avatardisplay_general
DISITU
28 Jul 2018

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Gadai Bpkb Motor

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201807/180728/65 Hal%20Yang%20Perlu%20Diketahui%20Sebelum%20Gadai%20Bpkb%20Motor.jpg

Di akhir-akhir ini banyak kita jumpai banyak Bank saling berlomba mencari orang yang lagi butuh hutangan. Namun lembaga tersebut Bukannya tanpa syarat dalam memberi pinjamannya itu. Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh si peminjam tersebut salah satunya adalah pinjaman gadai BPKB motor di Bank.

Pinjaman gadai dengan jaminan BPKB motor memang menjadi salah satu cara paling cepat untuk mendapat pinjaman uang. Namun bukan berarti menggadaikan BPKB seperti ini adalah hal yang biasa. Anda harus tahu dulu konsekuensinya terlebih dahulu mengenai gadai BPKB seperti ini.

Resiko Pinjaman Saat Gadai BPKB Motor Di Bank

Anda harus tahu terlebih dahulu resiko bahwa menggadaikan BPKB motor itu punya konsekuensinya juga. Misalnya kalau pinjaman Anda tidak terbayar sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan, maka BPKB dan Motor Anda bisa disita. Selain itu jika Angsuran tidak pernah tepat waktu maka dipastikan pelunasan Anda akan bertambah karena denda.

Namun buat Anda yang benar-benar lagi butuh uang, menggadaikan BPKB motor merupakan pilihan yang sangat tepat dan cepat. Hal seperti ini merupakan cara termudah bagi Anda yang tidak memiliki aset lain untuk dipinjamkan.

Syarat Pinjaman Gadai BPKB Di Bank

Dalam proses peminjaman uang di Bank tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada syarat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu seperti foto kopi KTP, BPKB dan dokumen identitas lainya. Setelah semua persyaratan lengkap, pihak dari Bank biasanya akan melihat kondisi fisik motor. Sebab fisik motor dari BPKB yang digadaikan tersebut, sangat mempengaruhi jumlah uang yang akan dipinjamkan kepada Anda.

Namun proses gadai BPKB motor tidak sesulit proses gadai sertifikat tanah yang persyaratannya lebih banyak. Sebab, jumlah uang pinjaman dari gadai sertifikat tanah lebih besar nominalnya dibandingkan dengan jaminan BPKB motor.

Tips Memilih Tempat Pinjaman Gadai BPKB Motor

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum pinjam uang dengan jaminan BPKB motor di Bank.

1. Pilih Perusahaan Jasa Peminjaman Yang Aman

Gadai Bpkb Motor

Akhir-akhir ini banyak lembaga pinjaman gadai BPKB motor sebagai jaminan. Pilihlah salah satu yang dari mereka yang menurut Anda paling aman dan terpercaya (kredible). Untuk lebih baiknya lagi, cari tahu apakah lembaga tersebut sudah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan) atau belum. Selain itu cek juga apakah lembaga tersebut sudah terdaftar di APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) atau tidak. Hal seperti ini untuk memastikan BPKB Anda bakal diletakkan di tempat yang aman.

2. Pilih Besaran Bunga Yang Paling Rendah

Gadai Bpkb Motor

Lembaga pembiayaan atau bank yang akan menampung jaminan BPKB motor menawarkan beragam bunga. Anda harus cermat dalam memilih dan menentukan tempat untuk menampung jaminan BPKB motor Anda. Tidak perlu mendatangi Bank satu per satu untuk mengetahui besaran bunganya. Cukup browsing lewat internet Anda akan tahu di mana Bank yang menawarkan pembiayaan dengan bunga yang rendah.

3. Perhatikan Ketentuan Pinjaman Dari Bank

Gadai Bpkb Motor

Selain persyaratan yang lengkap, masih ada satu lagi yang harus Anda cermati yaitu ketentuan pinjaman dari Bank. Sebab dari pihak Bank sudah mempunyai kriteria agar seseorang bisa lolos dapat dari pinjaman. Bukan hanya itu saja, pihak Bank pun juga mempunyai ketentuan tersendiri usia BPKB motor yang akan dipinjamkan.

4. Gadai Online Jadi Alternatif

Gadai Bpkb Motor

Gadai Online merupakan pilihan alternatif yang tepat jika Anda tidak ada waktu luang untuk datang mengurus ke Bank secara langsung. Namun pelayanan ini bisa dibilang mudah, bisa juga dibilang susah. Karena kantor lembaga ini hanya ada di Jakarta saja. Bagi Anda yang di luar Jakarta sudah dipastikan akan sulit karena jarak dan tempat. Karena Anda akan diminta datang ke kantor secara langsung saat pencairan.

5. Pastikan Angsuran Tepat Waktu

Gadai Bpkb Motor

Tips terakhir untuk Anda yang akan melakukan pinjaman gadai dengan jaminan BPKB motor adalah memastikan angsuran tepat waktu. Jangan sekali-kali untuk menyepelekan hal ini, jika Anda tidak ingin pinjaman Anda terus menumpuk.