02 March 2018 00:00

Kabar Terbaru Mengenai Pengesahan STNK,Cara Mudah Buat BBM

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/431 Kabar Terbaru Mengenai Pengesahan STNK dan Gini Cara Mudah Buat BBM mu.jpg

Kabar Mengenai Pengesahan Biaya STNK dan cara Menghemat BBM ada beberapa biaya yang telah dipertimbangkan kembali oleh  Mahkamah Agung agar tidak seharusnya ada dalam pengurusan STNK.Keputusan menghilangkan yang diambil Mahkamah Agung ini sudah ada hanya tinggal diterapkan saja. Kabar yang menggembirakan ini telah menjadi populer. Berikut ulasannya:

  1. Kabar yang sangat menggembirakan untuk kita semua, biaya untuk pengesahan STNK kendaraan telah resmi dihapus

STNK-Motor

Sumber Gambar: (Oomph)

Untuk setiap tahunnya, para pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat harus diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya untuk mengurus surat kendaraan. Salah satunya biaya yang dibebankan kepada masyarakat, adalah biaya pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).Namun, dalam waktu kedepan, biaya tersebut akan dihapus. Pasalnya, Mahkamah Agung (MA) telah mengabulkan sebagian gugatan terkait peraturan tersebut, yang telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016.Berdasarkan keputusan dari MA, Keputusan tersebut tertuang dalam Putusan MA Nomor 12 P/HUM/2017, yang mengatur lampiran Nomor E angka 1 dan 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2006 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu, berdasarkan dari keputusan tersebut MA juga meminta Presiden Republik Indonesia (RI) untuk mencabut biaya Pengesahan STNK tersebut, yang telah tertuang dalam dalam Peraturan Pemerintah yang telah disebutkan sebelumnya. Selain dari pada itu, telah dijelaskan juga oleh Kompol Bayu Pratama Gubunagi, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, meskipun telah dikabulkan MA, tidak serta merta Peraturan biaya pengesahan STNK ini langsung diterapkan.“Belum langsung diterapkan, Karena kita harus menunggu Pencabutan atau revisi dari pemerintah terlebih dahulu” jelas Kompol Bayu.Lanjut Kompol Bayu juga menyampaikan, biasanya dari keputusan MA hingga peraturan dicabut atau dilaksanakan, membutuhkan waktu lebih dari 90 hari. Pasalnya, saat ini pihak kepolisian tengah Berkoordinasi dengan kementrian keuangan, karena berhubungan dengan pendapatan Negara. Makanya pembebasan biaya pengesahan STNK tidak dapat langsung dilakukan.  

  1. Jangan Sepelekan Filter Udara Bila Anda Tidak Mau Boros BBM

STNK-Motor

Sumber Gambar: (Kompas International)

Baik mobil maupun sepeda motor pasti telah dilengkapi dengan filter udara. Bagian ini sangat penting lantaran berfungsi untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar sehingga tidak masuk kedalam ruang pembakaran. Namun tahukah Anda bahwa filter udara yang jarang atau tak pernah diganti maka akan menyebabkan bahan bakar boros

Menurut Assistant Section Manager dari PT. Denso Sales Indonesia, Yusup Budi Setio menjelaskan bahwa filter udara yang jarang atau tidak diganti sama sekali dabat menyebabkan menumpuknya kotoran pada filter tersebut. Sehingga menyebabkan, udara yang akan masuk menjadi tersumbat. Sehingga menyebabkan daya hisap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal. Karena hal ini, maka beban tenaga diruang bakar jadi terhambat. Sehingga harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar dan bahan bakar akan menjadi lebih boros apabila dibanding dengan yang normal.Selain itu, Yusup juga menyarankan agar merawat filter udara Kendaraan Anda agar dapat menghasilkan performa yang lebih baik dan tidak menyebabkan ruang bakar dan mesin menjadi bermasalah.  

cari-kredit-DISITU-pilihanmu