avatardisplay_general
DISITU
09 Jun 2018

Ingin Bisnis Ayam Petelur? Ini Rincian Modal Bisnisnya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180609/Ingin Bisnis Ayam Petelur Pelajari Rincian Modal Bisnis Ayam Petelur Ini.jpg

Ternak ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk anda geluti sebagai usaha. Hal tersebut dikarenakan permintaan telur ayam yang setiap hari kian naik, bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Ternak ayam petelur ini memiliki dua keuntungan sekaligus, selain telur ayam yang dihasilkan menjadi bisnis pokok, ayam petelur yang sudah tua atau yang sudah tak mampu menghasilkan telur ayam, dapat dijual dengan sistem per ekor ayam atau dagingnya.

Dua keunggulan tersebutlah yang menjadi modal utama membangun niat bisnis ayam petelur bagi calon peternak ayam petelur. Dalam setiap kali panen, peternak ayam petelur dapat meraup keuntungan bersih hingga mencapai ratusan juta.
Meskipun memiliki keunggulan dan prospek yang begitu cerah, tetapi usaha ternak ayam petelur ini tak memiliki modal yang cukup besar. Bagi anda yang penasaran dengan usaha ternak ayam petelur, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara ternak ayam petelur beserta dengan rincian modal secara lengkap

Butuh Kredit Tanpa Agunan? Ajukan dan Bandingkan melalui DISITU.com

Produk KTA Terbaik

Cara Beternak Ayam Petelur

1. Kandang Ayam Elektronik / Modern

cara beternak ayam petelur

Langkah pertama untuk memulai usaha ternak ayam petelur adalah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan untuk mendukung budidaya ayam petelur. Untuk memudahkan dalam proses usaha, calon peternak ayam petelur harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu wujud perkembangan teknologi dalam budidaya ayam petelur adalah penggunaan kandang ayam petelur dalam bentuk yang lebih modern yaitu kandang ayam elektronik.

Cara membuat kandang ayam petelur ini dapat dikatakan sangat mudah karena hanya membutuhkan sistem baterai sebagai pelengkap kandang ayam petelur anda. Seperti pengambilan telur ayam, telur bersih, terbebas canibal, udara lancar, resiko kerugian telur ayam rendah, dan masih banyak lagi. Bahan yang ringan dan dijual per set yang dapat diisi 8 ekor ayam. Untuk harga sendiri Anda bisa membelinya mulai dari harga Rp 130.000 per set. Apabila Anda ingin memulai dengan bibit ayam sebanyak 100 ekor biaya kandang ayam petelur modern berkisar Rp 2.000.000,

2. Kandang Ayam Rumahan

cara beternak ayam petelur

Alternatif lain bagi peternak ayam petelur yang ingin memiliki kandang ayam petelur tetapi dengan modal yang kecil adalah menggunakan kandang ayam rumahan. Cara membuat kandang ayam rumahan ini cukup mudah tetapi memiliki kekurangan karena proses mengolah ayam petelur anda menjadi lebih sedikit susah.

Cara membuat kandang ayam yang pertama adalah dengan menyiapkan bambu dengan ukuran 40 cm persegi dan tinggi 30 cm persekat dengan isi 2 ekor ayam. Perbedaan dari kandang rumahan harus disesuaikan kondisi suhu yang bisa Anda ketahui dengan menambah alat termometer digital. Harga termometer berkisar Rp 100.000,-, sedangkan keseluruhan biaya kandang rumahan untuk 100 ekor ayam berkisar Rp 3.000.000,-. yang bisa Anda buat kandang ayam dengan ukuran 50 meter persegi

Baca Juga : Ini 5 Peluang Bisnis Sampingan yang Mudah di Jalankan

3. Bibit Ayam Pullet

cara beternak ayam petelur

Selain kandang ayam, salah satu peralatan yang dibutuhkan calon peternak ayam petelur untuk memulai usaha ternak ayam petelur adalah bibit ayam. Bibit ayam petelur bisa Anda cari sesuai keinginan Anda sendiri karena ada berbagai pilihan. Namun sangat disarankan untuk mengambil bibit ayam dengan usia pulletnya sekitar berumur 14 minggu.

