avatardisplay_general
DISITU
17 Aug 2018

Jadwal dan Harga Tiket Commuter Line dan Transjakarta

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Jadwal dan Harga Tiket Commuter Line dan Transjakarta.jpg

Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia tentu tidak luput dari jumlah penduduk yang terus berkembang. Kepadatan penduduk diikuti dengan jumlah kendaraan pribadi yang terus bertambah ini menjadi faktor utama penyebab kemacetan yang tidak berujung di ibukota.

Dalam upaya mengurangi kemacetan yang terjadi di hampir setiap sudut jalan, Pemerintah Provinsi Jakarta terus melakukan pembenahan transportasi umum. Penyediaan transportasi umum ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan transportasi pribadi dalam usaha mengurangi kemacetan.

Sekarang ini, transportasi umum paling diminati oleh masyarakat di Jakarta adalah Commuter Line dan Transjakarta. Tercatat ada jutaan orang yang menggunakan dua moda transportasi ini setiap harinya.

Untuk menikmati layanan transportasi ini, penumpang disarankan untuk membeli dan membayar tiket perjalanan menggunakan kartu pembayaran non-tunai, seperti BCA Flazz, BNI Tapcash, Mandiri E-money, BRI Brizzi, Jackcard (Bank DKI) ataupun Megacash dari bank Mega.

Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan kedua jenis transportasi ini dapat mencari tahu mengenai jadwal dan harga tiket dibawah ini.

Jadwal dan Harga Commuter Line

Jika Anda tidak memiliki kartu perjalanan, tiket perjalanan tunggal dapat dibeli di setiap stasiun kereta. Anda akan memerlukan uang jaminan sebesar Rp10.000 dan hanya dapat dikembalikan di hari yang sama. Anda juga dapat membeli Multi Trip Card seharga Rp50.000 dengan saldo kartu sebesar Rp30.000 dan tidak memiliki masa berlaku. Kartu ini nantinya dapat diisi ulang di stasiun kereta api atau toko-toko bertanda khusus.

Biaya perjalanan commuter line ini dimulai dari Rp3.000 untuk perjalanan 25 km pertama dan tambahan Rp1.000 setiap 10 km berikutnya. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 90 cm berhak bepergian secara GRATIS.

Layanan commuter line ini dimulai sejak pukul 4.00 pagi hingga pukul 11.45 malam, dengan layanan operasional 24 jam. Setiap tujuan dibagi menjadi beberapa jalur sesuai dengan letak lokasi tujuan tersebut.

Untuk mengetahui rute lengkap dan terbaru dari commuter line, penumpang dapat mengunduh aplikasi KRL Access. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk mengetahui jadwal dan rute bagi pengguna commuter line.

 

Jadwal dan Harga Transjakarta

Tiket bus transjakarta hanya dapat dibayar dengan kartu perjalanan dengan biaya sebesar Rp3.500 untuk satu kali perjalanan. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 90 cm berhak untuk bepergian secara GRATIS.

Transjakarta ini menyediakan layanan 24 jam, dengan 7 warna jalur yang berbeda. Transjakarta sendiri serta memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor.

Sejak diberlakukan penghapusan jalur “three in one” dibeberapa titik jalan di Jakarta, salah satunya di Jalan Sudirman, Pemprov DKI dan TransJakarta menyediakan 10 buah unit bus Transjakarta untuk mengangkut penumpang dari Bundaran Senayan menuju Halte Harmoni. Bus-bus ini beroperasi mulai dari Pkl. 05.00 – Pkl. 20.00 dan tidak dipungut biaya atau gratis.

Selain itu, Transjakarta juga meluncurkan 2 bus dengan desain yang khusus diperuntukkan bagi pelanggan wanita. Bus ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan wanita Transjakarta.

Rute lengkap dan terbaru dari transjakarta dapat diakses melalui http://transjakarta.co.id/peta-rute/ atau melalui aplikasi smartphone seperti BuSpot TransJakarta, ITS Jakarta, Komutta, dan ERS Busway.

Dalam rangka mendukung Asian Games, Tansjakarta juga memberikan fasilitas perjalanan gratis selama Asian Games 2018 berlangsung. Kebijakan ini berlaku setiap hari Sabtu dan Minggu,  tepatnya dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.