak beda jauh bila Anda melakukan gadai dengan mitra non-resmi. Antara lain sebagai berikut.

1. Pilih Mitra Gadai Yang Berintegritas

Cara termudah untuk menemukan mitra gadai berintegritas adalah dengan mengecek usia status badan hukumnya. Semakin tua status badan hukum, maka mitra gadai itu makin dapat dipercaya. Untuk mengecek hal ini, Anda jangan asal percaya dengan plakat di depan kantor mitra gadai. Plakat itu mungkin saja lama. Sengaja tidak dilepas meski sebenarnya status badan hukum sudah dicabut pemerintah. Cek langsung ke instansi pemerintah yang mengeluarkan izin. Lebih mudahnya, langsung googling, “status badan hukum PT. (nama mitra Anda)”.

2. Pahami Program Sebelum Memutuskan Untuk Bekerjasama

Tidak jarang terjadi nasabah yang merasa dirugikan karena tertipu program. Tapi mitra gadai berkelit dengan menyatakan nasabah tersebut yang tidak mengerti. Dengan alibi seperti ini, biasanya mitra gadai memiliki posisi tawar di pengadilan. Apalagi jika yang merasa tertipu hanya 1-2 orang. Supaya Anda tidak mengalami ini, sebelum menggadaikan BPKB mobil, Anda perlu memahami program mitra dengan jelas dan spesifik.

3. Mitra Gadai Menerima Izin Resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Dari sekian puluh ribu mitra gadai berbadan hukum, sangat sedikit yang menerima izin resmi OJK. Izin ini bertujuan untuk mempertebal proteksi pemerintah terhadap nasabah gadai. Karena secara umum telah diketahui status resmi tidak 100% menjamin keamanan transaksi. Jadi paling baik, pilih mitra gadai yang bukan hanya punya status resmi. Tapi juga punya izin OJK.

4. Testimoni Dari Nasabah Positif

Testimoni nasabah digunakan untuk mengecek track record mitra gadai. Semakin positif testimoni yang diberikan, maka mitra gadai tersebut makin dapat dipercaya. Sayangnya, masih jarang mitra gadai resmi memberikan portal khusus untuk menampung testimoni. Jadi untuk mencari testimoni, telusuri saja orang-orang yang pernah gadai ke mitra bersangkutan.

5. Mitra Gadai Dan Pemiliknya Memiliki Citra Baik Di Mata Masyarakat

Citra baik ini dapat dinilai dari minimnya komplain dan kasus yang menimpa, baik mitra gadai maupun sang pemiliknya. Jika sang pemilik mitra gadai pernah tersangkut kasus penyelewengan dana, misalnya. Lebih baik Anda tidak memilih mitra gadai ini. Meski statusnya resmi.

Wirausaha-Sukses