avatardisplay_general
DISITU
07 Aug 2018

Ini Dia Cara Memilih Tempat Gadai Mobil Pribadi Anda

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180807/Ingin Melakukan Gadai Mobil Pribadi Ini Dia Cara Memilih Tempat Gadai Yang Aman.jpg

Banyaknya lembaga yang memberikan jasa pembiayaan serta kemudahan dalam melakukan pinjaman menjadikan banyak masyarakat yang menggunakan kesempatan tersebut. Pinjaman dengan Gadai Mobil Pribadi misalnya. Seperti yang kita ketahui bahwa di jaman sekarang, kendaraan pribadi merupakan aset yang hampir dimiliki oleh semua orang. Hal ini terbukti degan semakin macetnya disepanjang jalan sudut kota terutama kota besar. Dengan adanya gadai mobil ini, menjadikan salah satu alternatif untuk mendapatkan sebuah pinjaman karena kepraktisannya. Ketika Anda ingin melakukan Gadai Mobil Pribadi, berikut cara memilih tempat gadai mobil yang aman :

1. Reputasinya Sudah Jelas

Ketika Anda ingin melakukan pinjaman dengan menggadaikan mobil pribadi, hendaknya Anda mencari tahu latar belakang lembaga tersebut. Anda dapat bertanya dan meminta pendapat dari teman yang sudah berpengalaman dalam menggadaikan mobil di tempat tersebut. Lembaga yang aman dan resmi akan terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketika lembaga tersebut sudah terdaftar, besar kemungkinan lembaga itu aman, karena akan di pantau oleh bidangnya.

2. Pastikan Keamanannya

Jika Anda mempunyai barang yang berharga tentu akan menjaganya dengan baik. Begitupun ketika Anda ingin menggadaikan barang tersebut. Pastikan tempat yang melakukan gadai nyaman dan aman. Tentu bukan hanya barangnya saja, namun identitas dan dokumen Anda. Maka pastikan kredibilitas tempat gadai tersebut.

3. Cara Berkomunikasinya Mudah Dipahami

Hal yang perlu kita perhatikan ketika ingin melakukan gadai mobil yaitu lihat cara pihak penggadaian berkomunikasi. Ketika mereka resmi dan profesional, maka gaya bicaranya akan terkesan lebih santai dan mudah dipahami. Mereka akan menjelaskan secara detail dan tidak menimbulkan pernyataan yang ambigu. Tentu hal ini akan menjadikan Anda berfikir dengan jernih supaya jelas sehingga tidak merasa dikecewakan. Ketika mereka berkomunikasi dengan tempo yang cepat biasanya dimaksudkan untuk menyembunyikan kerugian yang didapatkan supaya tidak terlihat.

4. Memiliki Masa Penitipan Barang

Sebuah lembaga yang baik tentu memiliki masa penitipan barang. Misalnya satu minggu, dua minggu, bahkan sampai satu tahun. Kepastian dan ketentuan masa ini tentu supaya kedua belah pihak tidak dirugikan. Tidak dapat dipungkiri jika kendaraan terlalu lama tidak beroperasional bisa saja rusak.

5. Pihak Lembaga Menetapkan Kriteria Mobil Yang Bisa Digadai

Mengambil langkah untuk melakukan Gadai Mobil Pribadi bukanlah suatu hal yang main-main. Gadai mobil ini erat hubungannya dengan sebuah pinjaman dengan nominal yang tidak sedikit. Jadi tidak heran jika ketika melakukan gadai mobil ini akan dipastikan memiliki syarat yang terbilang tidak sedikit. Proses dan syarat yang detail merupakan stAndar jaminan transaksi ini. Jika hal ini tidak ada atau terbilang cukup mudah, maka Anda perlu waspada dan lebih teliti dalam memilih tempat untuk menggadaikan mobil tersebut. Secara umum, jenis mobil yang digunakan sebagai jaminan tidak ada batasan dalam hal merk. Namun ada beberapa kriteria yang biasanya dijadikan syarat sebuah mobil gadai, yaitu :

  • Bukan termasuk angkutan umum ataupun mobil dinas

  • Bagian interior rapi dan tidak kotor

  • Mobil dalam kondisi bagus, tidak rusak, siap jalan dalam artian layak pakai, tidak ada kerusakan mesin maupun onderdil

  • Pajak STNK dan Plat tidak mati

  • Surat-surat mobil harus lengkap baik STNK maupun BPKB dan tidak dalam keadaan terblokir

  • Tahun minimal mobil yaitu tahun 2005

Pembatasan tahun untuk dijadikan jaminan ini karena keterbatasan cover asuransi mobil. Tentu hal ini untuk meminimalisir risiko mobil yang digunakan jaminan, karena semua mobil jaminan harus diasuransikan. Dengan tersedianya lembaga yang memberikan pembiayaan dana yang aman tersebut, tentu ketika Anda ingin melakukan gadai mobil tidak perlu was-was. Kendaraan yang Anda gadaikan akan lebih aman dan tetap terjaga.