avatardisplay_general
DISITU
02 Jul 2018

Ingin Gadai Mobil Bogor, Simak 5 Tips Ini Dulu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180702/Ingin Gadai Mobil Bogor Simak 5 Tips Ini Dulu.jpg

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui jika akan melakukan gadai mobil Bogor. Salah satunya adalah mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda meminjam melebihi kebutuhan tentu beban yang Anda tanggung semakin berat. Bahkan, bukan tidak mungkin pinjaman  tersebut bukan menyelesaikan masalah tetapi justru dapat menambah masalah dan memperburuk ekonomi Anda. Selain itu, masih ada beberapa tips lain yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pilih Lembaga Pembiayaan Profesional

Gadai mobil bukanlah suatu perkara kecil sebab nilai aset yang Anda jaminkan tersebut cukup besar. Oleh karena itu, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih lembaga pembiayaan. Pilihlah lembaga pembiayaan profesional sehingga aset berharga yang Anda jaminkan nantinya dijaga dengan baik dan terhindar dari masalah suatu saat nanti.

Ada beberapa indikasi yang dapat Anda lihat untuk memilih lembaga pembiayaan yang profesional. Beberapa indikasi tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Memiliki popularitas tinggi dan baik

  • Dipercaya masyarakat sehingga memiliki banyak cabang

  • Mempunyai kredibilitas baik

  • Mendapat izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  • Terdaftar di Asosiasi Perhimpunan Pembiayaan Indonesia (APPI)

  • Banyak cara pembayaran angsuran yang digunakan sehingga memudahkan nasabah

  • Rekening yang digunakan atas nama perusahaan bukan pribadi

2. Bandingkan Biaya Antar Lembaga Pembiayaan

Jika Anda sudah memperoleh daftar lembaga pembiayaan yang profesional, tips selanjutnya adalah membandingkan biaya antar lembaga pembiayaan tersebut. Sebab, antara lembaga pembiayaan yang satu dengan yang lainnya memiliki kebijakan yang berbeda. Sebagai calon debitur, Anda tentu harus pandai memilih lembaga pembiayaan yang paling tepat. Pilihlah lembaga pembiayaan yang paling memberikan Anda keuntungan. Biaya yang dapat Anda bandingkan diantaranya yaitu biaya administrasi, asuransi, dan provisi. Beberapa biaya tersebut akan sangat mempengaruhi biaya angsuran yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

3. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Tips gadai mobil Bogor selanjutnya yaitu mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Pada umumnya, suatu lembaga pembiayaan hanya akan mencairkan dana 50% sampai 70% dari mobil yang Anda gunakan sebagai jaminan. Meski pinjaman yang bisa Anda dapatkan melebihi kebutuhan Anda, akan lebih baik jika Anda tetap meminjam dana sesuai kebutuhan.

Anda harus selalu ingat bahwa pinjaman yang Anda dapatkan adalah sebuah hutang dan harus dibayar sesegera mungkin. Jika Anda meminjam melebihi kebutuhan tentu beban yang Anda tanggung juga semakin berat. Bukan tidak mungkin hal tersebut dapat memperburuk kondisi Anda. Oleh karena itu, tetaplah berkomitmen untuk mencairkan dana sesuai kebutuhan saja.

4. Periksa Riwayat Kredit Anda

Tips selanjutnya adalah memeriksa kembali riwayat kredit Anda. Mengapa demikian? Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman Anda. Pihak bank atau lembaga pembiayaan akan melakukan pengecekan melalui Bank Indonesia terkait riwayat Anda tersebut. Setelah itu, riwayat Anda akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak lembaga pembiayaan untuk memberikan keputusan terhadap permohonan pinjaman Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak memiliki riwayat kredit yang macet. Selain itu, apabila Anda memiliki tagihan kartu kredit, akan lebih baik jika Anda melunasinya terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Dengan demikian, kemungkinan besar permohonan pinjaman Anda dengan gadai mobil akan diterima.

5. Bayar Angsuran Tanpa Terlewat

Tips gadai mobil Bogor selanjutnya adalah tidak boleh melupakan kewajiban Anda yaitu membayar angsuran tiap bulannya. Untuk itu, Anda harus mengelola uang yang Anda miliki dengan bijak. Dengan demikian, Anda dapat membayar angsuran dengan rutin tanpa kendala atau pun macet. Jika memang ada uang untuk melunasi angsuran, akan lebih baik jika Anda melunasinya secara langsung. Kemungkinan besar memang Anda akan dikenakan pinalti. Namun, biaya pinalti tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga dan biaya lain yang Anda harus bayarkan tiap bulannya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu