avatardisplay_general
DISITU
25 Jul 2018

Gadai Mobil Cikarang Full Atau Kredit, Ini Tahapannya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180725/Ingin Gadai Mobil Cikarang Full Atau Kredit Ini Tahapan Yang Harus Dilalui.jpg

Sedang mencari topik gadai mobil Cikarang? Anda membuka link yang tepat. Kami akan menyediakan informasi gadai mobil bagi Anda yang berdomisili di Cikarang. Namun jika Anda berdomisili di tempat lain, silakan terus membaca. Karena mungkin info ini bisa juga berguna buat Anda. Cikarang merupakan salah satu tempat perkembangan gadai mobil terbesar di Indonesia. Sebagai kota industri, laju perekonomian Cikarang terbilang tinggi. Sehingga gadai mobil memiliki prospek baik di sana. Entah itu gadai mobil full ataupun kredit. Barangkali Anda belum paham tahapan-tahapan melakukan gadai mobil? Dengan cara full atau kredit? Mari kita bahas sekarang.

Tahapan Melakukan Gadai Mobil Cikarang, Baik Full Atau Kredit

Secara umum, mitra gadai menetapkan syarat yang nyaris sama secara garis besar. Hanya biasanya berbeda dari segi bunga, tenor, atau cicilan yang dibayarkan. Untuk gadai mobil Cikarang, tahapannya juga tidak jauh berbeda. Baik dengan cara full atau kredit, berikut tahapan umum yang perlu dilakukan :

1. Menyerahkan Berkas-Berkas Identitas

Berkas-berkas identitas yang perlu diserahkan seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Nikah. Berkas-berkas ini digunakan supaya mitra gadai dapat mendokumentasikan identitas Anda dengan lebih lengkap. Selain itu, berkas-berkas ini juga digunakan untuk mempertimbangkan berapa banyak pinjaman dan bunga yang ditetapkan untuk Anda.

2. Melaporkan Jumlah Gaji

Pelaporan jumlah gaji dilakukan dengan menyerahkan bukti slip gaji (jika PNS/pekerja sektor formal) atau surat keterangan penghasilan (bagi pekerja sektor non-formal). Pelaporan jumlah gaji ini dilakukan untuk menentukan seberapa besar kapasitas Anda untuk membayar cicilan dan bunga. Jika dengan gaji yang tertera Anda tidak dianggap berkapasitas, maka sangat mungkin akan ditolak.

3. Melengkapi Surat-Surat Mobil Yang Tersedia

Jika mobil Anda sudah lunas, sertakan semua surat-surat kepemilikan mobil ke mitra gadai. Termasuk STNK dan BPKB. Jika belum lunas, maka sertakan struk pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya.

4. Menyerahkan Mobil Jaminan

Jelas. Namanya saja menggadaikan mobil. Jika Anda ingin menerima dana untuk menambal keteteran finansial, maka Anda harus rela mobil Anda “disekolahkan”. Ini merupakan syarat pakem yang digunakan mitra gadai sejak dulu. Jika tidak mau melakukannya, silakan cari mitra pinjam uang saja.

5. Bersedia Disurvei Dan Menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)

Sebelum menerima, mitra gadai akan melakukan survei terlebih dulu mengenai mobil yang akan dijaminnya. Mulai dari tipe, tahun keluaran, frekuensi kerusakan, dan harga pasar. Baru setelah itu, mitra gadai bisa menentukan berapa harga jaminan yang layak untuk mobil Anda.

Setelah menyerahkan semua berkas dan mobil jaminan, Anda akan diminta menandatangani surat perjanjian. Surat ini disebut Surat Bukti Kredit. Di dalam surat tersebut, tercantum semua hak dan kewajiban masing-masing pihak. Jika terjadi pelanggaran setelah surat ditandatangani, maka pelanggarnya akan dijatuhi hukuman perdata.

 

Gadai Mobil Full VS Kredit, Mana Yang Lebih Baik?

Ada banyak perdebatan mengenai mana yang lebih baik, antara gadai mobil dengan cara full atau kredit. Gadai mobil full memberi kemudahan di awal. Karena setiap peraturan dan transaksi telah disandarkan saat kesepakatan awal. Beda halnya dengan gadai mobil kredit. Peraturan, SOP transaksi, bisa saja berubah-ubah di tengah kerja. Namun di sisi lain, gadai mobil kredit sangat menguntungkan saat kondisi terjepit.

Jadi, baik gadai mobil full maupun kredit memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Garis besar risikonya telah digambarkan. Sekarang, tinggal Anda yang memutuskan mana jenis gadai yang lebih menguntungkan. Yang jelas, tahapan-tahapan disebutkan di atas tidak boleh Anda tinggalkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu