avatardisplay_general
DISITU
18 Sep 2018

Kenali Ragam Kopi Nusantara Dari Sabang sampai Merauke

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180918/Mengenal Ragam Kopi Nusantara, Dari Sabang sampai Merauke.jpg

Bagi sebagian orang memulai aktivitas belum lengkap rasanya tanpa secangkir kopi panas di pagi hari. Aromanya yang begitu khas dianggap mampu membangkitkan semangat untuk memulai beragam kegiatan sehari penuh. Tidak mengherankan, karena hal itulah kopi menjadi barang yang tidak dapat lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Begitu populernya sampai akhirnya banyak sekali berdiri kedai kopi tradisional dan modern yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi setiap harinya.

Mengenal Ragam Kopi Nusantara, Dari Sabang sampai Merauke

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikenal memiliki banyak kekayaan alam dan hasil bumi salah satunya kopi. Tanaman satu ini memang memiliki banyak penggemar karena mampu menghasilkan minuman yang begitu berkhasiat. Beruntung, Indonesia memiliki iklim dan kondisi tanah yang sangat baik sebagai tempat tanaman kopi tumbuh. Tidak hanya satu jenis, terdapat beberapa jenis kopi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Apa saja jenis-jenis kopi yang dapat dijumpai di Indonesia? Berikut daftarnya:

  1. Kopi Gayo

Kopi

Jenis kopi di Indonesia yang pertama datang dari Serambi Mekah, Aceh. Tepatnya di Gayo, Aceh Tengah, daerah ini sangat terkenal akan kopi gayonya. Kopi yang masuk dalam jenis arabika ini memiliki ciri khas rasa yang kuat dan tingkat keasaman rendah. Meskipun rasanya memang lebih pahit ketimbang jenis kopi lain, namun kopi gayo justru menjadi favorit banyak orang. Terbukti pada semester pertama tahun 2018, jumlah ekspor kopi gayo telah meningkat 85,7 persen dibanding tahun sebelumnya.

  1. Kopi Sumatera

Kopi

Tanah Sumatera juga menyimpan kopi yang masuk dalam jenis-jenis kopi favorit di dunia. Beberapa jenis kopi yang terkenal antara lain sidikalang, mandailing, dan lintong. Cita rasanya yang lebih pekat dan berat menjadikan kopi sumatera digemari banyak orang. Beberapa berpendapat bahwa kopi sumatera memiliki sentuhan aroma rempah yang menambah nikmat kopi ini.

  1. Kopi Jawa

Kopi

Hampir sama dengan kopi sumatera, kopi jawa juga memiliki ciri khas aroma rempah. Namun rasa dari kopi jawa tidak sekuat kopi gayo atau sumatera sehingga menjadikan jenis kopi yang satu ini favorit untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Kopi Lanang

Kopi

Jenis kopi yang satu ini mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun kopi lanang menjadi salah satu jenis kopi nusantara yang wajib dicoba. Didapatkan dari biji kopi tunggal menjadikan rasa kopi lanang cenderung lebih pekat dan kuat. Sementara itu sesuai namanya “lanang” yang berarti laki-laki, kopi jenis ini dipercaya memiliki khasiat mampu meningkatkan vitalitas para pria. Namun untuk menikmati jenis kopi ini tidaklah murah, karena rasa dan manfaatnya kopi lanang dijual lebih mahal di pasaran.

  1. Kopi Kintamani

Kopi

Kopi biasanya memiliki cita rasa khas yang kuat dan pahit. Namun bagaimana jadinya jika kopi yang Anda minum justru memiliki cita rasa buah? Kopi kintamani asal Bali buktinya. Berbeda dari jenis-jenis kopi lainnya, kopi kintamani justru memiliki sentuhan cita rasa buah yang segar dalam setiap teguknya. Rasa unik tersebut didapatkan karena pohon kopi ditanam dengan cara tumpang tindih bersamaan dengan buah lainnya sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa unik.

  1. Kopi Toraja

Kopi

Jenis kopi toraja memang sering disebut mirip dengan kopi sumatera. Namun kopi toraja memiliki cita rasa yang sedikit lebih asam. Selain itu biji kopi toraja pun berbentuk lebih kecil dan mengkilap pada bagian permukaan kulitnya.

  1. Kopi Flores

Kopi

Selain memiliki keindahan alam yang memanjakan mata, flores juga menghasilkan jenis kopi yang banyak disukai. Kopi flores memiliki ciri khas sedikit beraroma buah dan memiliki sensasi rasa tembakau sesaat setelah Anda meminumnya. Rasa yang unik tersebut diklaim akibat kondisi tanah flores yang banyak mengandung abu vulkanik sehingga mampu menciptakan rasa kopi yang berbeda.

  1. Kopi Wamena

Kopi

Tanah Papua memang tanah yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan, termasuk kopi. Tumbuh di dataran yang cenderung tinggi membuat rasa kopi dari wamena cenderung lembut namun tetap memiliki aroma yang kuat. Selain itu kopi wamena juga rendah asam dan memiliki ampas lebih sedikit.

  1. Kopi Luwak

Kopi

Kopi Luwak menjadi satu dari jenis-jenis kopi di Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan. Kopi unik satu ini memang dikenal memiliki citarasa asam karena berasal dari hasil fermentasi biji kopi di dalam perut luwak. Meskipun begitu, kopi ini menjadi barang mahal yang satu cangkirnya bisa mencapai 150 rupiah.