avatardisplay_general
DISITU
26 Jun 2018

Kelebihan Dan Kelemahan Gadai BPKB Motor Pegadaian

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180626/Kelebihan Dan Kelemahan Gadai BPKB Motor Pegadaian Yuk Simak Ulasannya.jpg

Pegadaian adalah satu-satunya lembaga keuangan non bank yang bisa memberikan pinjaman dengan bentuk lain, yaitu berdasarkan hukum gadai. Jika Anda melakukan pinjaman di pegadaian, maka harus ada jaminan berupa benda bergerak yang bisa dijadikan jaminan. Gadai BPKB motor pegadaian adalah salah satu jenis pinjaman yang bisa dilakukan di pegadaian. Anda bisa menggunakan motor menjadi jaminan gadai, karena motor merupakan salah satu barang bergerak yang memenuhi syarat.

Jadi jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dana cepat Anda bisa pergi ke pegadaian, karena prosesnya sangat cepat. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih pegadaian untuk memenuhi kebutuhan dana cepat mereka. Masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki pegadaian, namun sebagai lembaga perkreditan milik pemerintah pegadaian juga memiliki kelemahan. Simak ulasannya di bawah ini terkait kelebihan dan kelemahan pegadaian konvensional.

5 Kelebihan Gadai BPKB Motor Di Pegadaian

Pegadaian memang sudah menjadi penyedia pinjaman andalan masyarakat yang membutuhkan pinjaman cepat dengan prosedur mudah. Berikut adalah kelebihan yang bisa nada rasakan jika melakukan gadai BPKB motor pegadaian :

1. Persyaratan Mudah

Persyaratan yang diminta pegadaian memang terbilang cukup mudah, Anda cukup membawa tanda pengenal dan kopiannya. Untuk barang bergerak seperti mobil dan motor Anda perlu membawa surat kepemilikannya juga seperti BPKB dan STNK yang akan ditahan di pegadaian.

2. Pencairan Dana Cepat

Pencairan dana pinjaman di pegadaian memang sangat cepat, saat Anda datang membawa jaminan dan data diri akan diterima oleh petugas penaksir. Selanjutnya pinjaman bisa dicairkan berupa uang cash yang akan langsung diberikan kepada Anda.

3. Tidak Perlu Membuka Rekening Tabungan Untuk Pencairan Pinjaman

Meminjam uang dipegadaian memang tidak perlu membuka rekening tabungan, karena pegadaian adalah lembaga non-bank. Selain itu pencairannya akan diberikan dalam bentuk uang cash yang langsung diterimakan kepada Anda.

4. Banyak Jenis Barang Yang Bisa Dijadikan Jaminan

Banyak sekali jenis benda bergerak yang bisa dijaminkan seperti, motor, mobil, perhiasan emas, logam mulia, handphone dan lainnya.

5. Ada Masa Tenggang Pelunasan Tanpa Bunga

Anda akan diberi masa tenggang selama 2 minggu setelah jatuh tempo pelunasan dan tidak dibebani bunga. Jika sampai masa tenggang habis namun belum bisa melunasi Anda bisa memperpanjang dengan membayar sewa bunganya saja.

Selain kelebihan pegadaian konvensional juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin melakukan gadai. Kelemahan pegadaian konvensional akan diulas di bawah ini.

Kelemahan Gadai BPKB Motor Di Pegadaian

Selain banyak kelebihan yang dimiliki pegadaian seperti ulasan di atas, ternyata pegadaian juga memiliki beberapa kelemahan yang cukup memberatkan nasabah. Adapun kelemahan pegadaian antara lain adalah:

  • Sewa modal relatif tinggi: Sewa modal yang digunakan berdasarkan hukum gadai, berbeda dengan suku bunga perbankan. Dan sewa modal yang dibebankan relatif lebih tinggi dari suku bunga perbankan.

  • Harus ada jaminan bergerak yang memiliki nilai: Pegadaian selalu meminta jaminan berupa benda bergerak yang bernilai, seperti motor, mobil, handphone, logam mulai, perhiasan dan lainnya.

  • Barang yang digadaikan harus diserahkan: Pegadaian konvensional akan menahan barang yang Anda jaminkan selama pinjaman belum dilunasi.

  • Nominal jumlah kredit masih terbatas: Jumlah kredit yang bisa diberikan kepada Anda masing terbatas, tidak bisa sebesar di bank atau pegadaian online.

Alternatif Gadai BPKB Motor Yang Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Selain di Pegadaian ada alternatif yang bisa diambil seperti mengajukan kredit multiguna dengan jaminan BPKB secara online. Anda bisa mengajukan di DISITU.COM dan mendapatkan nilai lebih yang tidak bisa didapatkan di Pegadaian. Bunga yang diberikan pada pegadaian online langsung dari instansi keuangan yang relatif lebih rendah dibanding Pegadaian. Jaminan berupa benda bergerak motor atau mobil tidak perlu diserahkan, Anda hanya perlu menyerahkan BPKBnya saja. Motor yang Anda jaminkan tetap bisa Anda gunakan untuk mobilitas.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu