avatardisplay_general
DISITU
02 Jul 2018

Ingin Gadai Mobil Di Bogor, Hindari 5 Kesalahan Ini

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180702/Ingin Gadai Mobil Di Bogor Hindari 5 Kesalahan Ini.jpg

Gadai mobil di Bogor sudah menjadi hal yang umum. Namun, tak sedikit orang yang melakukan beberapa kesalahan saat melakukan gadai tersebut. Salah satunya adalah menyerahkan BPKB pada saat survey. Padahal, penyerahan BPKB seharusnya dilakukan saat pengajuan pinjaman diterima. Hal itu pun dilakukan secara resmi oleh debitur kepada lembaga pembiayaan. Selain itu, masih ada beberapa kesalahan lain yang sering dilakukan saat gadai mobil. Kira-kira apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya :

1. Tergiur Rayuan Bunga Rendah

Banyak orang yang tergiur menggadaikan mobil di suatu perusahaan pembiayaan karena rayuan bunga rendah. Sebaiknya, Anda tidak melakukan hal yang sama. Percayalah jika semua iklan yang menarik hanyalah strategi mendapat banyak debitur. Sebab, tidak ada perusahaan pembiayaan yang ingin merugi dengan menunjukkan kekurangan perusahaan yang dimilikinya tersebut.

Memang banyak perusahaan pembiayaan yang melakukan promo bunga rendah atau mungkin tak ada bunga sama sekali. Namun, sebagai debitur Anda harus jeli dan tidak boleh mudah tergoda dengan promo tersebut. Teliti dan pelajarilah semua hal terkait gadai yang akan Anda lakukan. Nah, hal yang cukup penting adalah memeriksa biaya administrasi, asuransi, fidusia, dan biaya lainnya. Biasanya biaya beberapa hal tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan bunga yang diterapkan.

2. Gadai Fisik Mobil Buka BPKB

Tak sedikit masyarakat yang memilih untuk menggadaikan fisik mobil daripada BPKB. Namun, sebaiknya Anda menghindari risiko besar tersebut. Mengapa demikian? Sebab, yang akan Anda gadaikan bukanlah aset kecil dan membutuhkan perawatan ekstra.

Jika terpaksa Anda harus menggadaikan fisik mobil, Anda harus waspada terhadap perusahaan pembiayaan yang akan Anda tuju. Cek apakah perusahaan tersebut memiliki legalitas dan apakah memiliki fasilitas perawatan atau tidak. Jangan sampai jika saatnya pengambilan mobil kesayangan Anda, terjadi hal yang tidak diinginkan seperti lecet pada body mobil, penyok, atau kerusakan lainnya. Hal ini tentu sangat merugikan Anda sebagai debitur.

3. Melakukan Gadai Mobil Untuk Memenuhi Gengsi Atau Keinginan

Kesalahan gadai mobil di Bogor ini cukup sering dilakukan. Kerap kali debitur melakukan peminjaman bukan berdasarkan kebutuhan tetapi justru berdasarkan keinginan. Misalnya saja tetangga, teman, atau saudara pergi berlibur ke luar negeri, karena merasa gengsi Anda tentu tak ingin kalah. Karena tidak memiliki uang cukup, Anda mungkin berpikir untuk menggadaikan mobil.

Tahukah Anda melakukan gadai untuk memenuhi gengsi atau keinginan lainnya hanya memberikan Anda masalah baru dan membuat ekonomi Anda memburuk? Oleh karena itu, jangan sampai Anda menggadaikan mobil hanya untuk memenuhi keinginan saja.

4. Senang Karena Tidak Ada Survey   

Apakah Anda senang jika pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil yang Anda lakukan tidak ada survey dari lembaga pembiayaan yang Anda tuju? Padahal, jika hal ini sampai terjadi Anda harus waspada. Sebab, pinjaman terkait aset berharga dan dana dalam jumlah cukup besar ini berisiko cukup tinggi. Jadi, jika hal tersebut sampai terjadi, Anda perlu curiga dan harus menanyakannya kepada surveyor.

Jika pinjaman dilakukan tanpa adanya prosedur survey, besar kemungkinan surveyor tersebut memiliki masalah dengan lembaga pembiayaan yang Anda tuju tersebut. Jika penyelewengan benar terjadi, Anda mungkin akan ikut terkena masalah suatu saat nanti.

5. Menyerahkan BPKB Saat Survey

Kesalahan yang sering dilakukan saat gadai mobil di Bogor selanjutnya adalah menyerahkan BPKB saat survey. Bagi Anda yang masih awan dalam dunia pegadaian, Anda harus benar-benar mencermati hal ini. Prosedur gadai yang benar yaitu BPKB diserahkan pada saat pengajuan pinjaman Anda dengan menjaminkan mobil diterima. Penyerahan BPKB kepada lembaga pembiayaan yang Anda tuju pun dilakukan secara resmi tidak sembarangan.