DISITU
17 Jul 2018

Ingin Gadai BPKB Motor Untuk Mendapatkan Dana Pinjaman, Pahami 5 Hal Penting Berikut Ini!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180717/Ingin Gadai BPKB Motor Untuk Mendapatkan Dana Pinjaman Pahami 5 Hal Penting Berikut Ini.jpg

Anda mungkin pernah dengar ataupun melihat banyak iklan yang menawarkan pinjaman dengan gadai BPKB motor. Banyaknya iklan yang menawarkan sebuah produk pihak pembiayaan menjadikan Anda harus mengeram dan memahami biaya pinjaman saat ingin gadai BPKB motor ini. Tentunya ketika Anda tidak ingin kehilangan kendaraan yang BPKBnya dijadikan jaminan. Nah, ketika Anda ingin melakukan pinjaman tersebut, alangkah lebih baik pahami beberapa hal penting ini saat ingin gadai sebuah BPKB motor. Berikut 5 langkah penting tersebut :

1. Saat Ingin Mengajukan Sebuah Pinjaman

Baik secara konvensional maupun melalui sistem online, Anda akan dituntut untuk membuat sebuah permohonan pinjaman. Hal penting ketika ingin mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB motor ini antara lain :

a. Meninjau Persyaratan Pinjaman

Pemberi pinjaman akan memberitahu syarat apa saja yang harus Anda lengkapi untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Syarat tersebut meliputi syarat dokumen, biaya keterlambatan, biaya originasi pinjaman maupun syarat lainnya. Sebuah persyaratan yang mudah biasanya akan lebih Anda temukan ketika menggunakan jasa pinjaman online. selain akan lebih efisien waktu, Anda juga dapat membandingkan mana tawaran pinjaman yang lebih murah dengan taksiran yang besar. Salah satu situs pinjaman online tersebut seperti disitu.com ataupun situs yang sudah terkenal lainnya. 

b. Waspadai “add-on” Yang Dapat Meningkatkan Pinjaman

Selain pinjaman, Anda mungkin harus membeli add ons seperti biaya rencana untuk mendapatkan pinjaman. Besarnya biaya rencana ini tergantung dengan nilai pinjaman yang ada. Jika add-on ini diperlukan, mereka menjadi sebuah bagian dari biaya keuangan. Selain itu, hal tersebut juga dapat terbilang besar serta menambah jumlah yang signifikan pada pinjaman Anda. untuk itu, pahami dan tanyakan mengenai biaya rencana tersebut pada pihak pembiayaan yang ingin Anda pilih.

2. Pinjaman Dengan Bunga Yang Mahal

Ketika Anda ingin gadai BPKB motor, tentunya akan dikenakan sebuah bunga dalam pinjaman Anda. pemberi pinjaman akan mengenakan biaya rata-rata 25% perbulan untuk membiayai pinjaman. itu berarti, uang yang Anda kembalikan saat menggunakan pinjaman tersebut akan lebih tinggi dengan tingkat perbandingan yang banyak. Tentunya tergantung pada biaya tambahan yang diperlukan oleh pemberi pinjaman.

3. Mengetahui Opsi Pembayaran Yang Digunakan

Biasanya Anda memiliki 3 opsi dalam melakukan pembayaran pinjaman tersebut. Baik secara langsung, melalui sistem online, maupun pembayaran otomatis. Pembayaran otomatis ini ketika Anda memberi kuasa kepada pemberi pinjaman untuk mengambil pembayaran rutin langsung dari pihak bank atau kartu debit Anda saat pembayaran jatuh tempo. Pemberi pinjaman tidak dapat melakukan debit otomatis jika berulang kecuali jika Anda menyetujui sebelumnya untuk transfer antar bank tersebut.

4. Ketentuan “Roll Over”

Jika Anda tidak dapat melakukan pembayaran atau melunasi pinjaman yang ada, kreditur akan memungkinkan untuk menawarkan dengan menggulirkan pinjaman kedalam pinjaman yang baru. Namun, proses roll over ini selalu menambah biaya dan bunga yang harus Anda bayarkan. Jika jumlah yang tersisa digulirkan dalam pinjaman baru, tentu akan menambah jumlah yang awalnya Anda pinjam. Jika Anda tidak bisa membayar pinjaman Anda, tentunya pihak kreditur akan melakukan penarikan kendaraan motor yang Anda jaminkan.

5. Kepemilikan Kembali

Jika motor Anda telah diambil alih, Anda tidak hanya kehilangan kendaraan Anda saja. Hilangnya motor Anda tentu disebabkan oleh tidak adanya kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran angsuran. Hal tersebut akan sangat berimbas pada masuknya Anda pada daftar hitam atau blacklist dalam catatan Bank Indonesia. Hal tersebut akan menjadikan Anda semakin sulit ketika suatu saat ingin berhubungan dengan bank untuk melakukan sebuah pinjaman.

Beberapa hal penting tersebut, tentu menjadikan pemikiran tersendiri bagi Anda ketika ingin gadai BPKB motor untuk mendapatkan sebuah pinjaman. Perlunya pemahaman sebelum Anda benar-benar action serta memilih pihak kreditur yang benar-benar bisa membantu menstabilkan kondisi keuangan Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu