DISITU
20 Jun 2018

Ingin Gadai Mobil Serang, 5 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Permohonanmu Ditolak Lho

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Tak sedikit orang yang ingin melakukan gadai mobil di Serang untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun, tak sedikit pula orang yang ditolak permohonan pinjamannya oleh pihak gadai mobil Serang yang ditujunya. Penyebabnya bermacam-macam. Salah satunya yaitu adanya catatan buruk dalam BI checking. Berdasarkan catatan tersebut, pihak gadai tentu tidak mau mengambil risiko untuk menerima permohonan Anda. Selain itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan permohonan Anda ditolak. Apa saja faktor tersebut? Berikut ulasan selengkapnya :

1. Usia Mobil Tidak Terpenuhi

Banyak nasabah yang menganggap hal ini enteng. Apakah Anda salah satu dari mereka? Padahal, selisih satu tahun saja bisa membuat permohonan Anda ditolak lho. Mengapa demikian? Hal ini tak terlepas dari kebijakan perusahaan pembiayaan tersebut.

Pada umumnya, perusahaan pembiayaan akan bekerjasama dengan pihak asuransi. Pihak inilah yang biasanya menerapkan syarat usia mobil yang dapat di-cover. Selain itu, usia mobil tua biasanya lebih rentan risiko jika dibandingkan dengan mobil usia muda sehingga pihak lembaga pembiayaan tidak mau menanggung risiko tersebut. Namun, jika Anda mobil Anda memiliki usia tua tak perlu khawatir. Sebab, masih ada beberapa pihak gadai yang menerima jaminan BPKB mobil tua Anda meski jumlah krediturnya sedikit.

2. Usaha Fiktif Atau Tidak Memadai

Tak sedikit orang yang mengaku memiliki usaha fiktif agar permohonan pinjamannya diterima. Sebaiknya, hal ini tidak Anda lakukan. Sebenarnya, Anda bisa saja mengajukan pinjaman modal usaha dengan menggadaikan mobil. Namun, Anda harus memastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan sudah memiliki legalitas dan ada bukti transaksi, misalnya saja PO atau kwitansi.

Nah, jika bisnis belum berjalan atau masih direncanakan, ada baiknya Anda menyampaikan sumber dana yang digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menyampaikan prospek ke depan mengenai bisnis yang akan Anda rintis. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda memanipulasi data.

3. Terkait Domisili Atau Tempat Tinggal

Domisili atau tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor pertimbangan gadai mobil Serang dan hal ini cukup vital lho. Jarang ada kreditur yang mau menerima permohonan pinjaman jika domisilinya masih di sebuah kost, apartemen, menumpang atau domisili yang tidak tetap lainnya. Sebab, hal ini terkait dengan risiko bisnis.

Percuma Anda meyakinkan pihak lembaga pembiayaan bahwa Anda benar-benar akan bertanggung jawab. Sebab, lembaga tersebut telah memiliki banyak pengalaman pahit terkait hal tersebut. Hal inilah yang membuat banyak pihak lembaga pembiayaan tidak mau menerima bukti domisili berupa dokumen perjanjian sewa rumah.

4. Catatan Buruk Dalam BI Checking

Anda harus tahu, banyak leasing yang dimiliki oleh sebuah bank. Selain terang-terangan, biasanya mereka juga menyatakannya dengan cara tersirat. Namun, ada beberapa ciri khas yang dapat Anda lihat. Beberapa ciri khas tersebut yaitu bunga yang sangat rendah, meminta salinan kartu kredit, meminta nama ibu kandung, atau hal lainnya. Memang tak semua perusahaan pembiayaan melakukan hal tersebut tetapi sebagian besar personal marketing atau pun surveyor akan melakukan hal ini. Data tersebut digunakan untuk pengecekan data di Bank Indonesia. Jika Anda masuk dalam daftar hitam, kemungkinan besar permohonan pinjaman Anda akan ditolak.

5. Kondisi Finansial Selama 3 Bulan Terakhir Tidak Memenuhi Syarat

Biasanya perusahaan pegadaian atau pembiayaan akan meminta syarat berupa salinan rekening selama 3 bulan terakhir. Nah, jika finansial Anda selama 3 bulan tersebut tidak memenuhi syarat, maka kemungkinan besar permohonan Anda akan ditolak.

Selain salinan tabungan, pihak gadai mobil Serang biasanya juga meminta slip gaji dan mengeceknya secara berkala. Bagaimana jika jumlah gaji tidak sesuai dengan cicilan? Tenang, pihak kreditur tidak akan serta merta menolak permohonan Anda tetapi biasanya pihak kreditur akan menurunkan nilai pencairan yang Anda ajukan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu