avatardisplay_general
DISITU
31 Aug 2018

Apakah Bisa Gadai BPKB Tapi Motor Hilang?

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180831/Gadai BPKB Tapi Motor Hilang Apakah Bisa Inilah Jawabannya.jpg

Jaminan BPKB motor menjadi jaminan yang populer di kalangan masyarakat. Tidak diragukan lagi, BPKB motor menjadi solusi penting untuk digadaikan. Manfaat yang diperoleh begitu besar. Hanya dengan menyerahkan surat berharga saja, Anda sudah dapat memperoleh pinjaman dana yang besar. Namun apa jadinya bila gadai BPKB tapi motor hilang? Tentu hal ini menjadi dilematis bagi Anda. Jawaban dari pertanyaan ini adalah BPKB motor tidak bisa digadaikan bila motor yang bersangkutan hilang. Karena tidak semudah itu meloloskan jaminan BPKB tanpa motor. Terdapat alasan yang kuat mengapa gadai BPKB motor tidak berhasil bila motor hilang.

Alasan BPKB Motor Tidak Bisa Digadaikan Jika Motor Hilang

Hilangnya sebuah motor disebabkan oleh banyak hal, baik karena kelalaian sendiri, dicuri, atau motor rusak parah. Bila sudah dalam kondisi seperti ini sudah tidak mungkin menggunakan BPKB motor yang bersangkutan sebagai jaminan. Mengapa? Berikut beberapa alasannya :

1. Pihak Gadai Tidak Bisa Memeriksa Kondisi Motor Sebelum Digadaikan

Hal terpenting bila Anda ingin BPKB motor Anda diterima sebagai jaminan adalah haruslah diperiksa dulu kondisi motornya. Pihak gadai perlu mengetahui identitas dan kondisi motor yang Anda untuk menentukan besarnya nilai taksiran untuk pinjaman dana.

Bila barang sudah tidak ada, lantas apa yang akan ditaksir? Tentu hal ini menjadi jalan buntu bagi pihak gadai. Mereka tidak bisa mengira-ngira harga pinjaman dana dengan hanya cukup membayangkan kondisi motor tanpa wujud nyata. Hal inilah yang menjadi transaksi Anda berhenti.

2. Pihak Gadai Tidak Memiliki Nilai Jaminan Yang Berharga

Dilihat dari segi ekonomi, pihak gadai tentu harus mendapatkan profit (keuntungan) dari barang yang digadaikan. Lalu apa jaminan yang menjanjikan bila motor saja tidak ada? Tentu hal ini menjadikan ketidakyakinan bagi pihak gadai akan profit yang akan didapatkan. Jika profit masa depan sudah diragukan, lantas apakah pihak gadai bersedia  meminjamkan uang? Tentu saja tidak. Yang jelas pasti akan keberatan.

3. Pihak Gadai Hanya Memiliki Surat Berharga Tanpa Bukti Barang Nyata

Bila Anda melakukan gadai BPKB tapi motor hilang, Anda hanya memiliki satu jaminan informatif saja tanpa jaminan nyata. Jaminan informatif hanyalah bersifat menjelaskan identitas saja. Hal ini akan menjadi mentah apabila tidak adanya bukti nyata dari informasi yang dijelaskan tersebut. Maka disini, pihak gadai tidak menerima BPKB motor tanpa bukti nyata, yakni motornya. Yang dibutuhkan adalah bukti real nya, bukan hanya sekedar tulisan saja.

4. Pihak Gadai Tidak Bisa Mempercayai Hanya Dengan Lisan Dan Catatan Saja

Meskipun Anda lakukan dengan meyakinkan pihak gadai dan menjelaskan detail permasalahannya, pihak gadai tetap tidak akan mengabulkannya. Lisan hanya berfungsi sebagai perkataan saja apabila tanpa menunjukkan bukti dalam menggadaikan barang. Demikian dengan catatan, baik berupa surat BPKB maupun catatan tertulis lainnya, tidak akan berarti jika tanpa wujud yang real. Hal inilah yang mempengaruhi kepercayaan pihak gadai.

5. Pihak Gadai Tidak Mau Terlibat Dalam Sengketa

Jujur, bagi siapapun pekerja, apabila dilibatkan dalam sengketa pasti tidak mau. Pihak gadai yang meloloskan jaminan BPKB motor tanpa motor berarti telah melanggar ketentuan yang berlaku. Bila terus dilanjutkan, pihak gadai akan terlibat dalam sengketa. Dalam hal ini, pihak gadai dan penerima pinjaman dapat diseret ke jalur hukum. Tentu hal ini sangat tidak diharapkan oleh kedua belah pihak.

Itulah alasan mengapa gadai BPKB tapi motor hilang tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan pihak gadai membutuhkan motor sebagai bukti nyata untuk pemeriksaan, jaminan dan kepercayaan sebagai barang gadai. Jika Anda ingin melakukan pinjaman online, Anda dapat mengunjungi situs disitu.com. Disana telah tersedia layanan kredit multiguna yang begitu bermanfaat dalam melayani gadai barang Anda.

 

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu