04 June 2018 00:00

Inilah Prospek Gadai Mobil Pick Up Dibanding Jenis Mobil Lainnya

DISITU

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Dibanding alat transportasi lainnya, mobil pick up merupakan jenis mobil yang paling menguntungkan untuk mobilitas. Kemampuannya membawa berton-ton barang serta ukurannya yang kecil membuat pick up cocok digunakan untuk memindah barang. Tidak terlalu banyak, memang. Tapi tentu sangat cocok bagi Anda yang misalnya sedang ingin berpindah rumah. Karena fungsinya yang lebih kepada pengangkut non-manusia, maka penggunaan pick up pun tidak seintens mobil pribadi. Jika Anda ingin gadai mobil pick up, hal ini mungkin akan berpengaruh. Berikut ini kami jelaskan kelebihan dan kelemahan gadai sebuah mobil pick up.

Kelebihan Gadai Mobil Pick Up Dibanding Mobil Lain

Pick up adalah mobil fungsional. Penggunaannya tergantung siapa yang membutuhkan. Jika untuk penggunaan keluarga, mungkin pick up tidak jadi preferensi. Tapi untuk aktivitas bisnis, pick up tentu sangat dibutuhkan. Dalam gadai, kelebihan mobil pick up dibanding mobil lainnya adalah sebagai berikut :

1. Nilai Harga Mobil Pick Up Tinggi

Karena fungsinya, harga mobil pick up di pasar memiliki harga sepadan dengan mobil pribadi. Terutama di negara industri seperti Indonesia, keberadaan mobil pick up sangat krusial untuk bisnis. Sehingga persaingan pasar mobil pick up akan terus kompetitif. Tingginya permintaan mobil pick up akan membuat nilai gadai yang akan Anda dapat juga tinggi.

2. Variansi Harga Tidak Jauh Beda

 Biasanya, mobil pribadi memiliki level-level harga yang sangat variatif. Banyaknya tipe mobil membuat harga-harga yang ditentukan juga berbeda. Lain halnya dengan mobil pick up. Produsen mobil pick up di Indonesia tidak banyak melakukan diferensiasi. Mereka lebih menekankan pada aspek desain dan fungsional. Sehingga harga jualnya tidak jauh beda. Kenapa ini membantu dalam proses gadai? Dengan tidak adanya terlalu banyak perbedaan, Anda bisa memprediksi dengan pasti berapa harga gadai mobil pick up Anda.

3. Spesifikasi Detail Fisik Tidak Terlalu Dipertimbangkan

Dalam gadai mobil pribadi, banyak sekali aspek yang dipertimbangkan pegadaian sebelum menerima. Mulai dari desain, fitur, hingga kapasitas. Akhirnya, hal ini akan berdampak pada tidak stabilnya harga di pasar. Karena tipe mobil yang diminati pasar akan mudah berganti sesuai inovasi. Lain halnya dengan mobil pick up. Spesifikasi syarat hanya meliputi kapasitas dan (mungkin) desain. Sehingga harganya lebih stabil.

4. Kemungkinan “Gadai-Guna”

Ini mungkin bisa Anda jajal untuk meningkatkan nilai jaminan. Saat menggadaikan, Anda tawarkan pada mitra gadai untuk juga memanfaatkan pick up Anda. Ini mungkin riskan. Bisa saja di tengah proses gadai, mobil pick up Anda mengalami depresiasi. Tapi jika mitra gadai Anda orang dekat yang dapat dipercaya, maka “gadai-guna” layak dicoba. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa meminta pengurangan bunga/pelunasan sebagai ganti rugi, kan? 

Kelemahan Gadai Mobil Pick Up

Sementara itu, mobil pick up juga memiliki beberapa kelemahan, yakni antara lain :

  • Penentuan Harga Tergantung Area Gadai. Tadi sudah dijelaskan bahwa mobil pick up paling dibutuhkan di daerah industri. Namun tentu tidak semua daerah di Indonesia seperti itu. Ini mengakibatkan permintaan pick up di setiap daerah bisa berbeda-beda. Sehingga harga yang ditawarkan juga tentu berbeda

  • Pengenaan Pajak Berbeda. Perhitungan pengenaan pajak mobil bisnis jelas berbeda dengan mobil pribadi. Ini mungkin akan jadi pertimbangan mitra gadai untuk menentukan besar pinjaman yang diberikan. Jika pajak yang dikenakan pada penggunaan mobil pick up Anda lebih tinggi, maka mungkin saja ini akan ditimpakan pada Anda. Misalnya dengan menurunkan tingkat pinjaman untuk gadai

  • Mengurangi Kapasitas Bisnis. Sebelum memutuskan gadai sebuah mobil pick up, tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah Anda tidak akan membutuhkannya? Dibanding mobil pribadi, kapasitas mobil pick up untuk menjalankan bisnis jelas berbeda levelnya. Pastikan gadai yang Anda lakukan tidak mengurangi kapasitas Anda dalam berbisnis

cari-kredit-DISITU-pilihanmu