avatardisplay_general
DISITU
26 Aug 2018

Gadai Sertifikat Rumah Belum Balik Nama Ke Bank

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180826/Ingin Gadai Sertifikat Rumah Belum Balik Nama Ke Bank Ketahui Dulu Hal Ini.jpg

Saat sedang butuh pendanaan, kita akan merelakan banyak barang untuk digadaikan. Salah satunya sertifikat rumah. Keberadaan sertifikat ini sangat penting, karena harga gadainya jelas berbeda dengan STNK kendaraan bermotor. Tapi bagaimana bila gadai sertifikat rumah belum balik nama? Apakah masih bisa dilakukan? Anda ketar-ketir mendengar pertanyaan itu? Ya, Anda memang harus waspada saat gadai sebuah sertifikat rumah belum balik nama. Apalagi jika yang Anda tuju adalah bank. Eits, Anda jangan panik dulu. Gadai sebuah sertifikat rumah belum balik nama ke bank memang riskan. Tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Simak ulasannya berikut.

Tingkatan Sertifikat Rumah Yang Bisa Buat Digadaikan

Sebenarnya, Anda tidak perlu bingung balik nama SHM rumah. Anda juga bisa melakukan gadai dengan sertifikat yang sebelumnya dimiliki. Tapi mengenai keamanannya, sertifikat rumah dibagi menjadi beberapa level. Hal inilah yang menentukan seberapa jauh negara menganggapnya sebagai dokumen sah. Berdasarkan peraturan pertanahan, ada beberapa tingkatan sertifikat rumah, yakni sebagai berikut :

1. Sertifikat Hak Milik (SHM)

SHM merupakan sertifikat rumah dengan tingkat tertinggi. Sertifikat ini melambangkan hak penuh yang dimiliki nama pemilik tercantum atas rumah tersebut. Jika sudah memiliki SHM, Anda tidak perlu khawatir gadai tidak diterima bank.

 2. Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)

SHGB adalah sertifikat rumah tanpa menyertakan tanah tempat berdiri dalam kepemilikan. Sertifikat ini memberikan keleluasaan hak bagi pemegang untuk mendirikan bangunan di suatu tanah. Tapi pemegang SHGB tidak memiliki hak milik tanah yang digunakannya. Jika digunakan gadai di bank, SHGB cukup kuat.

3. Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHRSS)

SHRSS adalah sertifikat hak milik atas suatu ukuran ruang dalam apartemen/rumah susun. Seperti yang kita ketahui, “rumah-rumah” dalam apartemen/rumah susun hidup secara berhimpitan. Dengan tanah dan dinding yang sama. SHRSS sama kuat dengan SHM.

4. Acte Van Eigendom

Acte van Eigendom adalah bukti kepemilikan lawas sebelum keluarnya undang-undang pertanahan terbaru dan acte van Eigendom ibaratkan SHM yang dimiliki masyarakat sebelum tahun 1960. Sebenarnya saat ini, Acte van Eigendom sudah tidak berlaku lagi. Karena Acte van Eigendom wajib diubah menjadi SHM maksimal 20 tahun. Tapi karena masih banyak yang tidak mengurus SHM, Acte van Eigendom kini masih sering laku gadai.

5. Akta Jual Beli (AJB)

AJB ibarat nota bukti transaksi jual-beli rumah antara dua pihak dan AJB dianggap dokumen yang paling rentan diterima gadai. AJB dapat dengan mudah dibalik nama oleh siapapun yang memegang. Bahkan meski pemegang tidak punya hak atas rumah tersebut. Sebagian besar bank tidak menerima gadainya. Tapi masih ada bank swasta yang bersedia.

Apa Bisa Gadai Sertifikat Rumah Belum Balik Nama ke Bank?

Jawabannya sudah jelas, bukan? Anda tetap bisa gadai sebuah sertifikat rumah belum balik nama ke bank. Misalkan, sebelumnya Anda diwarisi AJB/Acte van Eigendom dengan nama ayah. Anda tetap dapat menggadaikannya. Karena kepemilikan AJB dan Acte van Eigendom dilihat dari siapa yang memegang. Bukan siapa yang namanya tertera dalam akta. Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan risiko yang mungkin dihadapi sebagai berikut.

  • Anda hanya dapat gadai sebuah sertifikat rumah belum balik nama ke bank swasta. Bank BUMN tidak menerima gadai sertifikat rumah. Entah itu sudah balik nama atau belum

  • Bank mungkin akan meragukan Anda. Saat Anda gadai sertifikat rumah, apalagi itu belum balik nama, maka bank akan berpikir Anda sedang sulit likuidasi. Sehingga kemampuan membayar tebusan Anda mungkin akan diragukan

  • Beban bunga yang tinggi. Karena risiko tinggi gadai sertifikat rumah belum balik nama, maka bank akan membebankan biaya asuransi tambahan. Biasanya ini akan dibebankan di bunga yang harus dibayar

cari-kredit-DISITU-pilihanmu