01 February 2018 00:00

Gerhana Bulan dan Jenis-Jenisnya,Yuk Telusuri Lebih Jauh

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/272.Gerhana Bulan Jenis Jenisnya.jpg

Bulan adalah salah satu satelit alami bumi  yang selalu mengelilingi bumi. Di beberapa planet dalam tata surya ada yang memiliki satelit alam yang jumlahnya lebih dari satu. Dan satelit yang dimiliki bumi hanya berjumlah satu, yakni bulan.  Selain menjadi satelit bumi, bulan ini juga berperan sebagai sumber cahaya  bagi bumi pada waktu malam hari. Pada kenyataannya bulan tidak bisa mengeluarkan cahayanya sendiri, karena bulan bukan termasuk bintang. Cahaya yang bersumber dari bulan merupakan cahaya yang dipantulkan dari matahari yang mengenai bulan, sehingga bulan tampak seperi bercahaya pada waktu malam hari dan menerangi bumi.

Saat ini yang sedang booming adalah gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 31 Januri lalu, yaitu Gerhana Bulan Total,apakah kamu juga ikut melihat keindahan gerhana bulan tersebut bersama keluarga ataupun pasangan?, Lantas apa sebenarnya Gerhana Bulan itu dan jenis-jenis Gerhana Bulan.

Apa itu Gerhana?

Gerhana merupakan peristiwa yang terjadi ketika sebuah objek tertutup sebagian atau seluruhnya oleh objek lain yang melintas di depannya. Dan hal ini adalah bulan, bumi, dan matahari. Objek tersebut akan menutup cahaya sehingga matahari atau bulan akan nampak gelap sebagian atau seluruhnya, atau biasa yang disebut gerhana matahari dan gerhana bulan. Peristiwa gerhana bulan dan matahari ini tidak sering terjadi ataupun jarang kita akan temuinya.

Gerhana Bulan Terjadi

Seperti yang kami kutip dari www.ilmudasar.com , gerhana bulan terjadi apabila cahaya matahari yang akan menuju ke bumi dihalangi oleh bumi itu sendiri, sehingga bulan tidak akan bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk memantulkan cahayanya ke bumi. Proses ini juga terjadi apabila bulan, bumi, dan matahari terletak dalam satu garis lurus.

Jenis-Jenis Gerhana Bulan

Gerhana Bulan Penumbra

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Seluruh permukaan bulan berada pada zona bayangan penumbra yang dihasilkan bumi saat menghalangi sinar matahari. Karena berada pada penumbra seutuhnya maka permukaan bulan tidak gelap sempurna, tetapi cenderung terlihat suram dan masih terlihat bentuk bulat dari bulan.

Gerhana Bulan Total

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Gerhana bulan total terjadi saat bayangan dari permukaan bumi tepat menutup sempurna permukaan bulan sehingga sama sekali tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan ke bumi. Gerhana bulan total akan membuat bulan nampak menghilang perlahan dan akhirnya menjadi hitam sempurna. Saat terjadi gerhana bulan total, bulan berada pada daerah bayangan umbra.

Gerhana Bulan Sebagian

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Tidak semua permukaan bulan tertutup bayangan dari penampang bumi. Masih terlihat bulan di langit meski sebagian besar menjadi gelap karena sebagian permukaan bulan berada pada zona bayangan umbra dan sebagian lagi penumbra. Bulan yang berada pada penumbra akan nampak remang-remang tidak gelap sempurna.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Menyambut datangnya gerhana bulan total yang terjadi di Indonesia, Tim Disitu.com juga gak mau kalah, untuk menyaksikan fenomena langka ini.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu