DISITU
12 Jul 2018

Gadai Mobil Pegadaian Dengan Produk Layanan Gadai Fleksi Sebagai Solusi Cepat Kebutuhan Dana Anda

https://images.disitu.com/A/Img/1807/180712/Gadai Mobil Pegadaian Dengan Produk Layanan Gadai Fleksi Sebagai Solusi Cepat Kebutuhan Dana Anda.jpg

Sebagai lembaga keuangan khusus yang dibentuk pemerintah, pegadaian berusaha selalu memberi solusi untuk masalah keuangan Anda. Kini pegadaian hadir dengan produk layanan “Gadai Fleksi” sebagai fitur layanan kredit cepat dana aman, yang akan menjadi solusi pendanaan Anda. Jaminan yang diterima salah satunya adalah kendaraan bermotor (mobil). Sebagian dari Anda pasti pernah dihadapkan pada masalah pemenuhan berbagai keperluan dalam waktu yang mendesak. Jika Anda mempunyai aset mobil Anda tidak perlu khawatir, gadai mobil pegadaian akan menjadi solusi pendanaan Anda. Untuk mendapatkan pinjaman gadai fleksi dengan berbagai keunggulannya, Anda harus melalui beberapa prosedur yang akan dibahas di bawah ini.

Prosedur Gadai Mobil Pegadaian Dengan Produk Gadai Fleksi

Sebuah produk pinjaman tentu memiliki ketentuan yang harus dipenuhi dan prosedur yang harus dilewati. Berikut akan dibahas prosedur melakukan Gadai Fleksi dengan jaminan mobil di pegadaian, agar Anda mengetahuinya, prosedur gadainya adalah:

1. Nasabah Datang Menyerahkan Identitas Diri

Prosedur pertama yang harus Anda lalui adalah, datang ke kantor pegadaian konvensional dan menyerahkan identitas diri. Identitas diri ini bisa dibuktikan dengan KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku. Petugas akan menulis data diri Anda yang berada dalam kartu identitas diri tersebut.  

2. Barang Jaminan Berupa Mobil Diserahkan

Selain identitas diri Anda harus menyerahkan barang yang akan Anda jadikan jaminan dalam hal ini adalah aset berupa mobil kepada petugas penaksir. Barang yang bisa dijadikan jaminan untuk produk gadai fleksi bisa berupa emas perhiasan, emas batangan, berlian. Dan juga kendaraan bermotor, barang elektronik, kamera, smartphone dan handphone bisa dijadikan barang jaminan produk gadai ini. Setelah diserahkan kepada petugas penaksir, mobil akan diperiksa keadaannya secara menyeluruh. Data-data seperti tahun pembuatan, transmisi mesin, kapasitas mesin dan lain-lain akan ditanyakan kepada Anda dan dicocokkan dengan BPKBnya.

3. Dilakukan Penaksiran Barang Jaminan

Setelah mendapatkan semua data tentang mobil yang akan digadai, petugas akan melakukan penaksiran harga barang jaminan Anda dan menetapkan taksirannya. Setelah taksiran ditetapkan, petugas akan menulisnya pada formulir permintaan kredit (FPK) beserta besar pinjaman dan data diri Anda. Besar kecilnya harga taksiran ditentukan oleh banyak faktor, tahun pembuatan, merk mobil, transmisi mesin, kapasitas mesin dan kondisi fisik mobil. Semua faktor tersebut dimasukkan ke dalam rumus penaksiran dan akan ditemukan besaran taksiran harga gadai kendaraan Anda.

4. Nasabah Menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)

Setelah itu penaksir mengisi dan mencetak surat bukti kredit (SBK) yang dirangkap dua untuk ditandatangani nasabah. Setelah diisi lengkap dan diserahkan kepada Anda untuk ditandatangani, periksa dulu dengan seksama isi dari surat bukti kredit tersebut. Jika data yang diisikan sudah benar, maka Anda bisa menandatangani surat bukti Kredit tersebut. Lembar pertama akan diberikan kepada Anda dan lembar kedua akan disimpan sebagai arsip pegadaian.

5. Uang Pinjaman Gadai Diterima Nasabah (Tunai Atau Transfer)

Terakhir, penaksir akan memberikan surat bukti kredit yang sudah ditanda tangani agar dana Anda dicairkan. Kasir yang bertugas mencairkan pinjaman Anda akan menawarkan pinjaman diterima uang tunai ataukah ditransfer ke bank milik nasabah. Setelah itu kasir akan melakukan pencairan sesuai permintaan Anda tunai atau transfer. Biaya administrasi sebesar 1% dari jumlah pinjaman akan dikenakan kepada Anda dan dipungut saat pelunasan. Tarif sewa modal atau bunga dihitung tiap hari dengan tarif tetap sebesar 0,5 % untuk 5 hari pertama dan selanjutnya menurun menjadi 0,1% per hari.

Demikian gadai mobil pegadaian dengan produk gadai Fleksi, Anda bisa segera menyiapkan persyaratan dan pergi ke pegadaian untuk mendapatkan pinjaman.