Harga dari per-DOC ayam petelur seharga Rp 4.000,-. Untuk kualitas yang lebih baik Anda bisa menambah sedikit biaya yang sekaligus kualitas ayam yang lebih baik. Untuk kualitas platinum ayam petelur akan lebih kuat tahan daya tubuh terhadap cuaca. Biaya modal ayam dari pullet untuk 100 ekor ayam kira kira Rp 500.000,-

4. Bibit Ayam Siap Bertelur

cara beternak ayam petelur

Bagi calon peternak ayam petelur yang tidak ingin repot mengurus bibit ayam per ekornya dari kecil, terdapat solusi lain yaitu membeli bibit ayam yang siap menghasilkan telur ayam. Dengan keuntungan ternak yang Anda lakukan akan lebih cepat bertelur dan menghasilkan. Untuk modal awal ayam siap menghasilkan telur biaya 1 ekor ayam petelur biasanya Rp 50.000,-. Jadi untuk keseluruhan biaya modal bisnis ayam petelur pada bibit ayam berkisar Rp 5.000.000,-.

Baca Juga : 8 Bisnis yang Cocok dilakukan bareng Pasangan

5. Pakan Ayam

cara beternak ayam petelur

Salah satu cara ternak ayam yang selanjutnya adalah menyiapkan pakan ayam petelur yang mengandung banyak gizi, sehingga setiap ekor ayam yang anda budidayakan dapat menghasilkan telur ayam secara cepat dan berkualitas.

Modal awal bisnis ayam petelur yang juga lebih penting adalah terkait dengan pakan ayam petelur. Pakan yang standar terdiri dari konsentrat, jagung, dan dedak padi dengan campuran 35 %, 50 %, dan 15 %. Anda bisa mencampur secara merata agar dapat maksimal dan mudah di konsumsi ayam. Untuk biaya keseluruhan pakan ayam petelur sampai dapat panen adalah Rp 1.000.000,-.

Untuk perawatan ternak ayam petelur dapat berproduksi dengan kebutuhan pakan ayam petelur setiap harinya 110 gram per ekor. Jadi apabila Anda mulai ternak ayam petelur dengan modal ayam 100 ekor maka dapat diperkirakan penghasilan perhari 80 butir. Namun semua produksi tergantung kondisi dan kebersihan. Jadi secara keseluruhan hasil pendapatan setiap bulan yang akan diperoleh adalah Rp 500.000,- dengan tanpa karyawan.
Agar budidaya ayam petelur anda lancar dengan salah satu langkahnya adalah ayam petelur dapat menghasilkan telur ayam dalam jumlah banyak tetapi juga berkualitas yaitu dengan pemberian pakan secara rutin yaitu setiap 3 kali sehari, pagi, siang, dan menjelang malam.

Bagi anda yang ingin memulai ternak ayam petelur mencoba dengan modal ayam petelur yang sudah dijelaskan di atas dengan biaya sedikit. Anda cukup memulai modal bisnis budidaya ayam petelur dengan modal sebesar Rp 11.000.000,-. Semua tergantung Anda bisa mulai dengan berbagai pilihan yang bisa Anda pilih untuk modal pakan ayam petelur maupun kandang.

Baca Juga : Rincian Modal Bisnis Ayam Potong, Ayo simak!

Usaha Ternak Ayam Kampung

Selain budidaya ayam petelur, usaha lain yang tak kalah menarik dan memiliki prospek cukup bagus adalah usaha ternak ayam kampung. Bahkan dapat dikatakan bahwa usaha ternak ayam kampung ini lebih mampu menghasilkan laba yang tinggi dibandingkan dengan usaha ternak ayam petelur.

Hal tersebut dikarenakan harga telur ayam kampung yang relatif cukup mahal karena khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, daging ayam kampung pun memiliki harga dan peminat yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan daging ayam petelur. hal tersebut dikarenakan kandungan lemak dalam daging ayam kampung lebih sedikit apabila dibandingkan dengan daging ayam petelur.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu