avatardisplay_general
DISITU
07 Jul 2018

Gadai Mobil Tanpa BPKB Bandung Menimbulkan Masalah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180707/Hati Hati Gadai Mobil Tanpa BPKB Bandung Bisa Menimbulkan Masalah Jika Dilakukan Di Tepi Jalan.jpg

Gadai mobil tanpa BPKB Bandung, bisa dilakukan jika Anda mengalami kesulitan dana sedangkan mobil yang Anda miliki masih kredit. Saat Anda kepepet oleh kebutuhan dana kadang memang tidak berfikir panjang dalam bertindak. Apapun dilakukan termasuk menggadaikan mobil tanpa BPKB karena masih kredit. Saat ini memang sangat mudah menggadaikan mobil walau tanpa BPKB, namun Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Jangan gadaikan mobil Anda yang tanpa BPKB karena masih kredit di pinggir jalan, karena akan menimbulkan masalah di belakang. Masalah-masalah yang bisa timbul karena Anda menggadaikan mobil tanpa BPKB di tepi jalanan Bandung akan diulas di bawah ini.

5 Masalah Yang Bisa Timbul Karena Gadai Mobil Di Tepi Jalan

Gadai mobil tanpa BPKB Bandung di tepi jalan bisa menyebabkan banyak masalah timbul yang harus Anda hadapi di kemudian hari. Hal ini karena gadai mobil tanpa BPKB sebenarnya tidak boleh dilakukan di sembarang tempat apalagi di leasing pinggir jalan yang tidak jelas statusnya. Masalah yang mungkin akan timbul jika Anda melakukannya adalah:

1. Leasing Tepi Jalan Tidak Diawasi OJK

Memang menurut peraturan setiap lembaga keuangan harus di bawah pengawasan OJK sebagai legalitasnya. Tapi sayangnya banyak sekali leasing di pinggir jalan, terutama di kota-kota besar yang beroperasi tanpa mengantongi ijin dari pemerintah. Mereka bertindak tidak sesuai aturan dan prosedur yang dibuat pemerintah mengenai lembaga keuangan pemberi pinjaman. Tapi mereka bekerja dengan aturan mereka sendiri. Jika Anda berurusan dengan leasing seperti ini lalu terjadi masalah di kemudian hari, maka Anda tidak bisa meminta bantuan dari pemerintah.

2. Bunga Bisa Sangat Tinggi

Walau sangat kepepet sebaiknya hindari leasing illegal di tepi jalan, karena bunga yang mereka kenakan tidak sesuai peraturan yang ada dan kelewat tinggi. Jika Anda terlanjur mengajukan pinjaman dan disetujui maka yang ada Anda akan menambah masalah baru bagi keuangan Anda. Hal ini karena Anda menambah beban biaya dengan adanya bunga pinjaman tinggi yang harus dibayar. Jadi mending Anda mengajukan pinjaman ke leasing yang sudah jelas namanya.

3. Jika Terjadi Kredit Macet Jaminan Langsung Disita

Peraturan yang diterapkan oleh leasing di pinggir jalan memang peraturan yang mereka buat sendiri untuk mencari keuntungan semata. Mereka membuat peraturan tanpa melihat hukum yang berlaku, sehingga akan banyak merugikan Anda sebagai nasabahnya. Banyak leasing pinggir jalan yang menerapkan langsung sita barang apabila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran. Juga dalam proses penyitaan mereka masih melibatkan debt collector walaupun hal itu sudah dilarang dalam undang-undang Fidusia. Jadi Anda seharusnya mencari leasing resmi yang bonafide dari pada mengalami banyak masalah.

4. Bisa Dilaporkan Penggelapan Barang Jaminan Oleh Leasing Tempat Anda Kredit Mobil

Mobil yang Anda gunakan sebagai jaminan adalah mobil yang belum memiliki BPKB, jadi kemungkinan ini bisa sangat mungkin untuk terjadi. Karena mobil yang masih dalam masa kredit (BPKBnya masih dijaminkan) tidak boleh digunakan sebagai barang jaminan pinjaman lagi (undang-undang Fidusia). Jadi jika Anda ketahuan leasing yang memberi pembiayaan kredit mobil Anda, akan menjadi masalah yang rumit. Hal paling buruk yang bisa terjadi adalah Anda bisa dilaporkan ke polisi dengan tuduhan penggelapan barang jaminan kredit.

5. Prosedur Tidak Jelas, Tidak Seperti Leasing Ternama Atau Bank

Jika Anda ingin mendapatkan dana pinjaman dengan mobil tanpa BPKB, tanpa masalah di belakangnya, pergilah ke bank atau leasing ternama. Di sana ada layanan yang bernama pinjaman take over, yang dikhususkan untuk mobil tanpa BPKB karena masih kredit.

Jadi Anda harus berhati-hati saat melakukan gadai mobil tanpa BPKB Bandung, agar tidak mengalami masalah di kemudian hari.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu