avatardisplay_general
DISITU
17 Jul 2018

Penuhi Syarat Ini Sebelum Gadai BPKB Mobil Tahun 95

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180717/Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai BPKB Mobil Tahun 95.jpg

Selain menggadaikan kendaraan, beberapa orang lebih memilih untuk menggadaikan BPKB nya saja. Hal ini biasanya dilakukan agar kendaraan tetap bisa digunakan meski dalam status gadai. Salah satu BPKB kendaraan yang paling banyak digadaikan adalah mobil. Secara umum, tidak semua mobil memiliki nominal gadai yang sama. Hal ini juga berlaku pada mobil keluaran 95. Maka dari itu untuk Anda yang ingin melakukan gadai BPKB mobil tahun 95, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini.  

1. Jenis Mobil

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum gadai BPKB mobil tahun 95 adalah jenis mobil itu sendiri. Secara umum, tidak semua jenis mobil 90-an bisa digadaikan. Meskipun boleh, nominal gadainya pun tidak besar. Biasanya pihak kreditur akan memberikan pinjaman jika jaminan mobil Anda sesuai dengan kriteria. Kriteria yang dimaksud disini yaitu untuk jenis mobilnya. Rata-rata pihak keditur hanya akan menerima mobil dengan merk Toyota, Honda, Mitsubishi, dan yang lainnya. Semua itu tergantung dari kebijakan masing-masing tempat pegadaian. Hal ini dikarenakan beberapa merk mobil tersebut hanya memiliki nilai gadai yang kecil dikarenakan peminatnya yang sedikit. Melihat hal semacam itu, pihak pemberi pinjaman juga tidak berani mengambil resiko jika harus menerima jaminan mobil yang kurang diminati konsumen. Maka dari itu sebelum menggadaikan BPKB mobil tahun 95-an, Cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada pihak kreditur. Jika diperbolehkan, baru Anda bisa memulai proses gadai.

2. Besar Pinjaman Minimal

Hal kedua yang harus Anda perhatikan sebelum menggadaikan BPKB mobil tahun 95 adalah nominal gadai yang Anda ajukan ke pihak kreditur. Seperti kita ketahui setiap barang pasti memiliki nominal gadai yang berbeda-beda termasuk mobil. Semakin muda mobil, maka semakin besar pula nilai gadainya. Namun, untuk mobil tahun 95, harga gadainya mungkin terpaut jauh dari mobil keluaran tahun 2000. Nominal gadai untuk mobil tahun 95 adalah mulai dari 5 jutaan. Nominal ini bisa saja bertambah tergantung dari kebijakan pihak pemberi kredit. Selain itu pihak kreditur juga akan melihat kondisi kendaraan Anda. Jika masih bagus dan terawat, bisa saja harga gadainya sesuai dengan yang Anda harapkan. Untuk mengetahui nominal gadai maksimal mobil pada tahun tersebut, Anda bisa menanyakannya ke pihak customer service agar lebih jelas.

3. Syarat Gadai

Hal selanjutnya yang juga patut Anda perhatikan ketika ingin menggadaikan BPKB mobil tahun 95 adalah syarat yang dibutuhkan. Secara umum, syarat merupakan hal yang wajib ketika Anda ingin menggadaikan sesuatu. Kebijakan ini tidak hanya untuk sistem perorangan saja, namun di bank atau koperasi sekalipun Anda juga tetap harus memberikan syarat terutama yang berhubungan dengan identitas diri. Untuk syaratnya sendiri tidak berbeda dari syarat gadai yang lain yaitu fc. KTP, fc. KK, BPKB, STNK, rekening listrik, dan slip gaji. Semua persyaratan ini wajib Anda bawa ketika ingin mengajukan pinjaman dana. Tidak hanya itu, Anda juga harus membawa mobil yang akan dijadikan jaminan. Mobil tersebut nantinya akan dilakukan gesek nomer rangka dan nomer mesin untuk menyesuaikan dengan STNK nya. Selain itu foto mobil juga akan diambil untuk kebutuhan dokumen.

4. Lama Proses Pengajuan Pinjaman

Lama proses pengajuan pinjaman juga patut untuk Anda perhatikan. Secara umum proses pengajuan pinjaman untuk mobil tahun 95 tidak terlalu lama yaitu hanya sekitar sekitar 1-2 hari saja. Hal ini biasanya tergantung dari kelengkapan data yang Anda sampaikan ketika dilakukan survei oleh pihak pemberi pinjaman.

5. Dana Diterima Full Atau Tidak

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika ingin gadai BPKB mobil tahun 95 adalah jumlah pinjaman yang Anda ajukan bisa diterima 100% atau tidak. Untuk hal ini, biasanya ada potongan resmi yang ditetapkan yaitu sebesar 250 ribu untuk biaya administrasi. Potongan ini akan dilakukan ketika Anda menerima uang pinjaman.