avatardisplay_general
DISITU
13 Jan 2019

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190113/Banner/jarang diketahui ini manfaat kunyit bagi kesehatan.jpg

Salah satu bumbu dapur khas Indonesia yang sangat populer adalah kunyit. Kunyit memang dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang memiliki cita rasa dan warna khas. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat kesehatan kunyit selain dijadikan sebagai bumbu dapur atau bahan pelezat makanan.

Khasiat kunyit ternyata sering kali digunakan untuk kecantikan. Mulai dari menyembuhkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, menghentikan pigmentasi, sampai menunda penuaan dini. Hal ini dimungkinkan karena kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning ini diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Kunyit juga cukup tinggi kandungan vitamin C, memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi juga loh. Berikut beberapa manfaat kunyit yang bisa kamu coba:

  1. Ruam dan Gatal pada Kulit

Kesehatan

Penelitian mengungkapkan bahwa pada beberapa kondisi kulit gatal, seperti gatal yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis bisa diatasi dengan mengonsumsi kombinasi produk yang mengandung kandungan pada kunyit dan ekstrak lada hitam. Kunyit juga diketahui dapat menyembuhkan ruam atau iritasi pada kulit yang diakibatkan oleh liken planus, yang bisa diatasi dengan mengonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimiawi kunyit.

  1. Pewarna Rambut

Kesehatan

Beberapa orang telah mencoba untuk memanfaatkan kunyit dalam mewarnai rambut untuk mendapatkan warna pirang gelap. Warna kuning yang tajam pada kunyit akan melapisi rambut dan menghasilkan warna terang alami pada rambut kamu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan seperempat cangkir parutan kunyit, air hangat hingga terbentuk secangkir larutan kunyit pekat. Setelah itu masukkan larutan kunyit ke dalam botol spray, kemudian semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas-remas perlahan dan diamkan hingga rambut mengering. Jika rambut sudah kering, bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap dua hari sekali.

 

Baca juga: Nikmati Penawaran Kredit Tanpa Agunan BRI

 

  1. Masker Wajah

Kesehatan

Manfaat kunyit yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui dan dipraktikkan oleh sebagain orang. Kamu bisa mencoba untuk memanfaat masker kunyit untuk menikmati khasiat kulit yang baik untuk kulit wajah ini. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan juga cukup mudah, cara pemakaian masker ini adalah dengan mengusapkan 4 sendok teh kunyit bubuk, 4 sendok teh madu organic, dan 2 sendok teh sus cair pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Membuang Sel Kulit Mati

Kesehatan

Selain manfaatnya yang cukup baik untuk kulit wajah, kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi karena adanya kandungan dan tekstur kunyit yang dapat mengelupaskan sel kulit mati secara lembut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan tepung beras halus dengan air perasan kulit. Usapkan lulur pada seluruh bagian tubuh, kemudian gosok dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Diamkan selama 5 menit, dan bilaslah dengan bersih.