28 May 2018 00:00

Inilah 6 Keuntungan Yang Didapat Ketika Melakukan Pembiayaan Dana Jangka Pendek

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1805/180528/Pembiayaan Dana Jangka Pendek Ini 6 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan.jpg

Pembiayaan Dana Jangka Pendek merupakan pendanaan yang wajib dibayar atau dilunasi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Tentu hal ini bertujuan untuk memenuhi kegiatan operasional rutin dalam sebuah usaha terutama perusahaan. Biasanya sebuah perusahaan menggunakan sumber dana pendek untuk modal kerja karena memang waktunya yang relatif singkat. Pembiayaan jangka pendek ini memiliki manfaat untuk mencapai sebuah keseimbangan antara laba dan risiko yang memberi kontribusi nilai positif terhadap perusahaan. Dengan menggunakan pembiayaan jangka pendek ini akan lebih meminimalisir risiko tidak dapat membayar pada saat jatuh teempo. Hal ini dikarenakan pembiayaan ini sifatnya lebih ringan dan tidak memberatkan. Berikut beberapa keuntungan ketika melakukan Pembiayaan Dana Jangka Pendek, antara lain :

1. Memiliki Tingkat Bunga Yang Lebih Rendah Daripada Pembiayaan Jangka Panjang

Ketika sebuah pembiayaan jangka pendek digunakan untuk sebuah pembiayaan kebutuhan musiman perusahaan. Tentu perusahaan bisa mendapatkan dana tersebut kembali setelah waktu musiman berakhir. Pembiayaan dengan jangka pendek memiliki periode yang lebih sedikit dari pada pembiayaan jangka panjang, hal ini akan menjadikan semakin rendahnya suku bunga. Secara jumlah pembiayaan jangka pendek ini lebih sedikit dan tidak terlalu besar serta tidak akan membebani Anda.  Semakin rendah suku bunga tentu akan mempermudah Anda dalam melakukan sebuah usaha tanpa mengusik keuangan yang ada.

2. Penyelesaian Dana Dengan Jangka Pendek Hanya Menggunakan Harta Lancar

 

Biasanya ketika menyelesaikan sebuah pembiayaan dengan jangka pendek ini, Anda hanya memerlukan sebuah harta lancar seperti kas yang masuk setiap harinya. Hal ini tentu akan meringankan bagi Anda dan tidak menjadikan kekhawatiran karena pembiayaan akan tetap dapat dilunasi. Apalagi dengan biaya yang relatif kecil tanpa sadari pembiayaan jangka pendek tidak akan terasa. Ditambah lagi ketika menggunakan harta lancar ini, berarti Anda tidak mengusik keberadaan aset yang ada hanya untuk menutup sebuah pembiayaan jangka pendek. Tentu hal tersebut akan semakin menjadikan aktiva Anda aman.

3. Penggunaan Dana Lebih Fleksibel

Karena dana ini lebih digunakan untuk kebutuhan operasional, tentunya akan lebih fleksibel dan dapat digunakan kapan saja ketika membutuhkannya. Apalagi sebuah usaha akan lebih sering dalam penggunaan dana yang satu ini. Tentu proses antara menggunakan dan mengembalikan dana akan lebih mudah. Ketika digunakan sebagai operasional, itu berarti pemulihan pengembalian pembiayaan akan lebih cepat.

4. Pembiayaan Dana Jangka Pendek Sudah Pasti Dan Mutlak

Biaya yang masuk kedalam jangka pendek ini memiliki sifat pasti dan dapat dianggarkan. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena dapat melihat bagaimana arus kas Anda secara lebih real dan efisien. Walaupun dana ini termasuk sering, namun besarnya pengeluaran pembiayaan jangka pendek ini memiliki nilai yang lebih kecil.

5. Tidak Khawatir Ketika Akan Melakukan Pembayaran

Ketika melakukan pembiayaan Dana dengan Jangka Pendek ini, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pembayarannya. Dengan waktu yang relatif singkat, Anda akan dengan mudah memperkirakan seberapa besar untuk melunasi pembiayaan tersebut. Tentu tanpa harus menggaggu kestabilan keuangan yang sedang berjalan.

6. Biaya Lebih Murah

pada umumnya ketika menggunakan pembiayaan jangka pendek ini lebih menekankan kepada pengelola aktiva lancar. Sehingga akan mudah diprediksi dan lebih mudah dalam penggunaan dananya.  Biaya yang dikeluarkan ketika untuk jangka pendek ini pun lebih murah.

Pembiayaan jangka pendek ini dijadikan banyaknya perusahaan dalam memaksimalkan kondisi keuangan. Hal ini dikarenakan sumber dana yang tersedia lebih banyak namun biaya yang mengiringi lebih rendah. Sumber pembiayaan jangka pendek ini diperoleh tanpa menjaminkan aktiva sebagai agunan.