avatardisplay_general
DISITU
10 Jul 2018

Gadai Mobil Yang Masih Kredit, Penuhi 5 Syarat Ini

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180710/Ingin Gadai Mobil Yang Masih Kredit Penuhi 5 Syarat Ini.jpg

Pada umumnya dan yang diketahui banyak orang, mobil bisa digadaikan setelah lunas masa kreditnya dan BPKB sudah di tangan Anda. Namun sekarang banyak bank atau leasing yang menawarkan jasa gadai mobil yang masih kredit, tentunya dengan seleksi yang lebih ketat. Persyaratannya lebih mendetail dibandingkan dengan mobil yang bukan kredit atau sudah memiliki BPKB. Sekarang belum memiliki BPKB bukan lagi kendala untuk mendapatkan pinjaman gadai mobil. Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan mendesak Anda dengan mengajukan pinjaman kepada bank atau leasing yang memiliki layanan pinjaman take over. Bagaimana persyaratan gadai yang harus dipenuhi, simak ulasan di bawah ini :

5 Syarat Gadai Mobil Yang Masih Kredit Di Lembaga Keuangan

Gadai mobil yang belum lunas kreditnya memang bisa di beberapa lembaga keuangan, namun seleksinya cukup ketat untuk dilalui. Anda harus memenuhi prasyarat yang diajukan pihak pemberi pinjaman, persyaratannya adalah seperti di bawah ini :

1. Sisa Kredit Tidak Banyak

Pastikan Anda mempunyai catatan dan bukti pembayaran kredit mobil Anda, agar bisa mengetahui sisa kredit yang masih harus di bayar. Pihak lembaga keuangan pemberi pinjaman gadai biasanya akan memberi pinjaman kepada Anda, jika sisa pinjaman tinggal sedikit.  Jika sisa pinjaman hanya sekitar 30% atau lebih kecil dari pinjaman yang akan dicairkan, kemungkinan besar pinjaman Anda akan disetujui. Hal ini karena sebagian pinjaman akan digunakan untuk melunasi sisa kredit Anda, agar BPKB nya bisa dikeluarkan dan dijadikan jaminan.

2. Riwayat Cicilan Kreditnya Bagus

Lembaga keuangan mana pun tidak akan mau mengalami kredit macet, oleh karena itu riwayat pinjaman akan menjadi bahan pertimbangan. Pihak pemberi pinjaman hanya akan menerima gadai jika Anda memiliki riwayat angsuran yang baik, tidak pernah telat bayar. Untuk memastikannya biasanya akan dilakukan survey ke leasing tempat Anda mencicil kredit mobil. Jadi jika ingin mendapatkan kemudahan mendapatkan kredit, Anda harus selalu membayar cicilan tepat waktu.

3. Pajak Kendaraan Harus Aktif

Kendaraan yang digadaikan harus aktif pajaknya, jika pajaknya mati maka uang pinjaman akan dipotong untuk menghidupkan pajak kendaraan bermotor Anda. Sebaiknya memang selalu membayar PKB setiap tahunnya, karena itu adalah kewajiban Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor. Jika pajak sampai mati, bukankah akan repot jika ada pemeriksaan STNK di jalan raya. jadi membayar PKB setiap tahun memang adalah keharusan.

4. Pembiayaan Sebelumnya Adalah Lembaga Keuangan Resmi Yang Diakui OJK

Program gadai mobil yang belum lunas kreditnya biasanya akan diterima jika pembiayaan sebelumnya adalah lembaga keuangan yang resmi OJK. Seperti leasing, karena jika lembaga resmi prosedurnya akan jelas dalam mengeluarkan BPKB mobil Anda. Jika Anda melakukan cicilan di koperasi atau perbankan maka biasanya kan rumit untuk mengeluarkan BPKB mobil Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan BPKB mobil Anda akan lebih lama, dan ini yang akan menghambat proses pinjam gadai.

5. Menyerahkan Persyaratan Dokumen

Sebelum mengajukan pinjaman gadai mobil yang belum lunas tentu saja Anda harus memenuhi persyaratan dokumen yang diminta. Setiap lembaga keuangan mempunyai ketentuan berbeda-beda tentang syarat dokumen yang diminta. Agar pinjaman Anda di proses lalu di setujui, siapkan saja semua dokumen yang diminta oleh pihak pemberi pinjaman. Secara umum persyaratannya meliputi syarat kendaraan dan syarat peminjam (harus memiliki penghasilan). Syarat gadai lain tergantung kebijakan  masing-masing lembaga keuangan pemberi pinjaman.

Jadi jika Anda memiliki mobil yang belum lunas, jangan khawatir Anda tetap bisa menggadaikannya. Gadai mobil yang masih kredit bisa dilayani di beberapa bank atau leasing resmi OJK.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu