03 May 2018 00:00

Gadai Ijazah,5 Cara dan Ketentuannya Wajib kamu Ketahui!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/761 Gadai Ijazah 5 Cara dan Ketentuannya Wajib kamu Ketahui.jpg

Gadai ijazah memang tidak dilarang, namun kurang lazim jika sebuah ijazah digunakan sebagai jaminan meminjam dana. Hal tersebut karena ijazah merupakan dokumen pribadi yang penting dan tentunya tidak dapat diperdagangkan. Namun, berbagai macam kebutuhan membuat seseorang akan menggunakan berbagai macam cara untuk menutupi kebutuhan tersebut. Begitu juga dengan cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat beragam tergantung kemampuan pribadi masing-masing. Namun yang menjadi masalah pada masyarakat adalah jika mereka tidak memiliki kemampuan dan akhirnya mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan seperti pegadaian. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana syarat dan ketentuannya untuk menggadaikan ijazah? Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

1. Tahun Terbit Ijazah

Hal yang paling penting saat mengajukan pinjaman dengan menggadaikan ijazah adalah perhatikan tahun terbit dari ijazah tersebut. Hal itu dikarenakan pengajuan pinjaman dengan menggunakan ijazah haruslah berusia maksimal 3 tahun setelah diterbitkan. Oleh karena itu, Anda harus betul-betul memperhatikan tahun terbit ijazah Anda tersebut.

2. Ada Perjanjian Tertulis

Perjanjian tertulis yang dimaksudkan adalah antara agen dengan pihak peminjam. Perjanjian tertulis ini merupakan ketentuan yang sangat penting. Mengapa penting? Agar ke depannya bisa menghindari konflik yang ada dan hal yang tidak diinginkan antara kedua belah pihak. Dengan adanya perjanjian tertulis dalam penggadaian ijazah ini, maka kedua pihak akan merasa aman dan terlindungi.

3. Melengkapi Berkas

Syarat yang juga tak kalah penting adalah melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas tersebut meliputi formulir saat pendaftaran, foto kopi Kartu Keluarga, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan yang terpenting tentunya ijazah aslinya.

Setelah semua berkas yang dibutuhkan telah siap, maka Anda telah siap untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan yang Anda tuju.

4. Prioritas Pinjaman

Tidak semua seseorang yang mengajukan pinjaman dengan menggunakan jaminan ijazah adalah orang-orang yang membutuhkan. Meskipun pada akhirnya, banyak juga pihak yang mengajukan pinjaman dengan ijazah ini. Hanya saja skala prioritas mengajukan pinjaman dengan jaminan ijazah ini adalah hal mutlak.

Pihak lembaga keuangan akan menentukan siapa yang berhak untuk mendapatkan pinjaman dengan bantuan ijazah tersebut. Dengan begitu, dana yang dipinjam tidak akan disalah gunakan dan bisa mengenai orang yang kurang mampu.

5. Waktu Pembayaran

Waktu pembayaran yang ditentukan oleh lembaga keuangan seperti pegadaian biasanya sekitar 4 bulan atau 120 hari. Jika Anda tidak dapat  melunasi maka Anda bisa memperpanjang dengan cara membayar sewa modal atau membayar cicilan.

Harga Gadai Ijazah di Pegadaian

Memang terbilang jarang apabila seseorang mengajukan ijazah sebagai jaminan meminjam dana ke lembaga keuangan seperti pegadaian. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dengan menggunakan ijazah, mungkin Anda juga bertanya-tanya harga gadai ijazah di pegadaian kisaran berapa? Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua ijazah dapat digadaikan atau dijadikan jaminan untuk pengajuan pinjaman dana. Ada juga syarat yang harus dipenuhi agar ijazah yang Anda ajukan tersebut bisa berlaku. Syarat tersebut adalah ijazah yang diajukan haruslah ijazah dari lembaga pendidikan tingkah SMA sederajat, D3, S1, S2. Sedangkan untuk kisaran harga yang Anda dapatkan dari menggadaikan ijazah tersebut cukup beragam, sekitar Rp 500.000.000,- hingga Rp 1.000.000,-.

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan ketentuan untuk mengajukan pinjaman dana dengan menggadaikan ijazah. Lembaga keuangan seperti pegadaian memang tidak membutuhkan sebuah rekening yang digunakan untuk pencairan pembayaran angsuran melainkan dalam bentuk tunai. Sehingga pelayanan yang diberikan akan membantu masyarakat sampai kelas bawah dengan penghasilan yang rendah. Selain itu juga akan mempermudah masyarakat untuk memperoleh dana untuk kebutuhannya.

Wirausaha-Sukses