avatardisplay_general
DISITU
13 Jul 2018

Seputar Hukum Gadai Mobil Rental Yang Harus Diketahui

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180713/Hal Hal Seputar Hukum Gadai Mobil Rental Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Seiring dengan semakin menjamurnya usaha rental mobil, kejahatan yang mengintainya pun turut berkembang. Banyak kasus dimana rental mobil menjadi korban dari pencurian, penipuan maupun penggelapan mobil. Kasus-kasus inilah yang sebenarnya harus Anda waspadai. Memang pada akhirnya banyak pelaku yang terancam hukuman bui, meskipun tak sedikit yang belum tertangkap. Biasanya mobil-mobil hasil kejahatan ini dijual dan yang paling sering adalah digadaikan. Anda harus waspada terhadap penyewa yang berpotensi melakukan tindak kejahatan ini. Selain itu Anda juga harus tahu seputar hukum yang dapat menjerat pelaku. Mobil hasil kejahatan lebih sering digadaikan oleh pelaku. Untuk itu di sini akan dibahas terkait hukum gadai mobil rental yang akan menjerat pelaku kejahatan yang satu ini.

1. Dapat Dikenai Hukum Penggelapan

Terdapat banyak pasal-pasal yang biasanya digunakan jaksa untuk menuntut pelaku kejahatan. Untuk kasus yang satu ini biasanya pelaku dikenai pasal penggelapan. Ada dua pasal penggelapan yaitu pasal 372 KUHP dan 374 KUHP. Dalam kasus ini pelaku biasanya dikenai pasal 372 KUHP. Bagi pelanggar pasal ini sendiri dituntut dengan ancaman pidana paling lama sampai dengan empat tahun. Perbedaan pasal 372 dengan 374 adalah terkait dengan poin hubungan kerja. Jadi pada pasal 374 menekankan penggelapan pada barang yang ada pada pelaku karena hubungan kerja.

2. Dalam Kasus Lain Dapat Menjadi Penipuan

Selain dijerat dengan pasal penggelapan, pelaku dari kasus ini dapat juga dikenai pasal penipuan. Untuk pasal penipuan sendiri diatur dalam pasal 378 KUHP. Pasal ini berpotensi menjerat pelaku yang melakukan gadai mobil rental tanpa menggunakan identitas asli. Selain itu jika pelaku mengaku kepada pihak gadai mobil tersebut adalah miliknya juga berpotensi terjerat pasal ini.

3. Keputusan Pasal Tergantung Pengadilan

Jika pada poin satu dan dua kita membahas terkait penggelapan dan penipuan sekarang kita harus tahu kapan pasal-pasal tersebut diterapkan. Semua keputusan penerapan bergantung pada pengadilan. Hal ini biasanya terkait dengan sudut pandang dari kasus tersebut. Fakta-fakta yang didapat selama persidangan juga menjadi hal yang menentukan berjalannya proses hukum ini. Untuk terkait lebih lanjut tentang penerapan pasal dan hukum gadai mobil rental mungkin dapat langsung berkonsultasi pada pihak yang berwenang.

4. Ingat Pihak Rental Juga Harus Memiliki Izin

Ternyata tidak hanya pelaku saja yang berpotensi terkena hukuman. Salah satu sumber menyebutkan bahwa pihak rental memungkinkan terkena hukuman juga. Karena nantinya pihak rental juga akan dilihat terkait izin dan prosedur yang dilakukan. Jadi sebaiknya dipastikan dahulu jika memang pihak rental memiliki izin dan prosedur sesuai keputusan yang berlaku. Jangan sampai jika pihak rental akhirnya juga turut terjerat hukum akibat kasus yang merugikannya.

5. Penadah Juga Dapat Terkena Jeratan Hukum

Selain pihak rental dan pelaku ada satu pihak lagi yang berpotensi terkena hukuman. Pihak ini adalah pihak penadah. Ada satu kasus dimana penadah yang awalnya adalah saksi justru berakhir dengan menjadi tersangka. Biasanya karena pihak penadah dianggap bekerjasama untuk menggelapkan barang. Jadi ketika mendapat pengajuan gadai mobil sebaiknya Anda harus mengecek dahulu terkait berkas dan persyaratan lengkapnya. Jangan sampai ketidaktahuan justru mengantarkan Anda menemani pelaku di penjara.

Beberapa hal di atas adalah poin-poin seputar hukum gadai mobil rental yang harus Anda ketahui. Baik sebagai penyedia rental maupun perusahaan gadai Anda harus waspada tentang kejahatan ini. Utamanya bagi pihak rental yang memang memiliki potensi untuk terkena kejahatan. Pihak perusahaan gadai juga harus memastikan bahwa mobil yang digadaikan ke mereka merupakan mobil sah milik pihak yang menggadaikan. Jangan sampai justru membuat Anda menjadi ikut terjerat dengan hukum karena masalah tersebut.