avatardisplay_general
DISITU
18 Aug 2018

Kartu dan Aplikasi Transportasi Dapat Digunakan di Jakarta

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Kartu dan Aplikasi Transportasi.jpg

Kemacetan yang disebabkan oleh jumlah kendaraan yang tinggi selalu saja mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Kemacetan yang terjadi di Jakarta ini mendorong pemerintah untuk terus menyediakan dan mengembangkan transportasi umum bagi masyarakat.

Alat transportasi umum yang telah disediakan di Jakarta diantaranya adalah Angkutan Kota (Angkot), Ojek, Kopaja, Bajaj, Kereta Rel Listrik (KRL) atau disebut juga Commuter Line, dan juga Bus Transjakarta. Untuk dapat menikmati fasilitas KRL dan Transjakarta kita perlu menggunakan kartu elektronik yang terhubung langsung dengan sistem di gate saat menempelkan kartu.

Terdapat dua jenis kartu yang dapat diterima oleh sistem gate KRL, yaitu Tiket Harian Berjamin (TBH) dan Kartu Multi Trip (KMT). Sistem penggunaan kartu ini dibuat untuk mempermudah transaksi pembayaran tiket KRL untuk masyarakat Jakarta. Kartu Tiket Harian Berjamin ini biasanya digunakan oleh penumpang yang melakukan satu kali perjalanan, sementara Kartu Multi Trip dapat isi ulang saldo dan bisa digunakan berkali-kali.

Tiket Harian Berjamin (TBH)

Kartu TBH dapat dibeli melalui loket – loket yang ada di stasiun-stasiun KRL di area Jabodetabek. Untuk pertama kali menggunakan kartu TBH dengan tujuan berjaran kurang dari 25Km, Anda akan dikenakan tarif Rp 13.000 dengan tambahan Rp 1000 untuk setiap 10 Km berikutnya. Jadi, 10.000 adalah biaya jaminan kartu dan 3.000 adalah ongkos tiket.

Setelah sampai di stasiun tujuan dengan menggunakan TBH maka Anda mempunyai 2 pilihan yang bisa dilakukan. Opsi pertama adalah melakukan refund dengan mengembalikan kartu TBH ke pihak penjaga loket ataupun melalui vending machine untuk mendapatkan kembali uang jaminan yang bernilai Rp 10.000. Opsi kedua adalah menunda refund, dimana uang jaminan Anda akan tetap berada did alam kartu, dan Anda dapat menukar kartu tersebut dengan membayar uang tarif tanpa membayar uang jaminan Rp 10.000 lagi. Opsi kedua ini memiliki jangka waktu penukaran kartu selama satu minggu.

Kartu Multi Trip (KMT)

Kartu Multi Trip (KMT) dapat dimiliki dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan memohon kartu di kantor Bank terkait yang mengeluarkan Kartu Multi Trip, membeli kartu KMT di loket stasiun yang dilalui jalur KRL, membeli kartu KMT di toko-toko tertentu seperti Indomart dan Alfamart, bahkan aplikasi online seperti tokopedia.

Setiap bank menyediakan Kartu Multi Trip (KMT) yang berbeda bagi nasabahnya. Terdapat kartu Flazz BCA, Brizzi BRI, Mandiri E-money, Tapcash BNI, dan juga Megacash yang dikeluarkan oleh bank Mega bagi nasabahnya. Isi ulang KMT ini dapat dilakukan di ATM dan kantor Bank terkait, loker stasiun KRL maupun halte TransJakarta, hingga supermarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Aplikasi Transportasi

Selain kartu transportasi yang harus disiapkan, penumpang juga disarankan untuk memiliki beberapa aplikasi yang diharapkan dapat membantu para penumpang dalam mendapatkan informasi rute perjalanan maupun transportasi online yang tersedia di Jakarta.

  1. KRL Access

KRL Access merupakan aplikasi yang dirilis oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bagi para pengguna KRL Commuter Line untuk mengetahui posisi terkini dari KRL yang akan melintas di stasiun. Aplikasi ini dapat diunduh oleh pengguna iOs dan Android.

  1. BuSpot TransJakarta

BuSpot merupakan aplikasi yang melibatkan kontribusi user untuk transportasi umum TransJakarta. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna transportasi umum TransJakarta untuk menemukan rute bus dan memberikan informasi mengenai estimasi waktu dan jarak yang harus ditempuh untuk mencapai suatu halte. Selain itu, BuSpot juga memberikan informasi mengenai fasilitas-fasilitas umum seperti ATM dan mini mart terdekat dengan halte.

  1. Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi karya anak bangsa Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Gojek menyediakan layanan booking transportasi baik motor maupun mobil secara online.  Tidak hanya itu, perusahaan Gojek terus berkembang dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada.

Saat ini, beberapa layanan telah ditambahkan kedalam aplikasi, seperti layanan transportasi barang (GO-SEND), layanan transportasi penumpang dengan sepeda motor (GO-RIDE), layanan pemesanan makanan (GO-FOOD), layanan berbelanja (GO-MART), layanan pengantaran barang berukuran besar (GO-BOX), layanan membersihkan rumah (GO-CLEAN), layanan kecantikan (GO-GLAM), layanan pemijatan (GO-MASSAGE), layanan pengantaran penumpang ke halte TransJakarta (GO-BUSWAY), layanan pemesanan tiket (GO-TIX), layanan transportasi dengan mobil (GO-CAR), layanan montir (GO-AUTO), layanan pembelian obat (GO-MED), layanan isi pulsa elektronik (GO-PULSA), layanan belanja barang (GO-SHOP), layanan transportasi dengan taksi regular Blue Bird (GO-BLUEBIRD).

  1. Grab

Tidak berbeda jauh dengan Gojek, aplikasi Grab merupakan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online. Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaksi), serta kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling sosial (GrabHitch Car). Baru-baru ini Grab meluncurkan layanan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.