avatardisplay_general
DISITU
13 Aug 2018

Gadai Mobil Tua, Inilah 5 Hal Jadi Pertimbangan

https://images.disitu.com/A/Img/1808/180813/Gadai Mobil Tua Inilah 5 Hal Yang Akan Jadi Pertimbangan.jpg

Selain sebagai sarana  transportasi, mobil juga bisa Anda manfaatkan jika ada kebutuhan mendesak, tidak terkecuali mobil tua. Mengapa demikian? Sebab, Anda dapat menggadaikan mobil tua milik Anda untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut. Bagaimana sih cara gadai mobil tua? Anda cukup menjaminkan BPKB mobil tua tersebut di pegadaian atau lembaga yang menerima jaminan BPKB mobil tersebut. Dengan jaminan BPKB mobil, kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan diterima cukup besar jika dibandingkan jaminan lain. Pasalnya, nilai jual dari sebuah mobil lebih mudah untuk ditafsirkan, tidak terkecuali mobil tua milik Anda.

Apakah semua mobil bisa menjadi jaminan? Tentu tidak. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya yaitu kelengkapan dan keabsahan surat, kesamaan fisik mobil dengan BPKB, tahun pembuatan mobil, merek mobil, dan keadaan fisik dari mobil tersebut. Yuk, simak lebih lanjut informasi selengkapnya berikut ini :

1. Kelengkapan Dan Keabsahan Surat

Pihak yang Anda ajukan pinjaman (lembaga pembiayaan) tentu tidak ingin menanggung risiko jika mobil yang Anda gadai bukan benar-benar milik Anda atau justru merupakan hasil curian. Jika hal ini terjadi, pihak pegadaian tentu akan menerima masalah dan harus berurusan dengan hukum. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, setiap orang yang akan menggadaikan mobil (termasuk mobil tua) harus memiliki kelengkapan surat mobil tersebut. Keabsahan surat juga menjadi hal yang tak kalah penting. Jadi, siapkan kelengkapan surat dan pastikan keabsahannya sebelum menggadaikan mobil tua Anda yah.

2. Kesamaan Fisik Mobil Dengan BPKB Yang Dijaminkan

Persyaratan selanjutnya adalah adanya kesamaan fisik mobil tua yang akan Anda gadaikan dengan BPKB yang akan dijaminkan. Beberapa kesamaan fisik yang akan dicek yaitu nomor rangka, nomor polisi, warna mobil, nomor mesin, dan lain sebagainya. Akan sangat percuma jika poin nomor satu terpenuhi tetapi surat tersebut bukan merupakan surat keterangan dari mobil yang akan Anda gadaikan. Jadi, apakah fisik mobil Anda sudah sama dengan BPKB mobil yang akan dijaminkan? Cek lagi untuk memastikannya yah!

3. Tahun Pembuatan Mobil

Anda harus tahu, jika tahun pembuatan mobil sangat berhubungan erat dengan nilai jual mobil. Semakin baru tahun pembuatan mobil, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi. Jadi, cek kembali tahun pembuatan mobil Anda! Kemudian, Anda dapat memperkirakan harga jual dari mobil tersebut. Jangan sampai Anda mengajukan pinjaman dana yang nominalnya melebihi harga jual mobil tersebut. Jika hal ini sampai terjadi, pengajuan mobil Anda tentu akan ditolak.

4. Merk Mobil

Hal lain yang akan diperhatikan dalam gadai mobil tua adalah merk mobil tersebut. Karena hal ini juga berkaitan dengan nilai jual dari sebuah mobil. Biasanya, merk mobil yang langka di pasaran, peminatnya juga langka. Oleh karena itu, harganya akan cenderung rendah.

Biasanya mobil buatan Jepang akan lebih dipertimbangkan oleh lembaga pembiayaan. Mengapa demikian? Sebab, mobil produksi Negara Jepang memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia.

5. Keadaan Fisik

Hal selanjutnya yang akan dipertimbangkan adalah keadaan fisik dari mobil tua yang akan Anda gadaikan. Apakah mobil tua Anda selama ini selalu dirawat dan dijaga dengan baik? Jika iya, maka kemungkinan besar mobil Anda akan lebih dipertimbangkan jika dibandingkan dengan mobil muda namun tidak terawat.

Ternyata banyak juga ya hal yang menjadi pertimbangan gadai mobil tua? Nah, sebelum Anda menuju lembaga pembiayaan, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai persyaratan yang diperlukan untuk menggadaikan mobil tua tersebut. Pada umumnya, beberapa persyaratan yang dibutuhkan yaitu Fc KTP, Fc Kartu Keluarga, Fc rekening tabungan 3 bulan terakhir, slip gaji, serta Fc STNK dan BPKB.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu