DISITU
11 Jun 2018

Inilah 5 Kendala Yang Dihadapi Saat Melakukan Gadai Mobil Bekas

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Melakukan gadai memang sudah bukan hal yang tidak wajar lagi. Banyak orang yang ingin menggadaikan barang berharga mereka karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena kebutuhan mendesak. Melakukan gadai bisa menggunakan berbagai barang. Salah satunya adalah gadai mobil. Banyak lembaga gadai yang sudah menyediakan jasa untuk gadai mobil, termasuk gadai mobil bekas.

Kendala Yang Dihadapi Dan Solusi Ketika Menggadaikan Mobil Bekas

Dalam melakukan gadai mobil bekas, Anda tidak selalu berjalan mulus. Tentu saja ada kendala yang dihadapi. Berikut ini merupakan kendala yang dihadapi sekaligus solusi dari menggadaikan mobil bekas:

1. Kondisi Fisik

Kendala pertama yang dihadapi ketika menggadaikan mobil bekas adalah kondisi fisik dari mobil bekas itu sendiri. Apabila mobil tersebut memiliki kondisi mobil yang rusak maupun cacat, biasanya beberapa lembaga gadai memilih untuk menolak pengajuan gadai Anda. Meskipun yang Anda jaminkan hanya berupa BPKB. Kondisi dari mobil yang digadaikan harus memiliki kondisi yang baik. Mobil yang Anda gadaikan tidak boleh dalam keadaan rusak. baik dari segi mesin, bodi, maupun kerusakan lainnya. Disarankan bagi Anda sebelum melakukan gadai mobil bekas, Anda harus membawa mobil Anda ke tempat servis mobil. Untuk memeriksa apakah ada kerusakan dan juga agar lembaga gadai menyetujui pengajuan gadai Anda.

2. Bunga Yang Tinggi

Kendala yang kedua adalah bunga yang diberikan oleh lembaga gadai sangat tinggi. Biasanya lembaga gadai mobil ini memberikan bunga yang rendah. Namun sebagian lembaga gadai memberlakukan bunga yang tinggi pada mobil bekas. Hal ini dikarenakan karena uang pinjaman yang diberikan dengan menggadaikan mobil bekas sangat kecil. Selain itu, waktu pinjamnya pun juga cukup lama. Untuk itu, disarankan untuk mencari lembaga gadai yang sekiranya memberikan bunga yang rendah pada mobil bekas.

3. Kesamaan Data

Kendala berikutnya adalah kesamaan data pada BPKB dan fisik kendaraan. Banyak dari lembaga gadai yang menolak untuk menerima gadai mobil dengan data yang tidak sesuai. Kesamaan data biasanya dilakukan pengecekan secara intensif dan detail. Mulai dari nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, dan lain-lain. Selain itu, kesamaan data juga bisa dicek ketika melakukan pengajuan gadai. Misalnya ketika mengajukan gadai, data di BPKB tidak sama dengan data di KTP. Maka dari itu, Anda harus melakukan balik nama. Walaupun biaya balik nama ini bisa dibilang mahal, namun hal ini sangat penting. Agar pengajuan gadai Anda bisa diterima oleh pihak lembaga gadai.

4. Kelengkapan Dokumen

Syarat dari melakukan gadai mobil adalah kelengkapan dokumen dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Karena dengan lengkapnya dokumen dan persyaratan, maka mobil yang Anda gadaikan bisa terjamin bukan mobil curian dan dianggap sah. Selain lengkap, keaslian dokumen juga penting. Sebaiknya sebelum melakukan gadai, periksa terlebih dahulu kelengkapan dokumen. Baik itu BPKB maupun dokumen yang lain. Selain itu, Anda juga harus memenuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh lembaga gadai. Karena pihak lembaga gadai akan menolak pengajuan Anda apabila belum melengkapi dokumen dan beberapa persyaratan yang sudah ditentukan.

5. Beberapa Lembaga Gadai Belum Tentu Menerima

Kendala yang terakhir adalah lembaga gadai tersebut belum tentu mau menerima pengajuan gadai. Hal ini selain disebabkan oleh beberapa kendala di atas, juga disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah merek mobil kendaraan. Karena merek kendaraan berpengaruh pada nilai jual mobil. Biasanya, mobil produk Jepang akan diprioritaskan. Karena banyaknya pengguna mobil buatan Jepang ini di Indonesia. Disarankan untuk mencari lembaga gadai yang bisa menerima pengajuan gadai sesuai yang Anda inginkan.