05 June 2018 00:00

Ingin Gadai BPKB Motor Plat Luar Daerah, Bisa Kok, Ini Dia Syarat Dan Ketentuannya

DISITU

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Gadai BPKB motor plat luar daerah memang bisa dilakukan. Salah satu lembaga keuangan yang menerima pinjaman tersebut adalah lembaga pembiayaan non bank seperti pinjaman online dengan produknya kredit multiguna. Dengan catatan, pinjaman online tersebut bekerjasama dengan instansi keuangan yang memiliki cabang di daerah yang sesuai dengan motor plat luar daerah tersebut. Namun, sebelum Anda mengajukan pinjaman tersebut, ada baiknya Anda mempelajari syarat dan ketentuan gadai BPKB motor terlebih dahulu. Berikut ulasan selengkapnya : 

1. Maksimum Umur Kendaraan 7 Tahun

Pada umumnya, lembaga pembiayaan akan menetapkan umur kendaraan yang bisa digunakan sebagai jaminan. Setiap lembaga pembiayaan memang menetapkan kebijakan yang berbeda terkait hal ini. Namun biasanya umur kendaraan yang bisa dijadikan jaminan berkisar antara 5 sampai 7 tahun dari batas akhir tenor pengajuan pinjaman yang Anda lakukan.

2. Pengajuan Pinjaman Minimum Rp 1 Juta

Ketentuan berikutnya yaitu adanya minimum pinjaman. Biasanya lembaga pembiayaan online akan menetapkan minimum pinjaman sebesar Rp 1 juta. Jika kurang dari nominal tersebut, kemungkinan besar pinjaman Anda ditolak.

3. Tenor Pinjaman 1 Sampai 5 Tahun

Ketentuan lainnya terkait tenor pinjaman. Pada umumnya lembaga pembiayaan online akan menetapkan tenor pinjaman 1 sampai 5 tahun. Nah, tenor tersebut akan berpengaruh pada besarnya cicilan per bulan. Oleh karena itu, Anda wajib memilih tenor dengan pemikiran yang bijak dan cicilan dengan kemampuan Anda.

4. Melengkapi Dokumen

Ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk keperluan pengajuan pinjaman dengan gadai BPKB motor plat luar daerah. Jika tidak lengkap, bukan tidak mungkin pinjaman Anda akan ditolak. Apa saja dokumen tersebut? Secara umum beberapa persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

a. BPKB Asli

Persyaratan pertama yang dibutuhkan tentu saja BPKB asli dari motor yang Anda gunakan sebagai jaminan. Memang BPKB akan diminta oleh pihak lembaga pembiayaan yang akan Anda tuju. Namun, Anda tak perlu khawatir karena BPKB tersebut akan dijamin keamanannya oleh pihak kreditur.  

b. Kartu Tanda Pengenal (KTP)

Syarat berikutnya yang diminta pihak kreditur adalah KTP Anda dan pasangan (jika sudah menikah). Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar sanggup untuk membayar kembali pinjaman dana yang nantinya dicairkan. Selain itu, KTP pasangan juga diperlukan sebagai tanda bahwa pasangan Anda mengetahui pinjaman tersebut. Selain itu, pastikan alamat dalam KTP tersebut sesuai dengan tempat tinggal Anda sekarang. Jika tidak sesuai, Anda dapat membuat surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan yang Anda tempati sekarang.

c. Akta Nikah

Jika Anda sudah menikah, Anda juga akan diminta untuk melampirkan akta nikah Anda dan pasangan. Hal ini digunakan agar lembaga pembiayaan mengetahui bahwa harta yang Anda miliki merupakan harta bersama. Jika kondisinya demikian, tentu kedua belah pihak harus mengetahui pinjaman tersebut dan jika suatu hari nanti ada masalah yang tidak diinginkan, konfirmasi dapat dilakukan tanpa ada kendala.

d. Slip Gaji

Syarat selanjutnya yaitu slip gaji 3 bulan terakhir. Mengapa slip gaji diperlukan sebagai syarat? Karena slip gaji tersebut dapat menunjukkan pendapatan Anda tiap bulannya dan memperhitungkan kesanggupan Anda dalam membayar pinjaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mengajukan pinjaman yang sesuai dengan pendapatan Anda.

e. Fotokopi Rekening Tabungan

Rekening tabungan juga diperlukan dalam mengajukan pinjaman. Biasanya lembaga pembiayaan meminta dokumen tersebut untuk melihat transaksi yang Anda lakukan selama 3 bulan terakhir. Selain itu, kemampuan finansial Anda dapat terlihat dengan jelas dari fotokopi rekening tabungan tersebut.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan jika Anda ingin mengajukan pinjaman kredit multiguna dengan gadai BPKB motor plat luar daerah Anda. Nah, jika Anda bingung mencari lembaga pembiayaan online yang tepat dan terpercaya, disitu.com bisa jadi solusi Anda. disitu.com bekerjasama dengan banyak institusi keuangan sehingga ada banyak pilihan produk pinjaman yang bisa Anda pilih. Selain itu, pencairan dananya cepat dengan syarat yang mudah.

Wirausaha-Sukses