avatardisplay_general
DISITU
29 Jul 2018

Ingin Gadai Mobil Jambi, Perhatikan Aturan-Aturan Ini

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201807/180729/30 Ingin%20Gadai%20Mobil%20Jambi,%20Perhatikan%20Aturan Aturan%20Ini.jpg

Lembaga pegadaian memang berbeda dengan lembaga keuangan Bank. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjadi nasabah di pegadaian wajib mengetahui aturan-aturannya. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi setiap orang yang ingin mendaftarkan diri menjadi nasabah. Salah satu hal yang membedakan antara pegadaian dengan Bank adalah pengajuan pinjaman. Selain itu, syarat-syarat yang diberikan oleh pegadaian tidaklah sama dengan Bank, baik penggunaan jaminan maupun jangka waktunya. Bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi nasabah untuk gadai mobil Jambi, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu aturan yang berlaku. Lalu apa saja aturan gadai mobil Jambi? Simak ulasan berikut ini.

1. Biaya Administrasi

Gadai Mobil

Biaya administrasi merupakan hal yang umum pada setiap transaksi, termasuk juga pada barang di pegadaian. Di pegadaian, biaya administrasi yang ditentukan tidaklah sama setiap transaksinya. Jika transaksi yang dilakukan semakin besar, maka biaya administrasinya pun juga akan semakin besar. Namun sebaliknya, jika nilai pinjaman yang Anda ajukan jumlahnya kecil, maka biaya administrasinya pun juga kecil. Jadi besar dan kecilnya biaya administrasi itu tergantung dengan nilai pinjaman yang Anda ajukan. Biaya administrasi pada pegadaian, jika diangkakan adalah 1% dari nilai pinjaman. Untuk membayar biaya administrasi tersebut, Anda bisa membayarkannya secara tunai atau bisa juga dikurangi dari nilai pinjaman yang Anda terima.

2. Barang Jaminan

Gadai Mobil

Dalam hal pegadaian, barang menjadi hal yang sangat mutlak adanya dalam pengajuan pinjaman dana ke pegadaian. Setiap proses pengajuan pinjaman dana ke pegadaian, haruslah disertai dengan barang jaminan yang mempunyai nilai gadai. Barang jaminan yang Anda ajukan tersebut nantinya akan menjadi penentu berapa jumlah pinjaman dana yang akan cair di tangan Anda. Semakin berharga nilai barang gadaian Anda, maka semakin besar juga dana pinjaman yang akan cair.

3. Pelelangan

Gadai Mobil

Pelelangan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Karena, jika Anda tidak mampu untuk melunasi uang pinjaman tersebut, maka barang yang Anda gadaikan akan dilelang oleh pihak pegadaian. Waktu pelelangan biasanya sudah tertera jelas pada Surat Bukti Kredit (SBK) yang telah diberikan oleh nasabah. Akan tetapi, sebelum dilakukan pelelangan barang gadai, nasabah akan menerima informasi ulang melalui SMS ke nomor nasabah yang sudah tertera pada data nasabah pegadaian. Jika nasabah tersebut tidak memberikan respon dalam jangka waktu toleransi yang telah ditetapkan oleh pegadaian, maka barang gadai akan dilelang.

Jika terdapat sisa uang dari lelang arang gadai setelah digunakan untuk menutupi pinjaman nasabah, maka sisanya akan diberikan oleh nasabah. Namun, jika uang hasil lelang ternyata masih belum bisa menutupi pinjaman, maka nasabah harus segera membayar sisa tersebut.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Gadai Mobil

Mengajukan pinjaman dengan sistem gadai merupakan pinjaman singkat, sebab batas waktu yang ditentukan tidak lama. Berbeda dengan Bank yang memberikan batas waktu hingga tahunan. Pegadaian hanya memberikan jangka waktu 120 hari atau kurang lebih selama 4 bulan. Apabila jangka waktu tersebut telah terakhir, maka nasabah diharuskan untuk membayar atau menebus barang gadaian. Nasabah harus menebus barang gadai dan juga membayar bunga yang diartikan dengan sewa modal.

5. Pelunasan

Gadai Mobil

Nasabah bisa melakukan pelunasan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Artinya, pelunasan yang harus dilakukan oleh nasabah tidak boleh melebihi jatuh tempo. Jika Anda melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo, Anda akan memperkecil sewa modal atau bunga yang harus dibayarkan. Karena, bunga yang ditentukan tersebut dihitung setiap 15 hari.

Demikian adalah ulasan mengenai aturan gadai mobil Jambi yang bisa Anda pahami sebelum melakukan transaksi. Semoga dengan adanya ulasan tersebut, Anda menjadi semakin cermat untuk melakukan transaksi gadai mobil.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu