avatardisplay_general
DISITU
11 Aug 2018

Gadai Mobil Syariah Solusi Dana Sesuai Hukum Islam

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180811/Gadai Mobil Syariah Solusi Dana Cepat Sesuai Hukum Islam.jpg

Kebutuhan dana yang mendesak memang membuat kita harus putar otak untuk mendapatkan dana secepat mungkin. Salah satu solusinya adalah dengan menggadaikan barang. Mobil menjadi salah satu barang yang dapat digadaikan. Ada banyak gadai mobil syariah yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin meminjam dana tanpa riba. Banyak Keuntungan ditawarkan bagi Anda yang memilih menggadaikan mobil dengan sistem syariah.  Tapi, sebelum menyelami keuntungan gadai mobil syariah, sebenarnya apa itu gadai syariah dan bagaimana rukun serta syaratnya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Gadai Syariah

Gadai dalam hukum islam seringkali disebut sebagai Rahn. Pengertian dari Rahn sendiri berarti agunan berbentuk suatu barang yang memiliki sifat mengikat. Pada gadai syariah, seperti gadai mobil syariah prinsip Rahn inilah yang diterapkan. Jadi proses pegadaian didasarkan pada hukum-hukum islam. Proses ini tidak hanya seputar tanpa riba saja, namun syarat sah serta rukun pada proses tersebut juga berlandaskan hukum islam. Rukun dan syarat sah tersebut harus terlebih dulu dipenuhi sebelum mulai melakukan transaksi  pemberian pinjaman.

Seputar Gadai Syariah

Jika Anda telah mengetahui tentang definisi gadai syariah sekarang saatnya untuk mengetahui hal-hal seputar gadai syariah.

1. Rukun Dalam Melakukan Gadai Syariah

Ada beberapa rukun yang harus dicukupi sebelum mulai melakukan transaksi pinjam-meminjam. Rukun pertama yang harus dipenuhi adalah adanya nasabah. Maksud dari nasabah disini orang yang akan menggadaikan barangnya. Biasanya pihak penggadai barang ini disebut sebagai ar-rahn. Kedua yang harus dipersiapkan adalah barang jaminan.  Jadi pihak ar-rahn sebagai penggadai barang harus memiliki barang yang akan dijaminkan nantinya. Selanjutnya ada penerima jaminan. Maksud dari penerima jaminan ini adalah orang yang akan meminjamkan uangnya dengan jaminan. Biasanya pihak penerima jaminan ini disebut murtahin. Terakhir adalah adanya harga yang mengikat. Jadi ada harga yang didapat melalui akad yang mengikat antara pihak yang menjaminkan barang dengan penerima jaminan.

2. Syarat Sah

Setelah rukun-rukun terpenuhi ada juga syarat sah yang harus dipenuhi untuk membuat perjanjian menjadi sah. Syarat sah yang pertama adalah berakal. Jadi akad yang terjadi dalam proses penggadaian barang ini harus dilakukan oleh orang yang berakal. Kedua pihak yang melaksanakan akad haruslah orang yang memiliki akal sehat sehingga akad dapat dikatakan sah. Selanjutnya syarat sah yang kedua adalah dewasa atau akil baligh. Kedua pihak yang melakukan akad haruslah sudah dewasa atau akil baligh. Ketiga barang yang dijadikan jaminan harus ada saat melakukan akad. Barang ini kemudian diserahterimakan pada pihak penerima jaminan atau pihak yang mewakili penerima jaminan. Terakhir harus adanya ijab kabul. Yaitu dimana ijab yang dimaksudkan adalah pihak penerima jaminan melakukan perjanjian. Sedangkan kabul  dilakukan oleh pihak pemberi jaminan untuk menyepakati perjanjian.

3. Profit Melalui Jual Beli

Pada pegadaian syariah diharuskan untuk melalui akad pinjaman. Tapi, di dalamnya ada profit. Lalu darimana profit ini didapat? Profit ini didapat dari proses jual beli baik berupa barang atau pun manfaat. Semisal profit yang didapat dari pegadaian syariah tanah didapat dari jual beli atau sewa tempat yang digadaikan. Bisa juga di dapat dari pemeliharaan serta penjagaan dari objek yang digadaikan.

4. Sesuai Hukum Islam

Ada keuntungan dari memilih gadai syariah yaitu prosesnya yang sesuai hukum islam. Proses gadai syariah yang sesuai hukum islam ini tentu akan memberikan banyak kelebihan. Apalagi untuk Anda yang beragama muslim, gadai syariah cocok untuk Anda pilih.

5. Bunga Kecil

Pada gadai syariah umumnya memiliki bunga yang relatif kecil. Selain itu akad harga yang mengikat antara pemberi dan penerima jaminan tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang bunga yang mencekik.

Hal-hal seputar pegadaian syariah tadi semoga dapat menjadi pertimbangan baik bagi Anda. Ketika kebutuhan dana mendesak datang memang tidak banyak pilihan yang di dapat. Namun gadai syariah dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak Anda dan keluarga.