DISITU
26 Jun 2018

Ingin Gadai Sertifikat Rumah Di Bank CIMB Niaga, Baca Syarat Dan Ketentuannya!

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Jika sedang butuh dana cepat, biasanya banyak orang yang meminjam uang dengan menggadaikan sertifikat rumah ke berbagai bank. Salah satu bank yang menerima sertifikat rumah sebagai jaminan adalah bank CIMB Niaga. Bank CIMB Niaga merupakan bank swasta yang sudah cukup lama berada di Indonesia. Bank ini menerima sertifikat rumah sebagai jaminan bagi nasabah yang ingin melakukan pinjaman. Namun untuk bisa gadai sertifikat rumah di bank CIMB niaga, nasabah harus memenuhi banyak persyaratan. Nasabah juga wajib mengikuti ketentuan yang dibuat oleh pihak bank. Sebelum memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah di bank ini, Anda harus paham benar tentang apa saja syarat dan ketentuan tersebut. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan keuntungan serta kerugian yang akan diperoleh.

Syarat Dan Ketentuan Gadai Sertifikat Rumah Di Bank CIMB Niaga

Mengetahui syarat dan ketentuan sebelum menggadaikan sertifikat rumah pada sebuah bank adalah sebuah keharusan. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kerugian yang akan didapatkan. Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena tidak paham tentang ketentuan dalam menggadaikan sertifikat rumah. Berikut ini syarat dan ketentuannya :

1. Syarat Calon Peminjam

Untuk bisa menggadaikan sertifikat rumah di bank CIMB Niaga, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai peminjam. Minimal usia peminjam adalah 21 tahun dan maksimal berusia 60 tahun. Calon peminjam harus memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah per bulan. Selain itu, calon peminjam juga harus terdaftar sebagai nasabah bank CIMB Niaga. Semua calon peminjam harus memenuhi kriteria tersebut. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut, berarti Anda tidak bisa mengajukan pinjaman.

2. Dokumen Yang Diperlukan

Ada banyak dokumen yang diperlukan untuk bisa menggadaikan sertifikat rumah di bank ini. Beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah kartu identitas calon peminjam, slip gaji serta sertifikat rumah asli. Selain itu, calon peminjam juga wajib melampirkan fotokopi rekening tabungan CIMB Niaga. Semua dokumen ini wajib dibawa pada saat nasabah ingin mengajukan pinjaman kepada pihak bank.

3. Besarnya Pinjaman

Besarnya pinjaman yang diberikan oleh pihak CIMB Niaga maksimal adalah 5 miliar rupiah. Jumlah ini cukup besar bila dibandingkan dengan pinjaman dari bank swasta lain. Namun jumlah pinjaman yang bisa diambil hanya sebesar 70% dari taksiran harga rumah. Contohnya, jika rumah Anda ditaksir memiliki harga 100 juta rupiah, maka pinjaman maksimal yang bisa diambil hanya sebesar 70 juta. Sedangkan angsuran yang akan Anda bayarkan nantinya akan ditambahkan dengan sejumlah bunga yang telah ditetapkan.

4. Syarat Rumah Yang Akan Digadaikan

Tim dari bank CIMB Niaga akan melakukan survei pada rumah yang akan digadaikan. Rumah tersebut, tidak boleh berada di daerah rawan bencana. Selain itu, lokasi rumah harus berada di daerah yang strategis dan jauh dari tanah sengketa. Syarat yang lainnya, rumah yang digadaikan tidak boleh dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum ini seperti rel kereta api atau pemakaman warga.

5. Biaya Lain-Lain

Calon peminjam juga akan dikenakan banyak biaya lain-lain. Biaya lain-lain ini merupakan biaya materai, biaya administrasi dan biaya provisi. Besarnya jumlah biaya ini akan ditentukan oleh pihak bank tergantung kebutuhan. Semua biaya ini di luar dari angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jika Anda tidak membayar biaya administrasi, maka permintaan pinjaman Anda tidak bisa diproses.

Itulah semua syarat dan ketentuan agar bisa gadai sertifikat rumah di bank CIMB Niaga. Perhatikan semua syarat dan ketentuan tersebut. Setelah itu pertimbangkan dengan matang apakah Anda sanggup memenuhi syarat dan ketentuan atau tidak. Jika tidak, cobalah mencari alternatif peminjaman yang lainnya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu