avatardisplay_general
DISITU
04 Oct 2018

Ingin Gaji Tinggi? 12 Pekerjaan Ini Bisa Anda Coba

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181004/Ingin%20Gaji%20Tinggi_%2012%20Pekerjaan%20Ini%20Bisa%20Anda%20Coba%20.jpg

Saat bekerja setiap orang tentu berharap memiliki upah atau gaji yang tinggi agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, diharapkan gaji yang didapatkan juga bisa disisihkan untuk menabung, biaya kesehatan, atau kebutuhan hobi.

Di Indonesia sendiri untuk mendapatkan gaji tinggi bukan lagi sebuah impian. Selain menjadi PNS yang diberikan banyak tunjangan, beberapa profesi berikut juga mampu mewujudkan mimpi Anda untuk memiliki gaji tinggi. Apa saja? Berikut daftarnya.

  1. Kontruksi dan Properti

Pekerjaan

Bagi Anda lulusan jurusan arsitektur dan teknik sipil, bekerja di bidang konstruksi serta properti dapat menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan gaji tinggi di awal bekerja. Saat pertama kali bekerja, biasanya Anda akan diberikan On the Job Training (OJT) dengan gaji berkisar Rp 4-6 juta per bulannya. Angka tersebut dapat meningkat hingga Rp 30 juta saat jabatan telah naik menjadi project manager.

 

  1. Teknologi Informasi (IT) dan Komunikasi

Pekerjaan

Seiring berkembangnya bisnis startup teknologi, kehadiran ahli teknologi informasi (IT) dan komunikasi menjadi semakin dibutuhkan. Bukan tanpa alasan, para ahli IT memiliki beberapa tugas penting seperti memonitor sistem perusahaan dan memperbaiki sistem kerja teknis. Sebagai contoh seperti yang dilansir dari situs Qerja, seorang IT Developer memiliki rata-rata gaji sebesar Rp 24,8 juta. Tidak mengherankan meskipun gaji PNS 2019 terus naik, namun semakin banyak anak muda yang justru tertarik dengan pekerjaan ini.

 

  1. Minyak dan Gas

Pekerjaan

Sudah menjadi rahasia umum mereka yang bekerja pada bidang minyak dan gas akan mengumpulkan banyak pundi uang setiap bulannya. Bagi lulusan sarjana, rata-rata Anda bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 7 juta dan untuk posisi petroleum engineering, uang sebesar Rp 35 hingga Rp 70 juta bisa dikantongi setiap bulannya. Namun dibalik kesenangan tersebut, ada banyak risiko yang harus ditanggung para pekerja seperti kecelakan kerja akibat medan yang berat dan berpisah dari keluarga selama berbulan-bulan.

 

  1. Konsultan Keuangan

Pekerjaan

Pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji tinggi adalah konsultan keuangan. Mungkin banyak yang menganggap pekerjaan ini hanya sekedar memeriksa bukti transaksi dari suatu pekerjaan. Namun jangan meremehkan tugas tersebut karena fungsinya mampu membantu memonitor keuangan perusahaan. Karena tugas tersebut, seorang fresh graduate bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 5-15 juta. Jumlah tersebut akan terus meningkat jika Anda terus meniti karir dan memiliki prestasi baik. Jangan heran, seorang senior di bidang ini bahkan bisa mendapatkan gaji puluhan hingga ratusan juta.

 

  1. Bidang Perpajakan

Pekerjaan

Masih di bidang keuangan, pekerjaan di bidang perpajaan juga memiliki gaji yang terbilang tinggi di atas rata-rata. Untuk Anda yang baru lulus, bisa mencoba menjadi payroll clerk yang bertugas membuat laporan keuangan dengan gaji Rp 3,5-4,5 juta. Jangan sedih karena jumlah awalnya yang sedikit karena senior di bidang ini bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah.

 

  1. Pilot Komersial

Pekerjaan

Seorang pilot yang menerbangkan pesawat komersial memang dikenal memilki gaji tinggi. Beberapa maskapai seperti Garuda misalnya menggaji pilotnya sebesar Rp 60 juta perbulan, sementara Lion Air memberikan Rp 40 juta per bulan pada para pilotnya. Meskipun terlihat sangat mencukupi namun semua itu sebanding dengan tanggung jawab yang begitu besar serta sulitnya pendidikan yan harus ditempuh sebelum benar-benar mampu menerbangkan sang burung besi.

 

  1. Dokter Spesialis

Pekerjaan

Sulitnya pekerjaan yang harus dihadapi serta tanggung jawab besar di belakangnya membuat pekerjaan dokter spesialis layak mendapat apresiasi dengan gaji besar. Di Indonesia sendiri untuk dokter spesialis di rumah sakit swasta memiliki gaji minimal Rp 50 juta. Sayang hal tersebut berbeda dengan dokter spesialis di rumah sakit pemerintah yang rata-rata hanya digaji Rp 10 juta per bulannya.

 

  1. E-Commerce

Pekerjaan

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang banyak berbelanja secara online menjadikan pertumbuhan usaha e-commerce semakin pesat. Tidak mengherankan hal tersebut membuat banyak orang akhirnya berusaha untuk bekerja sebagai digital content manager atau SEO analyst/ specialist di e-commerce. Untuk content manager, Anda bisa mendapatkan Rp 20-40 juta, dan Rp 5-15 juta untuk SEO analyst.

 

  1. Profesional MUA

Pekerjaan

Beberapa tahun terakhir pekerjaan sebagai profesional MUA atau make up artist menjadi profesi yang begitu populer. Bukan tanpa sebab, untuk satu kali pekerjaan merias, seorang profesional MUA biasa memiliki tarif jutaan hingga puluhan juta rupiah. Jumlah tersebut belum termasuk jika sang MUA didapuk menjadi perias pribadi artis atau berkolaborasi dengan merek kosmetik ternama.

 

  1. Departemen Sumber Daya Manusia (HRD)

Pekerjaan

Pekerjaan yang satu ini mungkin sering dipandang sebelah mata karena dianggap hanya bertugas merekrut karyawan baru. Namun jangan salah, di balik hal tersebut seorang manajer HRD memiliki tugas berat untuk menyeleksi calon karyawan yang benar-benar memiliki kemampuan untuk membangun perusahaan. Tidak heran karena mengemban tugas yang cukup berat beberapa perusahaan seperti Kalbe Farma berani menggaji manajer HRD sebesar Rp 32,5 juta. Sementara PT Indofood bahkan menggaji senior HRD-nya sebesar Rp 55 juta. Menakjubkan bukan?

 

  1. Ahli Pertambangan

Pekerjaan

Hampir sama dengan bidang perminyakan, para ahli di bidang pertambangan umumnya juga memiliki gaji fantastis. Untuk seorang fresh graduate misalnya, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 11-12 juta perbulan. Sementara untuk posisi senior, seorang ahli pertambangan bisa mendapat Rp 32 juta per bulan.

 

  1. Manajer Pemasaran

Pekerjaan

Banyaknya persaingan antar usaha menjadikan kegiatan pemasaran sebagai sesuatu yang krusial. Karena itu tidak mengherankan dibutuhkan tenaga ahli pemasaran agar mampu membuat strategi marketing yang baik dan tepat sasaran. Kemampuan yang dibutuhkan tersebut tidak heran membuat seorang manajer pemasaran bisa digaji hingga Rp 11-63 juta perbulan tergantung skala perusahaan.