avatardisplay_general
DISITU
29 Nov 2017

Hindari Bangkrut Sepulang Liburan

20.dengan gadai bpkb motor,hindari bangkrut saat liburan

Untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari, sebagian orang memilih liburan sebagai alternatif untuk mengistirahatkan dan menyegarkan pikiran. Entah itu berlibur di dalam negeri maupun ke luar negeri. Tetapi, saat Anda berencana untuk berlibur, berarti Anda juga harus siap untuk mengeluarkan uang lebih. Seringkali saat sedang berlibur, kita rela mengeluarkan banyak uang tanpa berpikir panjang. Dan akhirnya, tanpa kita sadari tabungan kita sudah terkuras. Namun, sebenarnya Anda tidak harus mengeluarkan uang terlalu berlebihan ketika liburan. Sehingga Anda tetap bisa menabung dan tidak kehabisan uang ketika pulang dari liburan. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat melakukan pinjaman dana

Lalu bagaimana cara agar Anda tidak “bangkrut” ketika liburan?

 

Hitung dan siapkan budget secukupnya
Sebelum memutuskan untuk pergi liburan, cari tahu terlebih dahulu kemana tujuan Anda. Setelah itu hitung dan siapkan biaya yang sekiranya Anda perlukan selama liburan. Usahakan jangan terlalu berlebihan, karena akan membuat Anda boros. Lebihkan saja sedikit biaya Anda untuk kebutuhan tidak terduga.

Membeli tiket liburan jauh-jauh hari
Ada baiknya Anda memikirkan rencana berlibur Anda secara matang. Terutama dalam hal membeli tiket. Belilah tiket liburan Anda jauh sebelum mendekati tanggal liburan Anda. Karena biasanya, harga tiket akan lebih mahal jika dipesan dalam waktu yang dekat dengan jadwal keberangkatan. 

Atur jadwal liburan Anda, dari berangkat hingga pulang
Jika Anda tidak ingin "bangkrut" setelah liburan Anda, pastikan juga Anda sudah menentukan tempat-tempat apa yang ingin Anda kunjungi. Jika sudah, carilah informasi mengenai tempat tersebut dan biaya apa saja yang harus Anda keluarkan disana. Tentukan jadwal liburan Anda dengan estimasi waktu dan rute yang pas. Jangan sampai waktu dan uang Anda terbuang karena harus bolak-balik di perjalanan karena salah menyusun jadwal.

Jangan menggunakan kartu kredit
Simpanlah kartu kredit Anda ketika liburan. Kartu kredit seringkali hanya akan menjerumuskan Anda untuk mengeluarkan biaya lebih besar daripada yang seharusnya. Walaupun mudah digunakan untuk bertransaksi, namun kartu kredit membuat Anda tidak sadar berapa banyak uang yang sudah Anda gunakan. Membawa uang tunai jelas akan memudahkan Anda dalam mengontrol dan menghitung pengeluaran selama berlibur.

Jangan terlalu sering makan di restoran mewah
Jika Anda sudah memutuskan untuk berlibur dan menghemat pengeluaran Anda, maka ada baiknya jangan terlalu sering makan di cafe-cafe atau restoran mewah salama berlibur. Makan di restoran mewah memang akan membuat Anda nyaman, namun jika terlalu sering, kemungkinan hanya akan menghabiskan biaya yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk keperluan lainnya. Carilah tempat makan yang sesuai dengan budget Anda. 

Tentukan biaya transportasi
Saat tiba di lokasi berlibur, Anda tentu butuh transportasi untuk mengantar Anda ke tempat-tempat tujuan Anda. Sesuaikan budget Anda untuk biaya transportasi yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin lebih hemat, ada baiknya Anda memilih transportasi lokal yang ada. Namun jika Lokasi tujuan memang terlalu jauh dari satu tempat ke tempat yang lain, dan sulit untuk menemukan transportasi lokal, cobalah siapkan budget untuk menyewa kendaraan pribadi.

Pilih tempat penginapan murah dan strategis
Sebagian orang lebih memilih menginap di hotel mewah saat sedang berlibur dengan alasan kenyamanan, kebersihan dan sebagainya. Namun tentu saja Anda harus rela mengeluarkan uang lebih untuk itu. Padahal sekarang sudah banyak penginapan atau homestay yang nyaman, bersih dan sangat terjangkau harganya jika Anda memang ingin berhemat saat liburan. Selain itu, ada baiknya apabila Anda memilih tempat menginap yang dekat dengan tempat tujuan wisata Anda, agar bisa menghemat waktu dan biaya Anda.

Jangan membeli oleh-oleh terlalu banyak dan pintar menawar
Jika memang ingin berhemat saat liburan, maka hindari untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah yang terlalu banyak. Namun jika Anda memang harus membeli oleh-oleh yang cukup banyak untuk rekan-rekan Anda, maka sebaiknya pintar-pintarlah menawar (jika memungkinkan untuk menawar. Karena jika tidak menawar, maka kemungkinan Anda akan dikenakan biaya yang lebih tinggi, karena Anda adalah turis bukan warga lokal.