avatardisplay_general
DISITU
23 Sep 2018

Kerja Sambil Berbisnis? Bisa! Ini 3 Caranya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180923/Kerja Sambil Berbisnis  Bisa! Ini 5 Caranya.jpg

Penghasilan bekerja full time atau tetap selama delapan sampai sembilan jam per hari seringkali masih dirasa kurang menguntungkan bagi sebagian orang. Nilai upah minimum yang tidak berbanding lurus dengan biaya hidup membuat orang harus putar otak guna mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan berbisnis sendiri.

Namun yang menjadi masalah adalah apakah mungkin menjalankan usaha dengan waktu yang terbatas? Seringkali orang jadi takut memutuskan bekerja atau berbisnis karena khawatir mengganggu pekerjaan utama atau khawatir bisnis tidak berjalan dengan baik. Padahal bekerja sambil berbisnis bukanlah hal yang mustahil saat ini. Dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada serta kemudahan dalam berbagai akses, berbisnis sambil bekerja seharusnya bisa dilakukan.

Lalu bagaimana caranya memulai bisnis sembari berkerja full time? Simak triknya berikut ini:

  1. Identifikasi Waktu Luang

Kerja

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memutuskan berbisnis sambil bekerja adalah melihat berapa banyak waktu luang yang dimiliki dalam satu minggu. Jika Senin sampai Jumat sudah digunakan untuk bekerja, maka waktu di akhir pekan bisa dikategorikan sebagai waktu luang. Ketimbang menghabiskan waktu menonton serial televisi berjam-jam atau membuang waktu bermain ponsel seharian, cobalah manfaatkan waktu tersebut untuk memulai bisnis.

Anda tidak perlu memakai seluruh waktu di akhir pekan untuk berbisnis. Cukup luangkan dua sampai empat jam maksimal untuk mengurus bisnis baru Anda. Sementara di hari biasa Anda bisa meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk memikirkan bisnis. Dengan mengetahui waktu luang yang dimiliki, Anda bisa belajar mengatur waktu dengan baik dan membuat rancangan untuk memaksimalkan usaha.

  1. Identifikasi Peluang Usaha yang Memungkinkan

Kerja

Setelah mengetahui berapa waktu yang luang yang dimiliki, Anda bisa menentukan jenis usaha apa yang kira-kira cocok untuk dilakukan. Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu luang, usaha yang banyak mengandalkan ponsel seperti reseller online shop menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa dipantau lewat ponsel, menjadi reseller juga minim risiko dan lebih fleksibel.

  1. Buat Tujuan yang Spesifik

Kerja

Memulai usaha tentu Anda berharap akan mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Namun bagaimana caranya dan apa standar keuntungan tersebut? Untuk itulah dalam mulai berbisnis Anda perlu membuat rancangan yang spesifik dengan sistem SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely).

Maksudnya adalah dalam membuat rancangan bisnis dan menjalankannya, sebaiknya Anda memulai dari sesuatu yang realitis, menetapkan standar serta batasan dalam pelaksanaannya. Hal ini penting agar Anda lebih fokus lagi dalam menjalankan bisnis dan mencegah konsentrasi pecah akibat tidak ada rancangan sebelumnya.

Itu dia 3 trik yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis sambil bekerja. Dengan niat yang baik dibarengi usaha maksimal kini Anda tidak perlu ragu lagi memilih antara bekerja atau berbisnis bukan? Selamat mencoba.