avatardisplay_general
DISITU
08 Aug 2018

Gadai Mobil Semarang, Pilih Multi Finance Atau Bank?

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180808/Gadai Mobil Semarang Pilih Multi Finance Atau Bank.jpg

Apakan Anda membutuhkan dana yang besar untuk modal usaha? Atau butuh dana untuk biaya kuliah anak Anda?. Apakah Anda memiliki mobil? Jika ya, maka waktunya Anda untuk menggadaikan mobil Anda. Gadai mobil Semarang merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dalam jumlah yang cukup besar. Masyarakat menggadaikan mobilnya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan keuangannya, baik untuk bisnis, kebutuhan lainnya maupun pribadi. Ada 2 tempat yang bisa Anda gunakan untuk gadai mobil Semarang Anda, yaitu Bank dan Multi finance. Baik multi Finance dan Bank memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, berikut penjelasannya :

1. Waktu Proses

Dalam proses kerja pada perusahaan multi finance lebih cepat dibandingkan dengan proses kerja pada Bank. Jika Anda memilih perusahaan multi finance, proses pengajuan pinjaman hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Proses tersebut sudah termasuk survey, cek fisik mobil, collect data dan pencairan pinjaman. Berbeda dengan Bank, proses pada Bank membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari kerja. Hal tersebut dikarenakan pada Bank mengharuskan adanya BI Checking atau cek riwayat perbankan bagi setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Jika riwayat perbankan yang bagus, maka proses pengajuan pinjaman akan dilanjutkan. Namun sebaliknya, jika riwayat perbankan Anda tidak bagus tentunya proses akan berhenti.

2. Keamanan

Perusahaan finance maupun Bank memiliki standar keamanannya masing-masing yang sama baiknya. Standar keamanan tersebut antara lain :

  • Terjaminnya keamanan BPKB mobil Anda, dimana yang menyimpan BPKB Anda adalah perusahaan finance dan bank tempat Anda mengajukan pinjaman tersebut. Jadi pastinya BPKB Anda akan sangat aman.

  • Terjaminnya kerahasiaan data Anda, dimana data Anda akan disimpan baik-baik oleh Bank atau Multi finance. Sehingga akan sangat aman dan tidak akan sampai ke pihak lain.

  • Terjaminnya keamanan unit mobil, dengan cara mobil Anda diasuransikan agar terhindar dari hal-hal yang kurang menyenangkan serta untuk menjaganya.

3. Suku Bunga

Masing-masing lembaga keuangan baik perusahaan finance maupun bank memiliki kebijakan tersendiri tentang besarnya suku bunga yang ditentukan. Besarnya suku bunga sangat bervariasi tergantung kepada kebijakan manajemen, berkisar antara 0,9% - 2% untuk setiap bulannya.

4. Biaya-Biaya

Jika proses pengajuan pinjaman Anda baik di Bank maupun Finance telah disetujui, selanjutnya akan diberikan rincian-rincian biaya yang harus Anda penuhi. Rincian biaya tersebut adalah meliputi :

  • Multi Finance : biaya administrasi serta biaya asuransi. Kedua biaya tersebut tidak diberikan potongan dari pinjaman yang dicairkan, hanya saja digabungkan dengan angsuran per bulannya. Sehingga pinjaman yang akan Anda terima utuh. Tetapi membuat angsuran Multi Finance terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan Bank, padahal sebenarnya sama saja.

  • Bank : asuransi mobil, asuransi jiwa, administrasi, biaya provisi dan blokir BPKB mobil Anda. Semua biaya itu akan langsung dipotong dari pinjaman yang telah dicairkan oleh pihak Bank. Sehingga pinjaman yang akan Anda terima tidak utuh lagi.

5. Pelayanan

Baik perusahaan Multi Finance maupun Bank, sistem pelayanannya hampir sama baiknya. Pelayanan yang baik terbukti dengan banyaknya kantor cabang, banyaknya penghargaan bergengsi yang diberikan  oleh biro riset keuangan kepada finance maupun Bank. Sistem pembayaran online yang baik juga memengaruhi baiknya pelayanan pada suatu lembaga keuangan saat ini seperti bank maupun Finance.

Terlepas dari itu semua, gadai mobil semarang di Multi Finance maupun Bank masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Semuanya kembali kepada tangan Anda, pilihlah dengan teliti dam hati-hati jangan sampai pilihan yang tidak baik jatuh ke tangan Anda. Jadilah konsumen cerdas  serta bijaksana.