27 February 2018 00:00

Ini Tips Tepat untuk Memilih Bengkel yang Tidak Abal-abal

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/407 Mobil Sering Masuk Bengkel Ini Tips Tepat untuk Memilih Bengkel yang Tidak Abal abal.jpg

Mobil Anda sudah saatnya service agar kondisi mobil Anda prima kembali. Tetapi, ujung-ujungnya Anda galau untuk memilih membawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel umum. Ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum Anda pada akhirnya hanya mendapatkan penyesalan saja.

“Bengkel umum atau resmi ya?” mungkin itu yang timbul di benak Anda sekarang. Sebenarnya bengkel yang benar untuk merawat mobil Anda tentunya tidak luput dari kekurangan dan tentunya punya kelebihan masing-masing. Dari setiap bengkel tentunya memiliki penggemar masing-masing.

Ada banyak alasan yang mendasari Anda untuk memilih salah satu pilihan antara bengkel umum atau bengkel resmi. Salah pilih tempat service, mobil Anda dapat mengalami kerusakan yang lebih parah sehingga menyebabkan kerugian yang tidak kecil biayanya.

Contoh, aksi penipuan dengan menjual belikan suku cadang yang tidak sesuai sehingga Anda dikenakan beban lebih. Sebelum Anda memilih dan menentukan bengkel umum atau bengkel resmi yang terbaik, sebaiknya, Anda lebih memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Dapat Membedakan

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Sumber Gambar: (Nasmoco)

Hal mendasar yang perlu Anda ketahui adalah perbedaan antara bengkel resmi dengan bengkel umum. Apa saja perbedaanya?

  • Dari segi pelayanan dan teknis dibengkel umum

Bengkel umum pasti tidak terdapat ikatan ataupun kerjasama dengan merek kendaraan tertentu. Artinya, berdasarkan semua merek kendaraan bisa lakukan perawatan di bengkel umum tersebut. Selain dari pada itu, suku cadang yang dimiliki pun tentunya beragam, mulai dari suku cadang yang original  (OEM/original equipment manufacture) sama seperti dijual pada bengkel resmi, sedangkan suku cadang non-OEM, hingga suku cadang yang berkualitas rendah atau murah sekali. Di bengkel umum, kualitas dari para teknisi pun bersifat biasa aja. Artinya, tidak ada jaminan yang memang benar-benar ahli dalam bidangnya. Oleh sebab itu, para teknisi pun tidak mempunyai kelayakan walaupun mereka benar-benar memiliki keahlian, kecuali apabila mereka pernah mengikuti pelatihan.

  • Dari segi Pelayanan dan teknis dibengkel resmi

Untuk bengkel resmi sendiri, biasanya telah memiliki hubungan dengan merek penjualan (dealer) atau yang biasanya disebut Agen Pemegang Merek (APM). Dan dapat dipastikan, bahwa bengkel resmi hanya dapat melayani kendaraan dengan merek tertentu saja sesuai dengan merek yang mereka telah jual pula dengan kata lain hanya melayani satu merek saja.Bagaimana dengan tekhnisnya? Bengkel resmi biasanya memiliki tenaga ahli yang tentunya kompoten dan teruji keahliannya. Selain dari pada itu tentunya pernah diberikan pelatihan sebelumnya, sebelum dijadikan seorang teknisi, tentunya mereka telah dibekali dengan keahlian sesuai dengan bidangnya, yaitu teknis perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).

  1. Pahami Harga dari Jasanya

Bengkel-Motor-dan-Mobil

Sumber Gambar: (Choice)

Setelah Anda memahami apa saja perbedaan antara bengkel Umum dengan bengkel resmi. Maka juga harus mengetahui berapa harga atau tarif yag dikenakan oleh kedua bengkel tersebut. Berapa biaya perawatan bengkel umum dan bengkel resmi?

  • Tarif dibengkel umum

Biasanya tarif dibengkel umum ditentukan dari hasil diagnose dari teknisi yang mengerjakannya. Harganya tentu bervariasi dan tentunya akan lebih murah, misalnya biaya untuk tune-up dikenakan tarif dengan harga sebesar Rp 400.000.Namun ternyata di wilayah yang sama hanya Rp 200.000. Tarif

tersebut akan berlaku untuk mobil, khusunya untuk mobil bermesin 1.500 cc sampai 2.500 cc dan untuk merek mobil apa saja.

  • Tarif dibengkel resmi

Harga yang ditawarkan oleh bengkel resmi bervariatif tergantung dari jenis mobil dan jenis perawatan apa yang dipilih. Dalam bengkel resmi, tentu berlaku juga kendaraan serta kilometer yang telah dikeluarkan oleh mobil tersebut.Ongkos dari jasa perawatan dan suku cadang tentunya

berbeda-beda Misal, bila ingin melakukan service untuk mobil Honda Brio (MT) untuk 20 ribu kilometer adalah sekitar Rp 500.000 itu hanya untuk jasanya saja dan Rp 400.000 untuk kompone dan kimia, lalu untuk 40 ribu kilometer dengan harga Rp 520.000 hanya untuk jasa. Dan Rp 550.000 untuk komponen dan kimianya

  1. Pahami dengan Peralatan yag Digunakan

Bengkel-Motor-dan-MobilSumber Gambar: (ValueBound)

Dari semua hal diatas tadi, terdapat hal pokok yang perlu Anda ketahui yaitu peralatan yang digunakan pada bengkel tersebut.Antara bengkel umum maupun bengkel resmi pasti memiliki kebijakan sendiri-sendiri.

  • Peralatan dibengkel umum

Tidak semua peralatan yang terdapat dalam bengkel umum mempunyai peralatan yang lengkap dan memadai sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Bahkan,bengkel umum untuk spesialisasi power steering yang hanya mengandalkan alat pendorong ketimbang hidrolik. Meskipun demikian, pada bengkel umum biasanya mereka memiliki peralatan yang cukup memadai.

  • Peralatan dibengkel resmi

Apabila dibengkel resmi tentu telah memiliki peralatan untuk service yang tentunya jauh memadai dari pada bengkel umum.Mereka mempunyai hidrolik untuk memeriksa kaki-kaki, pemindai, dan lain sebagainya. Tentu sudah menjadi suatu keharusan apabila bengkel resmi memiliki peralatan yang lengkap, bukan?

Apapun Bengkel yang Dipilih, yang Terpenting Jangan Lupa untuk Rutin Merawat Kendaraan Anda

Dari semua uraiaan diatas, pastinya setiap bengkel mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, bengkel mana yang telah menjadi pilihan Anda? Tentunya keputusan ada ditangan Anda dan sesuai kebutuhan pastinya. Namun bila diperhatikan lebih lagi, bila kendaraan Anda masih dibawah 4 tahun, maka ada baiknya untuk memilih bengkel resmi. Karena bengkel resmi (APM) memberikan garansi resmi 4 tahun apabila ada kerusakan mesin dan suku cadang lainnya. Jadi, manfaatkan fasilitas garansi yang Anda miliki.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu