avatardisplay_general
DISITU
31 Jul 2018

Perhatian Sebelum Melakukan Gadai Mobil Jepara

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180731/Hal Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Melakukan Gadai Mobil Jepara.jpg

Jepara merupakan salah satu daerah dengan jumlah pegadaian tinggi. Hal ini akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan uang mendapat pinjaman dengan cepat. Ada banyak jenis barang yang dapat dijaminkan. Asal masih memiliki nilai jual, barang apapun dapat dibawa ke pegadaian. Namun biasanya, pegadaian menentukan jenis barang yang dapat mereka terima. Lazimnya, barang yang dipilih seperti kendaraan bermotor dan alat elektronik. Di artikel ini, kami akan khususkan pembahasan pada topik gadai mobil Jepara.

Sebagai salah satu daerah di kawasan terpadat Indonesia, Jepara juga menjadi poros perekonomian Jawa. Karena padatnya demografi dan dinamisnya ekonomi, Jepara juga berpotensi menjadi daerah dengan banyak peristiwa penipuan. Salah satu ranah yang rawan adalah pegadaian. Supaya Anda tidak sampai tertipu saat menggadaikan mobil, perhatikan saran kami berikut ini.

Sebelum terlibat dalam gadai mobil Jepara, pikirkan lagi hal-hal berikut ini dengan baik. Jangan sampai Anda melewatkannya karena akibatnya bisa fatal.

1. Telusuri Identitas Pegadaian

Sebelum melakukan gadai mobil, pelajari identitas pegadaian yang Anda tuju. Mulai dari lama berdiri, siapa pendirinya, program-program yang ditawarkan, hingga track record masalah yang pernah dialaminya. Ini menjadi hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan akan melakukan gadai mobil. Tujuannya adalah untuk memastikan Anda memilih pegadaian yang benar-benar dapat dipercaya.

2. Pastikan Pegadaian Yang Dituju Berbadan Hukum

Setelah mempelajari identitas, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah badan hukum. Status badan hukum menjadi penanda apakah pegadaian beroperasi secara legal atau tidak. Selain tanda keresmian, keberadaan badan hukum memberi hak legal kepada Anda untuk menuntut pegadaian. Jika di kemudian hari ada pelanggaran dalam perjanjian. 

3. Pelajari Standar Prosedur Penggadaian

Prosedur standar yang banyak digunakan pegadaian antara lain membawa berkas identitas lengkap, surat penjaminan, hingga fisik barang yang dijaminkan. Ada banyak prosedur pegadaian yang melanggar ini. Misalnya dalam transaksi awal, meminta uang pangkal pada konsumen merupakan salah satu bentuk pelanggaran. Supaya tidak terkecoh, Anda perlu memahami betul prosedur pegadaian pada umumnya.

4. Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Ada pepatah yang pernah menyebut, “pengalaman adalah pelajaran terbaik”. Hal ini benar adanya. Sebelum Anda memilih suatu pegadaian untuk menjaminkan barang, coba dengar pengalaman orang lain yang pernah menjadi kustomernya. Dari mereka, Anda dapat mengenali pegadaian terlebih dulu dan dapat membuat pertimbangan ulang.

5. Pilih Pegadaian Yang Berbunga Rendah 

Meski tidak diperbolehkan, banyak pegadaian memanfaatkan kondisi “mepet” yang dialami kustomer. Pegadaian-pegadaian ini biasanya memasang bunga tinggi untuk penebusan jaminan. Praktik seperti ini berprinsip seperti rentenir. Pegadaian tidak mau mengembalikan benda yang dijaminkan sebelum uang plus bunga dibayarkan lunas. Maka dari itu, sebelum menggadaikan mobil, pilah pegadaian dengan cermat. Cari pegadaian yang tidak suka mempersulit kostumer dan memasang bunga rendah.

6. Memastikan Kondisi Mobil Yang Akan Digadaikan

Setelah membahas tentang memilih pegadaian yang tepat, poin ini membahas tentang diri Anda sendiri. Dalam gadai mobil apapun, entah gadai mobil Jepara atau lainnya, memastikan kelayakan barang adalah hal utama. Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik dan terawat sebelum digadaikan.

7. Menganalisis Harga Penjaminan Yang Tepat

Pegadaian akan selalu menafsir harga penjaminan di bawah harga jual. Ini tentu merugikan karena Anda menjamin barang dengan return yang tidak sepadan. Jadi sebelum gadai mobil, pelajari harga gadai mobil yang umum digunakan pegadaian di Jepara. 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu