avatardisplay_general
DISITU
30 Aug 2018

Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BCA, Ini Informasinya!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180830/Ingin Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BCA Ini Informasi Pentingnya.jpg

Bank BCA merupakan salah satu bank swasta yang berkembang cukup pesat di Indonesia. Pelayanan yang diberikan oleh bank BCA juga semakin banyak. Salah satu pelayanan yang BCA sediakan adalah peminjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah. Bagi Anda yang ingin gadai sertifikat rumah di bank BCA, sebaiknya Anda jangan terburu-buru. Sebab sebagai bank swasta BCA memiliki ketentuan yang cukup berbeda dari bank negara lainnya. Anda harus paham benar tentang semua informasi berupa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh bank BCA. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mempertimbangkan keuntungan maupun kerugian yang didapatkan. Simak baik-baik informasi penting yang ada di bawah ini.

Informasi Penting Seputar Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BCA

Ketika butuh dana mendesak berupa dana kesehatan, dana pendidikan dan dana untuk modal, mungkin menjaminkan sertifikat rumah bisa jadi solusinya. Bank BCA dengan segala usahanya mencoba menjadi solusi dengan memberikan pinjaman lewat sistem gadai sertifikat rumah. Berikut ini informasi yang harus Anda ketahui :

1. Syarat Peminjam

Syarat peminjaman di bank BCA, calon peminjam harus warga negara Indonesia. Minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 65 tahun. Bagi karyawan tetap minimal pengalaman bekerja sudah 1 tahun. Penghasilan minimal peminjam adalah 4 juta dalam satu bulan. Wajib memiliki tabungan BCA dan membayar asuransi kebakaran. Cukup banyak persyaratan yang diberikan bank BCA untuk memberikan pinjamannya. Cermatilah apakah Anda memenuhi syarat peminjam atau tidak.

2. Kelengkapan Dokumen

Ada banyak dokumen yang harus Anda lengkapi ketika ingin meminjam di bank BCA. Berkas tersebut berupa kartu identitas, surat nikah, NPWP, fotokopi rekening tabungan, slip gaji dan akta pengesahan Menkeh. Selain itu Anda juga menyertakan surat keterangan rekomendasi dari perusahaan. Tentu saja yang paling wajib Anda berikan pada pihak bank BCA adalah sertifikat rumah dan denah bangunan yang akan digadai.

3. Besar Pinjaman

Besarnya pinjaman yang bisa didapatkan adalah 80% dari taksiran harga rumah. Sebagai contoh, jika taksiran harga rumah sebesar 100 juta rupiah, pinjaman maksimal yang bisa Anda dapatkan hanya 80 juta rupiah.Untuk membuat taksiran harga rumah ii, pihak bank BCA akan datang untuk mensurvei rumah Anda terlebih dahulu. Dengan survei ini akan ditentukan apakah Anda layak atau tidak untuk menggadaikan rumah.

4. Besar Bunga

Dengan melakukan pinjaman di bank BCA, berarti Anda harus membayar bunga pinjaman sebesar 9,75% sampai 10, 50 %. Bunga ini harus tetap dibayarkan sampai Anda bisa melunasi semua pinjaman Anda. Jumlah bunga ini sebenarnya cukup besar dan memberatkan. Namun dibandingkan dengan bank swasta lainnya besar bunga ini terbilang lebih murah. Jadi pastikan Anda bersedia untuk membayar bunga pinjaman ini

5. Biaya Yang Harus Dibayarkan

Dalam melakukan gadai sertifikat rumah di bank BCA, Anda akan dikenakan biaya proses saat melakukan gadai. Biaya yang harus Anda bayarkan berupa biaya survei sebesar 500 ribu rupiah. Selain itu Anda juga harus membayar uang materai dan juga biaya provisi sebesar 1%. Selain itu Anda juga harus membayar denda jika sampai terlambat dalam memberikan uang angsuran kepada pihak bank BCA. Semua biaya ini harus dibayarkan, jika tidak Anda akan dikenakan sanksi. Sanksi terberat adalah Anda harus kehilangan hak milik dari rumah yang Anda gadaikan.

Setelah mengetahui informasi seputar peminjaman di bank BCA dengan mengadaikan sertifikat rumah, buatlah pertimbangan. Pikirkan dengan baik, apakah pinjaman ini memberatkan Anda atau tidak. Tentu saja karena sertifikat rumah yang Anda miliki sangat berharga. Jangan sampai sertifikat rumah tersebut harus pindah milik.