DISITU
13 Jun 2018

Ini Dia Cara Memilih Reksadana Terbaik

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180613/Ini Dia Cara Memilih Reksadana Terbaik.jpg

Keterampilan menyimpan uang dan merencanakan masa depan sangat dibutuhkan di era bisnis dan teknologi mutakhir saat ini. Menabung di celengan atau bank bukan satu-satunya cara, sebab banyak model penyimpanan uang lainnya yang justru lebih menguntungkan.

Uang tersebut tidak sekadar disimpan, tapi juga dikembangkan sehingga Anda akan mendapatkan pertambahan nilai uang menyesuaikan dengan keuntungan yang didapat dari pengolahan uang tersebut. Nah, salah satu model investasi yang bisa Anda pakai untuk berinvestasi yakni reksadana.

Reksadana merupakan salah satu produk investasi keuangan yang terbilang cukup menarik, sebab ia menguntungkan dan minim risiko. Lebih lanjut lagi, reksadana merupakan wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar.

Meski terbilang belum terlalu populer, reksadana merupakan model investasi yang bisa diikuti oleh semua orang. Namun, kita tetap harus selektif dalam memilih produk reksadana terbaik sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir.

Berikut ini kami sajikan tips memilih produk reksadana terbaik yang bisa menjadi acuan bagi Anda dalam berinvestasi. Ini dia uraiannya khusus untuk Anda:

1. Teliti Profil Risiko dan Tujuan Investasi dari Calon Investor

Ketika Anda ingin mencari produk reksadana terbaik, sebagai calon investor Anda harus jeli melihat profil risiko dan tujuan investasi. Setidaknya tujuan investasi terdiri dari tiga macam, yakni jangka pendek, menengah dan panjang.

Jika Anda memilih tujuan investasi jangka panjang, maka reksadana sangat tepat untuk Anda pilih karena fluktuasi dari reksadana saham cenderung lebih memberikan hasil yang positif untuk jangka panjang.

Risiko investasi juga jangan sampai luput dari perhatian. Sebagai calon investor cerdas, analisislah terlebih dahulu berbagai karakteristik produk keuangan reksadana yang Anda incar sebelum menetapkan pilihan. Prinsip dalam berinvestasi “High Risk High Return” harus selalu Anda pegang dan dikendalikan.

2. Pertimbangkan Usia Produk Keuangan Reksadana

Meski tidak semua orang setuju bahwa usia reksadana juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebuah produk reksadana terbaik, tapi Anda tetap harus mempertimbangkannya. Biasanya produk reksadana yang telah berumur telah teruji gambaran kinerjanya termasuk ketika melewati masa-masa sulit. Meski begitu, reksadana yang telah berusia tua cenderung memiliki harga yang cukup mahal karena telah memiliki Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau harga per unit.

3. Selektif Memilih Manajer Investasi

Reksadana merupakan investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Artinya, Anda tidak perlu turun tangan secara langsung dalam melakukan investasi. Sebab, manajer investasi yang andal akan membantu Anda berinvestasi secara mudah.

Selektiflah memilih manajer investasi yang berpengalaman dan memiliki track record yang gemilang. Ia juga harus terampil memilih manajer investasi, termasuk mereka yang sudah terampil mengelola dana dari perusahaan bonafit.

4. Return Level dari Reksadana

Return Level merupakan tingkat pengembalian yang tinggi yang merupakan faktor atau fokus yang menarik perhatian investor. Biasanya sejumlah promotor produk reksadana mengaung gaungkan return level yang tinggi untuk menarik perhatian para investor.

Di sinilah Anda harus cerdas dan jangan cepat tergiur dengan janji-janji yang belum jelas buktinya. Lakukanlah kroscek terhadap besaran rill yang akan Anda terima per tahun jika menggunakan produk investasi dari perusahaan tertentu.

Faktor lain yang mesti Anda pertimbangkan dalam mencari reksadana terbaik yakni management fee serta referensi yang diberlakukan dalam produk reksadana. Demikianlah informasi seputar cara memilih produk reksadana terbaik. Semoga menjadi referensi yang jelas dan tepat untuk kegiatan investasi Anda.