avatardisplay_general
DISITU
06 Jul 2018

Persyaratan Gadai Mobil Tanpa BPKB Di Pegadaian

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180706/Gadai Mobil Tanpa BPKB Di Pegadaian Bisa Atau Tidak Baca 5 Persyaratan Ini Untuk Mengetahuinya.jpg

Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dokumen penting yang berisi tentang asal usul dan kondisi kendaraan bermotor. BPKB biasanya dipegang oleh pemilik sebagai dokumen resmi bukti kepemilikan sebuah kendaraan bermotor. Namun dalam beberapa keadaan, pemilik tidak memegang BPKB, seperti saat mobil masih kredit dan belum lunas. Maka artinya mobil masih dalam pembiayaan leasing dan pemilik belum berhak memegang BPKB mobilnya. Jika ada yang bertanya mungkinkah gadai mobil tanpa BPKB di Pegadaian? Jawabannya akan Anda ketahui setelah membaca artikel ini. Pegadaian memang adalah lembaga keuangan yang memiliki fungsi memberi pinjaman kepada peminjam yang memiliki jaminan. Anda perlu memahami persyaratan untuk mendapatkan pinjaman di pegadaian.

5 Persyaratan Mengajukan Pinjaman Gadai

Sebelum mengajukan pinjaman di pegadaian, Anda perlu tahu apa saya persyaratan yang harus Anda penuhi. Berikut ini adalah persyaratan yang diminta pihak pegadaian kepada nasabah yang akan mengajukan pinjaman:

1. Fotokopi KTP Atau Identitas Resmi Lainnya

Saat Anda datang ke pegadaian untuk mengajukan pinjaman dari produk apapun, pastikan Anda membawa identitas diri Anda dan foto kopiannya. Identitas diri bisa berupa KTP, SIM, Paspor yang masih berlaku. Produk pinjaman dari pegadaian banyak sekali, dengan jaminan dan fungsinya masing-masing, dan semua produk layanan tersebut meminta identitas diri sebagai persyaratannya.

2. Memiliki Barang Jaminan

Hal utama yang harus terpenuhi jika Anda sudah berniat mengajukan pinjaman di pegadaian adalah adanya agunan yang Anda miliki. Karena saat pertama Anda datang ke petugas pegadaian, pasti akan diminta identitas diri dan barang yang akan dijaminkan. Ada berbagai barang yang bisa dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman di pegadaian, seperti emas perhiasan, emas batangan, handphone, smartphone, kendaraan bermotor. Masing-masing produk gadai memiliki ketentuan jaminan yang berbeda yang harus Anda ikuti.

3. Untuk Kendaraan Bermotor Membawa BPKB Dan STNK Asli

Jika Anda menjadikan kendaraan bermotor sebagai jaminan, maka petugas penaksir akan meminta STNK asli dan BPKB untuk pengisian data. Jadi jika Anda ingin gadai mobil mobil tanpa BPKB di pegadaian, kemungkinan tidak akan dikabulkan. Hal tersebut karena BPKB asli adalah salah satu persyaratan jika Anda menggadaikan mobil di Pegadaian. Mobil atau BPKB akan ditahan selama Anda belum melunasi jaminan, tergantung mana yang Anda jaminkan.

4. Surat Usaha Untuk Produk Layanan Gadai Tertentu

Untuk produk gadai tertentu seperti KREASI untuk usaha mikro, ada tambahan persyaratan seperti surat usaha. Jika Anda memiliki surat usaha maka yang ditahan sebagai jaminan hanya BPKBnya saja, tapi jika tidak punya maka kendaraan juga akan ditahan. Surat keterangan usaha bisa Anda minta di kecamatan sesuai domisili Anda. Setelah mendapatkannya Anda bisa menjadikannya salah satu persyaratan pinjaman modal Anda, agar mobil Anda tidak di tahan.

5. Nasabah Menandatangani Surat Bukti Kredit

Setelah semua persyaratan terpenuhi, petugas penaksir akan menaksir nilai jaminan Anda, dan menentukan nilai taksirannya. Setelah itu petugas akan membuatkan Anda SKB (surat bukti kredit) yang berisi data Anda dan nilai gadai yang sudah disepakati. Anda harus menandatanganinya untuk mendapatkan pencairan pinjaman dana yang telah diajukan. Setelah SKB siap, maka akan diserahkan kepada Anda satu kopi dan dimasukkan arsip pegadaian satu kopi. Kasir akan mulai memproses pinjaman Anda, bisa diterimakan secara tunai atau pun transfer ke rekening bank yang sudah ditentukan.

Demikian adalah persyaratan mendapatkan pinjaman di Pegadaian yang harus dipenuhi nasabah. Jadi gadai mobil tanpa BPKB di Pegadaian tidak bisa disetujui, karena Pegadaian tidak mau mengambil resiko. Oleh karena itulah Anda jangan pernah berpikiran untuk melakukan gadai mobil tanpa BPKB di Pegadaian. 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu