avatardisplay_general
DISITU
09 Aug 2018

Gadai Mobil STNK Jogja, Ini Dia Langkah-langkahnya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180809/Gadai Mobil STNK Jogja Bisakah Ini Dia Jawabannya.jpg

Kebutuhan mendesak memang bisa datang kapan saja tanpa permisi. Bukan masalah jika uang di tabungan mencukupi. Namun, bagaimana caranya jika jumlahnya banyak dan uang di tabungan tidak mencukupi? Ya, salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan dana besar dalam waktu singkat adalah melakukan gadai mobil. Namun tak sedikit orang yang bertanya “Bisakah gadai mobil STNK Jogja? Apakah Anda salah satu dari mereka? Jika iya, Anda perlu mempelajari beberapa syarat yang diperlukan dalam gadai mobil, agar Anda tahu jawabannya. Berikut ulasan selengkapnya :

Ingin Gadai Mobil Di Jogja? Ini Dia Syaratnya

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda akan melakukan gadai mobil :

  • Fc KTP Anda dan pasangan (jika sudah menikah)

  • Fc KK (Kartu Keluarga)

  • BPKB mobil asli dan salinannya

  • Fc STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

  • slip gaji dan Fc rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir

  • survey dan cek kendaraan

  • mengisi formulir yang disiapkan oleh lembaga pembiayaan yang Anda tuju

Setelah membaca persyaratan tersebut, Anda pasti sudah paham jika gadai mobil STNK Jogja tidak bisa. Anda wajib melampirkan BPKB mobil asli dan juga salinannya. Mengapa demikian? Sebab, lembaga pembiayaan akan menanggung risiko yang cukup besar jika nasabahnya hanya menjaminkan STNK. Jadi, pastikan BPKB mobil juga Anda siapkan ketika akan melakukan gadai ya.

Nah, jika syarat umum sudah siap, langkah selanjutnya adalah memilih lembaga pembiayaan yang tepat. Nih, 5 tips memilih tempat gadai yang perlu kamu tahu.

5 Tips Memilih Tempat Gadai Mobil Jogja

Berikut beberapa tips memilih tempat gadai mobil di Jogja :

1. Pilih Tempat Gadai Yang Profesional

Hal utama yang wajib Anda lakukan adalah mencari referensi tempat gadai yang profesional. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan surat berharga seperti BPKB yang Anda gunakan sebagai jaminan. Selain memiliki banyak nasabah dan cabang, indikasi tempat gadai tersebut profesional yang lain adalah terdaftar di APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Nasional) dan telah mendapat ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Ketahui Besaran Angsuran Tiap Bulan

Sudah menjadi rahasia umum jika lembaga pembiayaan mematok suku bunga tertentu terhadap dana yang dipinjamkan kepada nasabahnya. Nah, Anda sebagai calon nasabah harus tahu suku bunga yang ditetapkan. Sebab, bunga tersebut akan mempengaruhi angsuran yang harus Anda bayar tiap bulannya.  Dengan mengetahui besaran angsuran yang menjadi tanggungan Anda, Anda akan lebih mudah untuk menyiapkannya.

3. Pelajari Denda Dan Juga Sanksi

Tips lain yaitu mempelajari sanksi dan denda. Biasanya, lembaga pembiayaan membuat kebijakan adanya sanksi dan denda terhadap nasabah yang tidak disiplin membayar angsuran. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

4. Ketahui Lokasi Lembaga Pembiayaan Yang Dituju

Cara selanjutnya yaitu mengetahui lokasi lembaga pembiayaan yang akan Anda tuju. Jangan sampai Anda memilih lembaga pembiayaan yang jauh dari tempat domisili Anda. Mengapa demikian? Sebab, Anda akan kesusahan dalam membayar angsuran tiap bulan. Transfer bank atau transaksi lain mungkin bisa Anda lakukan tetapi cara tersebut belum terjamin keamanannya. Jadi, lebih baik cari lembaga yang tidak terlalu jauh dan bisa dengan mudah Anda jangkau yah.

5. Tetapkan Tujuan Anda Mengajukan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda menetapkan tujuan permohonan pinjaman tersebut. Nah, selanjutnya jika dana sudah cair, Anda harus konsisten dengan tujuan Anda. Jangan sampai Anda keluar dari jalur sebab hal ini bisa memperburuk masalah keuangan Anda.

Kini, Anda sudah mengetahui jawaban “Bisakah gadai mobil STNK Jogja” bukan? Ya, jawabannya tidak bisa, Anda wajib melampirkan BPKB mobil asli dan salinannya. Setelah persyaratan umum siap, Anda dapat mencari tempat gadai yang profesional seperti tips yang telah disebutkan di atas.