avatardisplay_general
DISITU
03 Jul 2018

Gadai Mobil Bekasi, Ini 5 Syarat Dan Cara Pinjamannya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180703/Ingin Gadai Mobil Bekasi Ini 5 Syarat Dan Cara Pengelolaan Pinjamannya.jpg

Gadai mobil sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh sebagian masyarakat Bekasi. Apakah Anda salah satu orang yang akan melakukan hal tersebut? Jika iya, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi seperti fotokopi KTP dan menyerahkan BPKB mobil asli. Nah, jika pengajuan pinjaman sudah diterima, ada beberapa cara pengelolaan pinjaman yang perlu Anda tahu. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai syarat dan cara pengelolaan pinjaman gadai mobil Bekasi tersebut :

Syarat Pinjaman Dana Gadai Mobil

Setiap lembaga pembiayaan pasti memiliki persyaratan tertentu yang ditujukan bagi orang yang akan mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB mobil. Pada umumnya, setiap lembaga memiliki persyaratan yang berbeda. Namun, ada beberapa persyaratan umum yang biasanya ditetapkan oleh lembaga pembiayaan. Beberapa persyaratan umum tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP atau identitas lainnya

  • Fotokopi Akta Nikah (jika sudah menikah)

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi PBB selama 2 tahun terakhir

  • Menyertakan slip gaji atau keterangan penghasilan

  • Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir atau fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir

  • Fotokopi STNK dan BPKB asli

Selain persyaratan umum di atas biasanya Anda akan dikenakan persyaratan tambahan jika Anda seorang pebisnis. Beberapa persyaratan tersebut yaitu fotokopi surat keterangan izin usaha, NPWP, TDP, SPT, dan SIUP. Sedangkan, bagi seorang profesional. Anda akan diminta menambah fotokopi izin praktik.

Cara Pengelolaan Pinjaman Gadai BPKB Mobil

Jika pengajuan pinjaman Anda telah diterima, Anda wajib mengelola pinjaman gadai mobil Bekasi tersebut dengan bijak. Berikut beberapa cara pengelolaan tersebut :

1. Gunakan Dana Sesuai Tujuan Awal

Pada umumnya, bank akan mencairkan dana pinjaman 50 % sampai 70% dari nilai mobil yang Anda jaminkan. Semakin baru tahun keluaran mobil Anda, semakin besar kemungkinan pencairan dana yang dapat Anda terima. Meski demikian, Anda harus tetap berkomitmen untuk menggunakan dana sesuai dengan tujuan awal. Akan lebih baik lagi jika Anda mencairkan dana sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan sehingga beban hutang Anda tidak terlalu berat.

2. Jika Dana Lebih, Jangan Dihamburkan

Nah, jika Anda mengambil semua dana yang bisa dicairkan, Anda tidak boleh menghamburkan dana pinjaman tersebut. Anda harus ingat jika uang pinjaman tersebut harus Anda kembalikan dengan membayar angsuran tiap bulannya. Gunakan uang tersebut dengan bijak. Akan lebih baik jika dana lebih tersebut disimpan sebab bukan tidak mungkin ada kebutuhan mendesak lain nantinya.

3. Kelebihan Dana Bisa Digunakan Untuk Investasi Dan Usaha

Jika memang ada dana lebih, akan lebih baik jika Anda menggunakannya untuk investasi seperti membeli emas, deposito, atau reksadana. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Ada banyak usaha yang dapat Anda lakukan dengan modal kecil. Beberapa diantaranya yaitu laundry, toko pakaian, konter, percetakan, kelontong, dan lain sebagainya. Hal ini tentu jauh lebih bermanfaat daripada hanya menyimpan uang di rumah atau menghamburkannya untuk memenuhi keinginan Anda.

4. Upayakan Menyiapkan Dana Khusus Untuk Angsuran

Dana khusus untuk angsuran juga perlu Anda siapkan. Dengan demikian, Anda tidak akan telat membayar angsuran setiap bulannya. Jika angsuran Anda selalu macet, Anda bisa masuk daftar black list sehingga Anda akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari.

5. Jika Memiliki Dana Cukup, Tutup Pinjaman Secepatnya

Cara mengelola uang dengan gadai mobil Bekasi selanjutnya adalah sesegera mungkin menutup pinjaman. Sebab, ada beberapa lembaga pembiayaan yang memperbolehkan penutupan pinjaman sebelum jangka waktu pinjaman berakhir. Selain itu, ada juga lembaga pembiayaan yang tidak mengizinkannya. Jika hal ini terjadi, Anda bisa saja tetap melunasi pinjaman tetapi kemungkinan besar Anda akan dikenakan pinalti. Namun, pinalti tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga dan biaya lain yang harus Anda bayarkan tiap bulan.