avatardisplay_general
DISITU
21 Aug 2018

Memilih Tempat Gadai Unit Mobil Terbaik yang Aman

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Ini 5 Tips Memilih Tempat Gadai Unit Mobil Terbaik Yang Penting Untuk Dilakukan.jpg

Kebutuhan dana mendesak memang kadang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, jika Anda punya tabungan yang cukup maka hal itu tidak akan jadi masalah. Masalah akan timbul jika tabungan tidak bisa memenuhi kebutuhan dana mendadak dan mendesak dalam jumlah besar. Maka gadai aset bisa menjadi solusinya, aset apa sajakah yang bisa digadaikan? Aset berharga yang ada di rumah seperti mobil akan mendapat dana cukup besar jika digadaikan dengan BPKB. Namun jika mobil belum memiliki BPKB Anda bisa pergi ke tempat gadai unit mobil, yang menerima mobil Anda sebagai jaminan pinjamannya. Berikut akan dijelaskan mengenai tips memilih gadai unit mobil untuk Anda.

5 Tips Memilih Tempat Gadai Unit Yang Terbaik

Gadai unit mobil sepintas sama dengan pinjaman jaminan BPKB, namun sebenarnya berbeda. Jaminan yang digunakan pada dua jenis layanan tersebut berbeda, yang satu cukup unit mobil saja tanpa BPKB, sedangkan yang satu BPKB saja tanpa mobilnya. Berikut adalah 5 tips memilih tempat gadai unit mobil:

1. Perhatikan Jumlah Pencairan Dana Yang Akan Diterima

Setiap tempat gadai pasti akan memiliki taksiran harga gadai yang berbeda untuk sebuah mobil yang sama. Hal ini adalah mutlak keputusan dari tempat gadai unit yang Anda kunjungi, karena tempat gadai unit biasanya dikelola oleh perorangan. Bentuknya seperti koperasi atau bisnis otomotif, sehingga harga gadai mutlak ditentukan oleh pengelola.  

2. Pilihlah Proses Pencairan Pinjamannya Yang Cepat Tapi Wajar

Dengan kebutuhan Anda yang mendesak, tentu Anda menginginkan proses yang cepat dan gak ribet. Tapi perlu diingat tetap pilih proses yang wajar, jangan tergoda dengan promo 5 menit cair, karena gadai yang aman adalah yang sesuai prosedur. Dan prosedur pasti akan memakan sedikit waktu untuk melakukan pencairan. Namun untuk masalah pencairan gadai unit mobil terbilang cepat, Anda hanya butuh waktu tidak lebih dari sehari dana yang Anda butuhkan akan cair.

3. Cari Yang Persyaratannya Mudah Dan Sederhana

Jika mau melakukan aktivitas gadai, hendaknya cari persyaratan yang mudah dan sederhana saja. Karena dikelola perorangan, persyaratan masing-masing tempat gadai pasti akan berbeda-beda satu dengan lainnya. Pilih yang menurut Anda paling sederhana dan mudah dipenuhi atau disiapkan, sehingga proses pengajuan pinjaman bisa segera diproses, dan segera terjadi pencairan dana. Biasanya kalau Anda melakukan gadai unit mobil, selama unit kendaraan dan BPKB-nya sesuai dengan nama nasabah, itu sudah cukup. Proses pencairan dana bisa langsung dilakukan.

4. Pilih Tempat Bisa Memberikan Tenor (Jangka Waktu Pinjaman) Panjang

Jangka waktu atau tenor yang diberikan tempat gadai unit biasanya pendek. Hitungan tenornya harian, mingguan dan bulanan maksimal 6 bulan masa gadai, Anda harus sudah mengembalikan dana yang Anda pinjam. Jika Anda butuh waktu lama untuk mengembalikan dana yang Anda pakai, maka carilah tempat gadai unit yang menawarkan tenor paling panjang sekitar 6 bulan tersebut. Namun jika Anda merasa bisa mengembalikan dalam jangka waktu yang cepat, maka pilihlah tenor yang pendek. Hal ini karena lama tenor pasti berpengaruh pada bunga pinjaman Anda.

5. Bandingkan Bunga Pinjaman Yang Ditawarkan, Kemudian Pilih Yang Paling Rendah

Dalam mencari tempat gadai unit, Anda harus menanyakan bunga pinjaman yang akan dikenakan kepada Anda. Biasanya bunga dikenakan secara global selama jangka waktu pinjaman, jadi tidak ada bunga menurun atau bunga flat seperti melakukan pinjaman di perbankan.

Memilih tempat gadai unit mobil memang harus lebih hati-hati, jika dibanding gadai BPKB, karena biasanya dikelola perorangan. Dan gadai unit mobil biasanya simulasi pinjamannya belum jelas.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu